Sponsors Link

Mengenal Dapur Modular pada Rumah Tinggal

dapur modularSalah satu ruangan pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal yang tidak kalah pentingnya adalah dapur. Mengapa demikian? Dapur merupakan tempat yang menjadi sarana untuk menampung aktivitas memasak dan sebagainya. Dapur terdiri dari dapur bersih dan juga dapur kotor, meskipun kedua jenis dapur ini kerap kali digabungkan menjadi satu. Terdapat berbagai macam jenis perabot dapur dan alat kebersihan rumah. Karena banyaknya jumlah perabot yang ada, maka Anda akan membutuhkan cara menata peralatan dapur yang baik dan benar.

ads

Seperti halnya terdapat macam-macam konsep bangunan seperti desain rumah minimalis, dapur juga memiliki beberapa jenis. Salah satu jenis dapur yang perlu Anda ketahui adalah dapur modular. Pernah mengenal istilah dapur modular sebelumnya? Dapur modular merupakan istilah yang digunakan pada tata letak furniture dapur modern yang terdiri dari modul lemari berbagan dasar yang telah terverifikasi serta menahan aksesoris di dalamnya. Dapur modular dapat memudahkan penggunaan ruang menjadi lebih efektif. Pada dapur modular, biasanya unit atau set kabinet dibuat secara terpisah antara bagian atas dengan bagian yang bawah. Hal ini ditujukan untuk menciptakan ruang baru untuk aktivitas baru di dalam dapur.

Furniture yang terdapat di dapur modular biasanya terdiri dari lemari kayu, penutup meja, aksesoris internal, gadget elektro eomestic berupa cerobong asap, kompor, oven built-in, westafel dan ada juga yang menambahkan kulkas beserta gadget lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dapur modular merupakan sebuah model dapur set terbaru yang merupakan bagian dari perkembangan desain serta model furniture masa kini. Sekilas dapur modular mungkin terkesan mirip dengan dapur pada umumnya. Namun yang membedakan dapur modular dengan dapur lainnya adalah komponen kabinet dapur yang terpisah-pisah, tidak seperti struktur kitchen set yang semuanya menyatu menjadi satu. Dapur modular juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, berikut ini adalah penjabarannya, simak!

  1. Desain sederhana serta mudah dipasang dan dipakai

Agar Anda dapat memiliki dapur modular, Anda tidak perlu repot-repot menggunakan jasa tukang hingga jasa professional sekalipun. Sebab komponen dapur modular bisa di dapatkan seluruhnya pada toko furniture. Pemasangan partisi-partisi dari kabinet dapur modular juga mudah untuk dilakukan sendiri. Sebab jenis dapur ini dapat dibeli per unit yang disesuaikan kembali dengan dimensi dapur rumah.

Dapur modular memiliki desain yang simple dan sederhana sehingga penempatannya fleksibel. Anda tidak perlu khawatir jika dapur Anda memiliki ukuran yang terbatas bahkan sempit. Dengan sifat komponennya yang mudah dipindahkan juga menjadi suatu keuntungan sendiri. Terlebih pada saat pindah rumah, proses pembongkaran menjadi lebih mudah.

  1. Dapat mengombinasikan berbagai warna kabinet

Karena dapur modular terdiri dari berbagai unit-unit kabinet, maka Anda dapat mengombinasikannya dengan berbagai macam kabinet dan desain yang berbeda. Tampilan dapur menjadi lebih menarik dan unik. Pilihan akan warna yang dapat digunakan pun juga tidak terbatas, sehingga Anda dapat mengombinasikannya dengan warna cat rumah yang indah dan sejuk. Bagaimana, mulai tertarik untuk menggunakan dapur modular?

Sponsors Link

  1. Cocok untuk berbagai bentuk dapur

Keuntungan lain dari pembuatan dapur berdasarkan unit-unit komponen adalah dapur modular dapat menyesuaikan dengan berbagai macam jenis bentukan dapur. Sebab bentuk dapur rumah terkadang tidak selalu persegi atau pun persegi panjang. Untuk itu, dapur modular dapat menjadi pilihan yang tepat untuk ruangan yang tidak begitu menguntukan.

Anda dapat membentuknya menjadi model huruf L dan U serta berbagai bentukan lain. Apabila tidak sesuai dan merasa masih kurang cocok, Anda masih dapat memindahkan perabotan tersebut tanpa merusak ruangan dapur.  

  1. Biaya perawatan mahal

Seperti pada umumnya, apabila memiliki kelebihan maka juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh dapur modular adalah harganya yang cukup mahal. Karena dapur ini sudah tersedia di toko, maka harganya stabil dan tidak dapat melakukan penawaran kembali. Ini sangat tidak menguntungkan jika Anda memiliki dana yang terbatas. Jika Anda menginginkan tips hemat membangun rumah dan cara membangun rumah dengan dana minim, ini bukan solusi yang Anda butuhkan. Selain itu harga keseluruhannya ditaksir dapat melebihi harga dapur konvensional.

Sponsors Link

  1. Desainnya terkesan monoton

Komponen dapur modular juga memiliki bentuk yang sama dan terkesan monoton. Sebab semua bentuknya datar atau flat, tanpa disertai dengan ornament. Hal ini jadi membatasi Anda jika ingin berekplorasi dengan gaya desain pada dapur. Jika Anda menggunakan dapur konvensional yakni kitchen set, desain kitchen set dapat disesuaikan dengan konsep yang diinginkan.

  1. Harus sering melakukan perawatan

Sayangnya dapur modular juga tidak begitu kuat untuk menampung aktivitas dapur yang terlampau intens. Pemakaiannya pun harus dilakukan secara hati-hati serta membutuhkan perawatan yang rutin.

Demikianlah beberapa penjabaran dari dapur modular berserta kelebihan dan kekurangannya yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Dapur