Sponsors Link

4 Penyebab Telepon Rumah Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar dan Pengatasannya

Telepon rumah masih digunakan sebagai salah satu alat komunikasi saat ini. Walaupun telah banyak alat komunikasi lain yang menjadi trend saat ini, telepon rumah masih menjadi pilihan terlebih untuk bisnis. Untuk bisnis yang dijalankan di rumah dan perkantoran, telepon rumah atau telepon kabel masih menjadi pilihan utama.

ads

Penggunaan telepon rumah untuk bisnis sangat bermanfaat mengingat kepercayaan orang terhadap bisnis yang menggunakan nomor telepon sangat tinggi karena bersifat mudah dicek kebenaran lokasi, tetap tidak berpindah, dan terdaftar sebagai pengguna layanan. Untuk itu telepon rumah sangat bermanfaat untuk bisnis, namun bila terjadi gangguan telepon maka akan mengganggu kelancaran bisnis. Salah satu masalah gangguan pada telepon rumah atau telepon kabel adalah gangguan panggilan keluar yang bisa saja menyebabkan telepon rumah mati total.

Berikut penyebab telepon rumah tidak bisa melakukan panggilan keluar  serta cara mengatasinya:

1. Pesawat Telepon Rumah Standar

Gangguan panggilan keluar atau tidak dapat melakukan panggilan keluar adalah satu satu gangguan yang paling sering dikeluhkan pelanggan telepon rumah. Gangguan ini dapat terjadi karena beberapa penyebab. Berikut penyebab gangguan panggilan keluar pada telepon rumah dan soilusinya.

2. Tidak Ada Nada Sambung

Bila setelah anda mengangkat gagang telepon namun anda tidak mendengar nada sambung, maka anda tidak dapat melakukan panggilan keluar. Tidak ada nada sambung dapat disebabkan beberapa diantaranya kabel terputus, jack terlepas, atau kabel terlepas dari box indoor atau outdoor.

Untuk mengatasi masalah ini maka lakukan:

  • Coba periksa kabel, apakah kabel pada pesawat telepon tersambung sempurna atau tidak.
  •  Jika tersambung maka periksa dari pesawat sampai box indoor, lanjutkan sampai box outdoor.
  • Perhatikan ada kabel yang terputus, jack yang terlepas, atau korosi/karat pada box indoor maupun outdoor.
  • Jika terdapat masalah pada salah satu bagian tersebut, maka segera perbaiki.
  • Jika kerusakan sederhana dan anda dapat melakukannya sendiri, maka lakukan perbaikan sendiri. Ikuti langkah perbaikan disini.
  • Jika anda tidak dapat melakukan sendiri atau ragu, maka hubungi call center provider layanan telepon anda atau hubungi teknisi perbaikan.

3. Terhubung Namun Putus Setelah Beberapa Saat

Jika anda dapat melakukan panggilan dan terhubung beberapa saat kemudian putus, masalah kemungkinan ada pada sistem jaringan telepon. Kita tidak bisa menyimpulkan apakah kerusakan ada pada sistem jaringan di rumah anda atau keseluruhan. Solusi untuk masalah ini adalah hubungi call center provider layanan telepon anda dan sampaikan keluhan. Minta mereka untuk memeriksa dan melakukan perbaikan secepat mungkin. Pastikan dengan siapa anda melapor agar bisa melakukan follow up jika masalah anda tidak segera ditangani.

4. Pesawat Telepon PBX dan PABX

PBX (Private Branch Exchange) dan  PABX (Private Automatic Branch Exchange) adalah sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk mengatur panggilan dan meneruskan panggilan telepon ke tujuannya melalui nomor extension. Kedua alat ini sebenarnya berfungsi sebagai kontrol panggilan masuk dan panggilan keluar yang dapat membagi telepon dalam beberapa nomor extension. Setiap telepon masuk dan keluar akan melewati PBX/PABX.

Masalah yang terjadi pada telepon yang menggunakan PBX/PABX sama dengan pada pesawat telepon standar, namun beberapa fitur yang dimiliki PBX dan PABX membuat ada beberapa tambahan gangguan panggilan keluar pada pesawat telepon. Berikut masalah panggilan keluar dan solusinya untuk pesawat telepon menggunakan PBX dan PABX sebagai berikut.

  • Periksa extension. Langkah pertama yang harus dilakukan jika telepon dengan PBX/PABX tidak dapat melakukan panggilan keluar adalah memeriksa extension. Periksa apakah extension masih terdengar nada pilih atau masih bisa terhubung satu sama lain yang artinya tidak ada masalah. Jika masih bisa terhubung antar extension berarti tidak ada masalah pada PBX/PABX.
  • Periksa dengan menekan tombol “CO” pada PBX/PABX. Jika terdengar nada pilih (dial tone, tekan dial atau tekan nomor yang sering anda hubungi. Jika tidak terhubung, cobalah dengan beberapa nomor lain.
  • Jika tetap tidak bisa terhubung, hubungi provider penyedia layanan (telkom). Jika kantor anda di gedung perkantoran maka hubungi pengelola gedung. Laporkan keluhan anda.
  • Minta pengelola untuk memeriksa kerusakan pada pesawat telepon anda.
  • Bila hasilnya PABX yang rusak, maka hubungi vendor untuk memperbaikinya.
  • Jika masalah pada layanan provider telkomunikasi maka hubungi call center untuk perbaikan.

Pesawat telepon pada dasarnya jarang sekali rusak jika digunakan sebagaimana mestinya. Untuk menjaga agar telepon anda dalam kondisi baik tempatkan posisi telepon pada tempat yang aman, jauh dari jangkauan anak-anak, pakai telepon sewajarnya, hindari jatuh atau terempas. Perhatikan kabel agar tidak terkena benda-benda lain yang dapat memutuskan hubungan kabel.

Dengan pemakaian dan perawatan telepon yang wajar maka gangguan telepon rumah tidak bisa melakukan panggilan keluar tidak akan terjadi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk membantu anda yang mengalami masalah gangguan telepon di rumah.

, , ,



Oleh :
Kategori : Elektronik