Sponsors Link

13 Desain Rumah Ala Korea yang Minimalis

Desain rumah ala Korea yang minimalis sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bangunan rumah minimalis lainnya. Hanya saja jika dibandingkan dengan rumah minimalis Indonesia, letak perbedaannya tetap terlihat karena bangunan rumah minimalis di Indonesia umumnya berukuran lebih kecil.

ads

Bangunan rumah minimalis ala Korea sendiri kebanyakan ukurannya lebih besar dan konsep desainnya condong lebih ke modern. Pada umumnya para desainer serta arsitek di Korea lebih suka meniru konsep gaya arsitektur minimalis modern di dunia. Terlihat dari tampilan bangunan rumah di negara tersebut yang berbentuk sangat simpel dan elegan.

  1. Bentuk Bangunan Rumah Ala Korea yang Minimalis

Mayoritas bentuk rumah minimalis modern di negara penghasil ginseng tersebut memiliki pola bentuk geometris yang tajam dan simetris. Bentuk bangunannya sendiri umumnya mengikuti pola kotak yang sejajar, yang dilengkapi dengan aksen detail yang tidak terlalu banyak. Tujuan yang ingin dicapai dengan kesederhanaan ini adalah agar expose sebagai bangunan modern dapat dimaksimalkan.

Kebanyakan bangunan hunian di Korea terdiri dari bangunan yang mempunyai lebih dari satu lantai. Bangunan tampak tersusun meninggi ke atas dengan luas bangunan yang tidak terlalu besar, Dengan kesederhanaan interiornya, fungsi ruangnya dapat dimaksimalkan sedemikian rupa sehingga penghuni yang tinggal di dalamnya akan merasakan kenyamanan karena adanya ruang-ruang yang luas. Hirarki konsep minimalis pada bangunan Korea adalah pencerminan dari konsep hidup yang layaknya diterapkan juga oleh Bangsa Jepang.

  1. Bentuk Jendela Rumah Ala Korea yang Minimalis

Jumlah pemakaian jendela pada rumah minimalis ala korea pada umumnya memiliki jumlah yang cukup banyak. Ukurannya kecil-kecil, umumnya berbentuk horizontal atau vertikal dengan bentuk persegi yang tidak sama sisi. Tetapi sebagian hunian juga menggunakan bentuk bulat, segi lima, bahkan abstrak yang digabungkan dengan konsep minimalisnya.

 

  1. Bentuk Pintu Rumah Ala Korea yang Minimalis

Pintu rumah pada rumah minimalis di Korea kebanyakan berukuran cukup besar tetapi bukan berupa pintu ganda. Material pintu yang digunakan umumnya berbahan fiber dengan penambahan aksen kayu dan meta.Tujuannya untuk membuat pintu tersebut tampak lebih menarik dan modern. Sistem pengucian pintu yang digunakan sudah otomatis, tidak lagi menggunakan kunci konvensional. Biasanya menggunakan kunci digital dalam bentuk finger scan, kata sandi, ataupun pengenal suara.

Sistem kunci modern seperti ini umumnya sudah diterapkan untuk semua bangunan disana baik bangunan rumah ataupun apartemen. Hal ini disebabkan oleh karena Korea adalah sebagai salah satu negara mereka yang selalu menciptakan teknologi baru. Sehingga masyarakatnya pun sudah beradaptasi dengan segala sesuatu hal yang berbau teknologi modern. Modernisasi ini jelas terlihat untuk semua aspek kehidupan yang ada di negara tersebut.

  1. Bentuk Atap Rumah Ala Korea yang Minimalis

Penggunaan atap berbentuk datar merupakan pilihan utama yang sering digunakan pada konsep rumah minimalis di Korea. Atap rata untuk rumah dibagi menjadi tiga kategori yaitu:

  • Single-Ply

Jenis atap datar yang mempunyai tipe single-ply cirinya memiliki bentuk lapisan yang tipis. Atap yang satu ini terdiri dari membran-membran yang tahan terhadap terpaan cuaca. Lapisan membran tersebut dilekatkan pada struktur atap yang sudah dibuat dengan menggunakan lem, fasteners, atau barbed plates.

Jenis atap datar yang mempunyai tipe  single-ply instalasinya sangat mudah dilakukan. Dapat diaplikasikan sendiri di rumah. Beberapa tipe bahan atau material atap datar single-ply mempunyai beberapa pilihan seperti PVC, TPO, dan rubber roofing.

  • Spray-On

Jenis atap datar dengan tipe Spray-On terbuat dari campuran material pasir dan kerikil yang kemudian diratakan bersama. Setelah cetakan atap mengering, kemudian atap disemprot dengan spray insulation secara langsung, dan setelah itu ditutupi dengan coating akrilik. Jenis atap ini memungkinkan untuk dibuat tanpa terlihat ada sambungan, atau dengan istilah lainnya disebut sebagai isolasi seamless alias tanpa batas.

Tampilan bentuknya pun akan menjadi terlihat modern dan sederhana. Atap spray-on ini memerlukan perawatan dan pengecekan khusus, mengingat air hujan atau salju yang jatuh ke atap tidak akan dapat langsung mengalir ke tanah. Sehingga pembersihan secara manual mutlak diperlukan, untuk menjaga tidak terjadinya kerusakan atau kebocoran yang terjadi.

  • Built-Up

Jenis atap datar dengan tipe built-up merupakan jenis yang paling konvensional dan tradisional. Jenis-jenis atap rumah ini tersusun atas lebih dari tiga lapisan material yang tahan air. Setelah itu ada pula tambahan tar panas yang disusun menyilang.

Bangunan dengan jenis atap datar tipe built-up campurannya biasanya ditambahkan dengan batu kali atau batu kerikil yang berfungsi sebagai proteksi atap dari radiasi sinar matahari dan berguna juga sebagai fire retardant yang cukup efektif. Atap pun dibuat dari material fiberglass dan tidak lagi menggunakan kertas tar.

Sponsors Link

5. Rumah Kecil Satu Lantai Ala Korea yang Minimalis

 

Di dalam bangunan satu lantai yang diterapkan pada arsitektur bangunan Korea, kesan interior yang luas penerapannya dilakukan dengan cara memanfaatkan struktur ketinggian lantai didalam ruang sehingga terlihat berundak seperti menjadi bangunan dua lantai atau lebih.

 

6. Rumah Hanok Ala Korea yang Minimalis

 

Rumah Hanok adalah jenis rumah tradisional yang memiliki ciri kecil-kecil pada elemen maupun detail ruangannya. Contohnya seperti, halaman dan balkon berukuran mini, atap, dinding penghalang, kasau dan balok yang elemen detailnya dilengkapi dengan sempurna menggunakan konsep interior modern.

 

7. Rumah Panggung Ala Korea yang Minimalis

 

Pada jenis rumah panggung di Korea, interiornya dirancang dengan konsep bertingkat untuk meningkatkan pemanfaatan ruang. Di dalamnya terlihat kompak dengan penggabungan penggunaan elemen-elemen ruang seperti dapur, ruang tamu kecil, dan toilet, termasuk kasur yang digunakan sebagai kamar anak dengan lantai yang dibuat bertingkat.

 

8. Rumah Kayu Ala Korea yang Minimalis

Konsep rumah ini biasanya merupakan rumah dua lantai yang dibangun dengan halaman yang luas. Konsep bangunan modern diperlihatkan melalui banyaknya penggunaan elemen kaca.

Secara tidak langsung menciptakan nuansa interior yang terang benderang serta nuansa kelapangan didalam ruangnya. Eksterior nya lebih dominan menggunakan tekstur kayu dan atap yang landau, sehingga memberikan efek terlihat lebih besar dari ukuran yang sebenarnya.

Sponsors Link

9. Rumah Dengan Teras di Atap Ala Korea yang Minimalis

Rumah dengan tipe ini biasanya memiliki teras pada bagian atap yang merupakan lantai dua bangunan. Bagian depan bangunan yang terlihat hanya berupa jendela dan pintu, tidak banyak menggunakan elemen dekoratif, sehingga memberikan nuansa yang agak unik dan sederhana.

Para arsitek yang merancang dengan konsep rumah ini lebih memfokuskan pada desain fasad bangunan yang dibuat sederhana tetapi mempunyai bukaan yang dibuat secara maksimal ukurannya. Desain ini dibuat dengan konsep fasad yang dibuat sebagai jantung dari keseluruhan bangunan yang selaras dengan pemandangan sekitarnya.

10. Rumah Asri Ala Korea yang Minimalis

 

Rumah Asri biasanya terdiri dari bangunan berlantai satu atau dua di Korea. Keunikannya menggunakan struktur bangunan berbentuk ‘A’. Perpaduan antara struktur berbentuk ‘A’ yang mengelilingi halaman, secara tidak langsung akan mengamankan teras luar ruangan.

 

 

11. Rumah Mencair di Angkasa Ala Korea yang Minimalis

Rumah berikut ini berukuran medium yang kaya akan komposisi dan secara alami bercampur dengan pemandangan hangat di sekitarnya. Rumah dengan dua kotak itu saling tumpang tindih dengan finishing yang berbeda untuk memberikan perubahan yang lembut.

Bangunan besar dengan dinding beton dipadukan dengan bangunan sebelah dan di bawahnya dengan material papan kayu, dan dibagian jendela menggunakan frame aluminium untuk mengadopsi  aksen modern minimalis. Percampuran komposisi ini sangat  berfungsi  untuk menonjolkan kontras kedua bahan yang berbeda material tersebut.

Untuk mengatasi kelemahannya, area bangunan dan halaman itu sendiri tidak terlalu besar. Arsiteknya telah menyiapkan kaca-kaca yang  berukuran lebar di lantai satu dan dua untuk secara aktif menggunakan ruang luar dan membangun hubungan organik antara bagian dalam dan luar.

12. Rumah Dua Lantai Ala Korea yang Minimalis

 

Jika Anda ingin mengadopsi gayanya rumah dua lantai ala Korea ini untuk rumah anda, sebaiknya konsultasikan dengan arsitek ataupun interior desain yang profesional agar dapat disesuaikan dengan dengan lingkungan sekitar bangunan rumah anda serta disesuaikan juga dengan gaya hidup dan kebutuhan anda.

 

13. Aplikasi Perancangan Rumah Indonesia Ke dalam Arsitektur Rumah Korea

  • Pastikan anda mempunyai banyak referensi mengenai desain yang akan diterapkan agar tidak terjadi kesalahan desain.
  • Tentukan konsep rumah moderen minimalis seperti apa yang paling merepresentasikan keinginan Anda.
  • Sebaiknya anda mengkonsultasilkan konsep rumah pilihan anda dengan konsultan seperti arsitek, interior dan kontraktor.
  • Gunakan warna-warna batu alam seperti abu-abu atau yang memiliki gurat kecoklatan lebih merepresentasikan rumah minimalis ala Korea.
  • Ikuti konsep penataan interior rumah minimalis secara konsisten dan tidak banyak detail.
  • Pastikan anda memilih furniture yang tepat dan sesuai dengan konsep bangunan dan fungsi ruangnya, agar rumah tidak kelihatan dan terasa kosong
  • Aplikasikan juga sistem otomasi teknologi pada rumah minimalis tersebut.
  • Gunakan tipe atap datar seperti yang digunakan pada rumah minimalis ala Korea sebagai perwakilan bentuk dari Arsitektur Rumah Korea.
  • Buat sistem drainase yang tepat pada beberapa bagian atap untuk mengalirkan air hujan langsung ke tanah, karena atap datar tidak dapat mengalirkan air hujan secara maksimal. Hal ini untuk menghindari terjadinya resiko retak atau bocor pada atap akibat genangan air yang tidak dapat turun langsung dari atas atap.
  • Pastikan anda melakukan kalkulasi dengan benar, mengingat biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun atap datar membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan pembuatan jenis atap rumah tipe pelana, perisai, dan sandar.

Apakah anda sudah mendapatkan ide baru untuk desain rumah ala Korea idaman anda? Selamat membangun!

, , , , ,