Sponsors Link

13 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu Minimalis agar Terlihat Mewah

Keterbatasan ruangan dapat disiasati dengan cara penggunaan warna-warna cat yang sesuai pada ruang tamu anda. Penggunaan warna-warna yang terang dapat memberikan kesan lapang dan luas, karena bersifat memancarkan cahaya. Sebaik nya hindari penggunaan warna-warna gelap sebagai cat di ruangan tamu, karena akan dapat menyerap cahaya yang masuk kedalam ruangan.

ads

Warna cat sebuah ruangan memiliki peran yang sangat penting sebagai sarana untuk memperkuat dan memberikan kesan tertentu. Arsitektur rumah tua atau suatu bangunan lama yang terlihat kusam, dapat tampil kembali cantik melalui suatu tampilan baru dengan cara memberikan sentuhan warna-warna cerah pada cat nya.

Selain dapat memberikan wajah baru, cat juga bersifat mampu mengubah suasana ruang sekaligus dapat memberikan pengaruh terhadap psikologis penghuninya. Dengan kata lain, walaupun hanya sekedar dengan mengubah warna cat, anda akan dapat merasakan banyak sekali manfaat yang dirasakan. Ruang tamu yang sempit dalam sekejap akan dapat  memberikan kesan lapang dan nyaman.

Untuk dapat melakukan pemilihan warna cat dinding pada suatu ruang tamu sebenarnya kembali ke selera pribadi masing-masing. Jika anda termasuk pribadi yang menyukai warna merah, tentu saja anda dapat mengaplikasikan warna ini sebagai warna untuk cat ruang tamu di rumah anda.

Dan bila anda ingin memberikan kesan minimalis pada ruang tamu, warna merah merupakan salah satu warna yang dapat dipilih untuk dipadukan dengan warna lain seperti hitam, abu – abu, ataupun warna putih. Apapun jenis  warna yang anda sukai, semua nya dapat digunakan sebagai warna utama. Sebagai aksen kontras, kesan minimalis biasanya dapat ditampilkan dari warna hitam, abu – abu, dan putih.

  • Warna Dingin

Apabila  anda ingin menghadirkan suatu  nuansa yang segar atau dingin di dalam ruang tamu, sebaik nya memilih warna hijau, biru, abu – abu, atau warna gelap lainnya yang berasal dari shade salah satu warna tersebut. Warna hijau atau warna biru juga dapat dipadukan dengan warna putih untuk dapat  menciptakan kesan minimalis pada ruangan.

  • Warna Hangat

Tetapi apabila anda lebih menyukai  warna hangat di dalam ruang tamu, anda dapat memilih warna – warna seperti orange, kuning, cream, merah, atau warna – warna yang berasal dari salah satu shade tersebut. Komposisi yang dihasilkan dari warna tersebut akan menghasilkan suatu ruangan yang hangat dan bersahabat. Untuk kombinasi warnanya, sebaiknya dipadukan dengan warna putih sebagai aksennya agar tidak terlihat monoton.

  • Warna Modern

Jika anda ingin menampilkan suasana modern kedalam ruang tamu, sebaik nya menggunakan kombinasi antara warna hitam  dan putih. Perpaduan nya dapat berupa penggabungan seperti penggunaan warna putih pada ruangan, sedangkan perabot dan aksen lainnya  dapat menggunakan warna hitam. Kesan modern juga dapat ditampilkan dengan menggunakan komposisi perpaduan dua warna cerah seperti orange dengan biru atau hijau dengan kuning.

Pemakaian dominasi warna cerah dan netral pada ruangan yang sempit akan memberikan kesan luas. Sedangkan warna yang gelap, cenderung membuat ruangan terlihat lebih sempit. Keuntungan lain yang akan anda dapatkan dengan menggunakan warna cerah atau netral adalah mudah untuk dapat dipadu padankan dengan warna pada perabotan yang ada di ruang tamu.

Misalnya warna sofa, warna galeri, hingga warna lampu. Satu catatan yang sebaik nya anda perhatikan adalah jangan menggunakan penggunaan komposisi warna lebih dari 3 warna didalam satu ruangan, baik itu komposisi warna dinding dengan perabot. Karena pemakaian warna yang terlalu banyak akan membuat ruang menjadi semakin sempit.

Berikut ini beberapa trend warna cat ruang tamu minimalis yang bisa dicoba:

  1. Warna Putih

Warna yang pastinya akan membuat ruangan jadi luas adalah warna putih. Selain masuk sebagai kategori warna cerah,warna tersebutlah juga merupakan kategori warna netral, sehingga mudah untuk dapat dipadu padankan dengan semua warna lain yang ada di ruangan. Selain itu warna putih juga selalu berhasil memberikan kesan bersih dan lapang untuk sebuah ruang.Tetapi cat warna putih juga mempunyai beberapa kelemahan seperti mudah terlihat apabila cat berdebu atau kotor.

Sponsors Link

  1. Warna Biru Navy

Warna biru navy adalah warna biru laut yang gelap. Warna ini masuk dalam kategori warna gelap yang sebenar nya kurang ideal pemakaian nya untuk ruang tamu yang kecil. Tetapi dengan trik memadukan warna ini dengan  warna terang seperti putih atau kuning, secara tidak langsung anda akan dapat memecahkan masalah untuk membuat ruang tamu menjadi tampak lebih luas. Anda pun dapat melakukan pemilihan funitur dan hiasan berwarna netral  yang akan membuat  interior ruangan menjadi lebih luas dan tidak tampak berlebihan.

  1. Biru Toska

Pemilihan warna biru toska dapat memberikan kesan hangat dan tenang. Selain itu warna inipun sangat terlihat cantik apabila diaplikasikan di ruang tamu anda. Anda pun dapat mengkombinasikan warna toska dengan warna putih. Penggunaan dua komponen warna berbeda ini bertujuan untuk dapat menciptakan separasi visual dan dapat memberikan ilusi luas bagi ruang tamu sempit.

  1. Warna Merah

Warna merah  yang menyala terang akan dapat memberikan kesan energi yang kuat. Untuk sedikit  memberikan aksen kontras, anda dapat menggabungkan nya dengan menggunakan beberapa pemakaian furniture berwarna putih di dekat warna ini. Warna merah juga akan membuat plafon terlihat lebih tinggi dan memberikan kesan luas.

  1. Warna Natural

Unsur cokelat muda yang lembut akan membuat nuansa yang tenang saat warna tersebut diaplikasikan pada seluruh permukaan dinding dan langit-langit ruang tamu anda. Penggabungan pun dapat dilakukan dengan cara melengkapi ruang tamu dengan sofa empuk dengan tone warna yang senada sebagai pelengkap dekorasi. Sofa berwarna hijau muda tanpa motif dapat digunakan sebagai kombinasi warna untuk ditambahkan pada ruang tamu sebagai point of interest.

Percantik sofa yang anda pilih dengan menambahkan beberapa bantal hias kecil dengan cover warna coklat pastel, sehingga dapat menjadi senada perpaduan nya dengan warna dan hijau muda yang senada. Selain itu, anda juga dapat melakukan penggunaan furniture yang mengekspos warna dan motif alami kayu. Hal ini akan dapat mendukung ruang tamu anda  menjadi semakin terlihat cantik, nyaman dan hangat.

ads
  1. Warna Abu-abu

Jika anda ingin menciptakan kesan klasik atau modern di ruang tamu, pemilihan cat berwarna abu-abu akan dapat memberikan kesan klasik maupun modern secara bersamaan pada ruangan tamu anda. Sebagai pelengkap anda dapat menambahkan aksesoris dan hiasan berwarna cerah untuk dapat memberikan kesan ruang tamu yang sempit akan nampak lebih luas.

  1. Warna Lemon

Lemon merupakan salah satu warna cerah yang akan dapat memberikan suasana yang segar. Warna ini juga dapat memberikan kesan ruang yang lapang. Anda dapat sedikit lebih kreatif dengan cara menambahkan elemen interior ruang seperti foto pada dinding atau bunga hias yang beraneka warna.

  1. Warna Merah Anggur

Warna merah anggur memang terkesan agak sedikit gelap. Anda dapat memadukan warna ini dengan warna terang lain nya sehingga dapat menciptakan kesan luas dan elegan sekaligus. Tambahan elemen interior berupa lukisan, gorden dan sofa berwarna kalem juga dapat memberikan kesan elegan dan klasik pada ruang tamu anda.

  1. Warna Kuning

Selain warna putih, warna kuning juga merupakan warna yang mampu memantulkan cahaya yang masuk kedalam ruangan. Hal ini akan membuat kesan ruangan yang terasa sempit menjadi terlihat  lebih luas. Dinding yang diberi warna kuning apabila dikombinasikan dengan furniture berwarna putih akan dapat menambah dimensi di ruangan yang berukuran kecil.

  1. Warna Pastel

Warna pastel selalu berhasil menarik perhatian dan sekaligus dapat memberikan kesan luas bagi ruang sempit anda. Ada banyak pilihan warna pastel yang dapat anda pilih untuk dapat digunakan pada ruang tamu. Warna-warna pastel juga akan dapat memberikan kesan keceriaan dan romantis sekaligus.

  1. Warna Hijau

Warna hijau sering diasosiasikan dengan kehidupan, karena shade ini menggambarkan unsur alam  yang menyenangkan sehingga dapat menciptakan nuansa hangat dan akrab apabila dijadikan sebagia pilihan warna cat tembok ruang tamu. Anda mempunyai beberapa pilihan untuk dapat memilih warna hijau yang akan digunakan sebagai cat utama pada ruang tamu.

Tetapi warna milky green dapat dijadikan pilihan utama karena memiliki kesan lebih kalem dan hangat. Warna inipun  dapat dikombinasikan dengan  cat warna putih untuk dapat memberikan kesan luas pada ruang tamu. Anda dapat mengkombinasikannya dengan pemakaian perabotan yang memiliki unsur warna tanah seperti cokelat atau beige  agar ruangan anda terkesan sangat natural.

  1. Abu-Abu Muda

Warna abu-abu muda dapat menjadi pilihan trend warna cat ruang tamu. Sisi baik dengan penggunaan warna ini, anda dapat bermain dengan cara mengkombinasikan nya dengan  warna abu-abu muda yang memiliki tone kebiruan yang dapat digabungkan dengan warna lavender untuk diaplikasikan pada cat dinding ruang tamu. Anda dapat memilih sofa yang memiliki warna coklat muda, dilengkapi dengan coffee table berbentuk bundar yang menggunakan rangka mengkilap seperti yang memiliki material aluminium serta karpet bermotif kotak-kotak kecil yang memiliki warna senada dengan kombinasi abu-abu muda, lavender dan coklat muda. Pastikan anda memilih hiasan dinding yang memiliki warna dengan tone yang senada dengan coklat muda untuk memberikan kesan kontras.

  1. Mountbatten Pink

Menggunakan warna mountbatten pink dengan kombinasi warna putih untuk area langit-langit dapat dijadikan sebagai pilihan kombinasi warna cat ruang tamu. Warna mountbatten merupakan warna pink  atau merah muda yang memiliki rona ungu kecokelatan.

Dari segi perabotan yang digunakan, anda dapat menggunakan warna putih yang kontras dengan warna mountbatten pink. Perabotan dengan kombinasi warna kuning terang keemasan dapat anda jadikan alternatif pilihan warna untuk ruangan anda.

Demikian beberapa rekomendasi warna cat ruang tamu minimalis yang bisa Anda coba. Selamat mencoba.

, , ,