Sponsors Link

20 Cara Menata Rumah Kontrakan dan Mendekorasi Ulang agar Lebih Menarik

Sebuah rumah sewaan atau rumah kontrakan biasanya memiliki dekorasi yang cukup sederhana, bahkan beberapa arsitektur nya ada yang sudah terlihat seperti bangunan yang sudah tua dan tidak terawat. Kondisi bangunan yang seperti tersebut sebenarnya dapat anda siasati hanya dengan mendesain serta mendekorasi ulang rumah dan bangunan nya. Beberapa tips dibawah ini dapat dijadikan sebagai panduan cara menata rumah kontrakan dan membantu anda didalam merencanakan dekorasi ulang yang akan dilakukan.

ads

1. Sesuaikan kebutuhan ruangan dengan ukuran

Hal utama yang wajib diperhatikan ketika akan menyewa rumah salah satunya adalah ukuran. Sebaik nya tidak memilih bangunan yang terlalu besar, cukup pilih rumah yang sesuai dengan kebutuhan anda. Pertimbangan kebutuhan ruang ini akan sangat berpengaruh terhadap budget yang anda akan keluarkan. Semakin besar sebuah bangunan, maka semakin besar budget yang akan anda keluarkan jika anda memutuskan untuk melakukan dekorasi ulang.

2. Memanfaatkan furniture yang sudah tersedia secara maksimal

Apabila rumah yang anda sewa menyediakan furniture didalam nya, tidak ada salah nya jika anda dapat memanfaatkan nya secara maksimal. Jika berniat akan melakukan perubahan, sebaik nya sedapat mungkin serasikan dengan furniture  yang sudah ada secara efisien. Hal ini akan sangat membantu anda didalam meminimalisir terjadinya pengeluaran yang tidak diperlukan.

3. Manfaatkan perletakan furniture atau ornamen interior milik anda pribadi

Meskipun anda akan memanfaatkan furniture yang ada di rumah yang anda sewa, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan furniture atau ornamen interior pribadi yang menjadi favorit anda. Penempatan nya dapat ditempatkan disudut-sudut ruangan yang terlihat strategis. Hal tersebut dimaksudkan agar anda dapat lebih menganggap rumah kontrakan anda terasa seperti rumah anda sendiri. Bebaskan diri anda untuk dapat berkreasi dan berinovasi membuat setiap sudut rumah menjadi nyaman.

Apabila anda memutuskan untuk lebih memilih membeli perabot baru, pertimbangkan untuk memilih barang yang bermanfaat dan tahan lama dalam kurun waktu yang lama. Pertimbangan ini dimaksud kan agar perabot tersebut dapat digunakan kembali jika anda memutuskan untuk pindah ke lokasi lain atau pun berniat untuk membeli rumah pribadi.

4. Rawatlah semua dekorasi dan furniture dengan baik

Sebaiknya anda tetap merawat rumah kontrakan seperti layaknya rumah sendiri. Sehingga anda tetap merasa nyaman untuk  menempati nya. Jika anda mempertimbangkan untuk melakukan dekorasi ulang, satu hal yang harus dihindari adalah melakukan dekorasi secara besar-besaran. Contoh nya seperti mengganti semua bagian lantai di setiap ruangan yang memerlukan pembongkaran total. Jika anda ingin melakukan dekorasi ulang agar rumah terlihat berbeda, lebih baik  hanya merubah  bagian tertentu saja dari bangunan seperti merubah warna cat dinding atau mengganti nya dengan wallpaper.

5. Gunakan wallpaper dengan corak yang menarik

Penggunaan wallpaper merupakan langkah tepat untuk dapat mengubah suasana ruangan. Trik ini dapat membuat ruangan menjadi lebih berkarakter dengan menggunakan motif tertentu yang menarik.

6. Ubah warna sofa dengan warna netral

Pada suatu elemen interior ruang, peran sebuah sofa dapat membuat ruangan menjadi terlihat berbeda.Pemilihan warna  netral, seperti hitam, putih atau beige pada sofa anda sangat disarankan didalam penerapan nya nya.Warna netral akan membuat sofa lebih mudah untuk dapat dipadukan dengan konsep ruangan yang ada.

7. Gunakan accessories cantik

Bantal yang bermotif unik  pada sofa dapat membuat tampilan ruangan menjadi lebih cantik. Selain itu penggunaan taplak meja pada meja kecil juga dapat memberikan aksen yang menarik.

8. Gunakan karpet berwarna cerah sebagai pelengkap

Hal lain yang dapat anda pertimbangkan untuk dapat membuat rumah anda mempunyai karakter adalah dengan menggunakan elemen karpet dengan warna cerah. Sesuaikan ukuran karpet yang digunakan dengan ukuran ruangan. Jika ruangan cukup luas, anda dapat menggunakan ukuran karpet yang cukup besar. Dan sebalik nya, jika ruangan cukup sempit, sebaik nya ukuran karpet yang dipilih mengikuti ukuran ruangan tersebut.

9. Gunakan gorden dengan warna dan corak yang menarik

Sama halnya dengan karpet, anda pun dapat memilih warna gorden yang tepat untuk dapat memberikan kesan menyatu pada  keseluruhan tampilan ruangan. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah dengan tetap menyesuaikan warna gorden dan corak yang digunakan dengan warna dasar dinding didalam ruangan. Hal ini dimaksud kan agar kesatuan ruangan tetap dapat dipertahankan, terutama jika rumah anda termasuk kategori rumah kecil. Tetapi apabila rumah anda mempunyai ukuran yang luas, anda dapat memadukan warna-warna kontras secara lebih bebas.

Sponsors Link

10. Gunakan cermin besar vertikal pada ruangan

Penggunaan cermin yang berukuran  besar dapat memberikan ilusi optik pada ruang tamu yang sempit, sehingga menjadikan ruangan terlihat lebih luas. Pilihlah bingkai yang minimalis agar tidak terkesan terlalu meriah di ruangan yang kecil. Salah satu trik yang dapat anda coba adalah dengan menyandarkan cermin secara vertikal pada salah satu bagian dinding rumah seperti pada ruang tamu, ruang keluarga ataupun pada kamar tidur anda.

11. Lampu ornamen unik

Pemilihan warna dan bentuk lampu akan berpengaruh pada keseluruhan tampilan ruangan. Jika rumah kontrakan cukup luas, pilihlah jenis lampu yang cukup tinggi agar ruangan terasa lebih hangat dan  terlihat penuh.

12. Gunakan warna monokrom pada ruangan

Warna monokrom termasuk dalam kategori warna netral, yang dapat dengan mudah untuk dapat  dikombinasi kan dengan warna-warna lain. Penerapan kedua warna ini tidak perlu diaplikasikan disetiap bagian ruangan.  Anda dapat mengaplikasikan nya hanya pada bagian dinding, lantai, atau dekorasi ruangan.

13. Tambahkan hiasan dinding untuk melengkapi dekorasi ruangan.

Pemasangan hiasan dinding juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Sebagai contoh anda dapat menggunakan foto keluarga, lukisan, jam dinding atau pun rak buku sebagai vokal point pada dinding anda.Satu tips yang perlu diperhatikan dalam memasang hiasan dinding adalah ukurannya.Jika ruang tamu berukuran sangat kecil, sebaik nya jangan gunakan hiasan yang terlalu banyak atau pun berukuran besar. Hal Ini hanya akan membuat ruang tamu menjadi terlihat sempit.

14. Gunakan warna favorit pada ruang tidur anda

Tempat tidur merupakan “jantung” dari sebuah kamar tidur.  Dan ruangan ini merupakan zona yang paling nyaman sebagai tempat beristirahat dan bersifat sangat pribadi. Salah satu hal yang dapat membuat anda semakin betah untuk berada didalam nya adalah dengan mengaplikasikan warna-warna favorit yang anda sukai pada elemen kamar tidur anda. Contoh nya, anda dapat memadukan warna-warna favorit anda pada sepray, selimut ataup un bantal pada tempat tidur.

ads

15. Kreasikan bagian kabinet dapur rumah secara kreatif

Pada umum nya kabinet yang terdapat didapur  rumah kontrakan terbuat dari kayu yang bentuknya tertutup. Jika anda ingin membuat nya tampak lebih menarik, maka cara menyiasati nya  adalah dengan cara melakukan pengecatan kembali. Pemilihan warnanya sendiri dapat disesuaikan dengan cara memadukan nya dengan keseluruhan warna yang akan anda pilih untuk keseluruhan ruangan.

Sebaiknya tetap perhatikan faktor keseimbangan dan kesatuan didalam pemilihan warna-warna tersebut. Sebagai contoh anda dapat memadukan warna kabinet dapur menjadi satu kesatuan dengan warna-warna yang anda akan gunakan pada piring, mangkuk, dan mug maupun pada karpet, keset dan tirai.

16. Manfaatkan secara maksimal setiap ruang celah, pojok, dan dinding yang tersedia

Menata dapur kontrakan, apalagi yang sudah dilengkapi dengan furniture, dapat menghadirkan suatu tantangan tersendiri. Anda mungkin tidak bisa mengubah komposisi dan letak perabotan-perabotan dapur kontrakan tersebut secara lebih bebas sesuai kebutuhan anda. Tetapi anda anda dapat mencari ruang-ruang sisa berupa celah, sudut, ataupun dinding yang belum digunakan.

Contohnya, jika terdapat lekukan celah antara kulkas dan kompor, anda dapat memanfaatkan nya sebagai tempat penyimpanan bumbu-bumbu. Cara lain nya adalah, anda dapat membeli atau memesan khusus rak kecil beroda yang dapat digeser keluar dan kedalam. Selain itu anda dapat memanfaatkan pula dinding sisa sebagai tempat untuk menggantung rak-rak kecil sebagai tempat penyimpanan ataupun tempat menggantung perangkat dapur yang berukuran tidak terlalu besar..

17. Gunakan hiasan menarik pada meja sebagai pelengkap ruangan

Siasati  keindahan ruangan anda dengan  menggunakan beberapa hiasan pada meja seperti taplak meja yang mempunyai detail menarik, hiasan dari kristal, lampu meja, dan masih banyak yang lain nya. Bagi Anda yang suka bercocok-tanam,  sendiri.anda dapat menempatkan beberapa pot hiasan yang berisikan tanaman indoor seperti kaktus atau pun vas bunga yang berisikan bunga segar yang dipetik dari kebun anda sendiri. Pemilihan pot  dan vas bunga yang cantik juga akan menambah nilai estetika pada ruangan anda.

18. Perhatikan penggunaan cahaya pada ruangan

Pencahayaan yang baik di dalam rumah dapat mendukung aktivitas penghuninya. Pada rumah kontrakan, pemilik rumah biasanya tidak akan memberikan ijin untuk melakukan perubahan pada instalasi listrik yang sudah ada. Sebagai pengganti, anda dapat menyiasati nya dengan menggunakan lampu portable seperti lampu dinding, lampu meja, lampu gantung atau pun lampu berdiri dengan desain yang menarik.

19. Pertimbangkan untuk penggunaan partisi ruang

Apabila anda membutuhkan ruang tambahan, biasa nya pemilik rumah tidak mengijinkan ada nya renovasi secara permanen.  Sebagai solusinya anda dapat menggunakan partisi ruangan. Lakukan pemasangan dengan rapi, sehingga tetap dapat terlihat menyatu dengan dinding permanen yang sudah ada. Selain itu anda dapat menggunakan bentuk partisi lain nya seperti tirai atau pun material lain yang sifatnya tidak permanen, sehingga dapat dengan mudah untuk dilepas saat masa sewa rumah selesai.

20. Bersikaplah pragmatis didalam memilih barang-barang yang dibutuhkan

Sebaik nya anda hanya memilih barang-barang yang masih diperlukan, dan mulai meninggalkan barang-barang yang tidak digunakan lagi. Bersikaplah pragmatis untuk  hanya memasukan barang-barang yang  berguna ke rumah kontrakan untuk menghemat tempat. Anda dapat menyumbang kan barang-barang yang tidak diperlukan lagi ke orang lain yang lebih membutuhkan.

Demikian beberapa tips cara menata rumah kontrakan agar tampak luas dan tetap menarik.

, ,