Sponsors Link

5 Cara Menata Ruang Makan Minimalis Sederhana

Dalam ilmu arsitektur, arsitektur minimalis terkenal dengan gaya arsitektur atau desain bangunan yang menggunakan kebutuhan paling mendasar. Kata minimalis dalam arsitektur menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional. Bentuk-bentuk yang geometris dengan hampir tanpa dekorasi menjadi karakter arsitektur minimalis.

ads

Pada awal abad ke-19, gaya minimalis merupakan tren dan menjadi gerakan yang penting akibat respon gaya arsitektur pendahulunya lebih menekankan dan menggunakan banyak unsur dekorasi serta ornamen. Filosofi rumah minimalis sederhana berfokus pada dua elemen, yakni pencahayaan yang elegan dan ruang kosong yang tercipta dari pengurangan unsur tiga dimensional.

ruang makan minimalisTidak hanya pada pada gaya eksterior rumah, hal demikian juga berlaku di dalam interior rumah. Konsep minimalis akan lebih indah jika diterapkan secara menyeluruh kedalam ruang-ruang. Diantaranya adalah ruang tidur, dapur, kamar mandi dan juga ruang makan. Ruang makan menjadi salah satu tempat di dalam rumah yang menjadi area berkumpulnya anggota keluarga selain ruang keluarga.

Belakangan ini, banyak orang yang menata ruang makan mereka dengan konsep minimalis. Tetapi anda perlu mengetahui ciri-ciri rumah minimalis. Umunya dengan menyesuaikan bentuk dan model meja makan agar konsep dan desain ruangan nyaman dan indah. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam menata ruang makan minimalis. Semakin banyaknya konsep dan dekorasi ruangan saat ini, orang-orang akan cenderung bingung untuk memilih salah satu konsep yang pas dengan konsep rumah minimalis anda.

Untuk itu, simaklah beberapa tips dan informasi mengenai cara menata ruang makan minimalis.

Cara Menata Ruang Makan Minimalis

Gaya minimalis adalah simpel dan sederhana, minim dekorasi dan menggunakan perabotan yang berukuran mini (kecil). Desain minimalis sengaja dirancang mengikuti prinsip dan garis filosofi yang sudah sejak lama berkembang, less is more. Minimalis adalah sebuah langkah tepat untuk menampilkan gagasan desain sebuah ruang yang modern dan kekinian.

Kontras dengan gagasan desain klasik, yang biasanya digunakan oleh rumah-rumah besar dan mewah untuk menampilkan sisi keindahan dan kemewahan yang dimilikinya, desain minimalis lebih diarahkan pada fungsi dibandingkan hal-hal lainnya. Namun, tidak berarti hal ini akan mereduksi atau bahkan melikuidasi estetika psikologi ruang. Begitu pun halnya dengan desain ruang makan minimalis, yang menjadi salah satu contoh dari penerapan gagasan desain interior yang cerdas dan tepat. Estetika ruang tampak dalam kesederhanaan (simplicity).

Anda akan menghadapi banyak masalah yang dialami ketika menata sebuah ruang makan. Berikut ini adalah tips dan trik yang anda butuhkan, yakni :

  1. Pemilihan Furniture

furniture ruang makanSalah satu masalah yang biasa dijumpai dalam menata rumah makan adalah menentukan furniture. Anda harus menentukan furniture yang sesuai dengan konsep dan tema yang anda pilih, yakni minimalis. Seperti yang sudah anda ketahui, gaya minimalis mengedepankan simpel dan bersih. Oleh karena itu, warna yang biasa dipakai adalah hitam dan putih karena mencerminkan elegan dan mewah. Tapi, anda juga dapat menggunakan warna furniture lain.

Pastikan furniture yang anda pilih sesuai dengan ukuran ruang makan anda. Tidak berlebih dan kebesaran sehingga anda tidak akan rugi. Selain itu, jangan lupa memilih desain furniture yang sederhana dan tidak mengandung terlalu banyak ukiran. Hal tersebut akan menciptakan ruangan seolah sesak.

  1. Warna Cat Ruangan

cat ruang makanWarna cat ruangan selalu penting disetiap ruangan rumah anda. Warna cat rumah elegan  akan menciptakan ruangan terasa lebih segar dan fresh. Anda dapat menggunakan pilihan warna terang pada dinding ruang makan anda. Misalnya adalah putih, biru muda, hijau muda, merah muda atau juga krem. Sebagai alternatif, anda juga dapat memadukan kombinasi dua warna agar ruangan semakin menarik. Jangan lupa, sesuaikan warna dinding dengan furniture rumah anda supaya tidak bertabrakkan satu sama lainnya.


  1. Penetapan Warna Lantai

lantai ruang makanLantai juga merupakan salah satu faktor yang penting dalam desain rumah tangga. Ruang makan memang tidak seperti dapur yang akan kotor setiap saat. Tapi, ada baiknya anda mengantisipasi hal ini dengan memilih tipe material lantai yang mudah dibersihkan. Jangan lupa, pilihah warna yang sesuai dengan dinding dan furniture rumah anda. Warna-warna simpel yang dipilih justru akan semakin menonjolkan ruang makan minimalis anda dan meningkatkan kenyamanan pengguna. Anda dapat membaca tips memilih keramik lantai dapur sebagai pertimbangan.

  1. Gunakan Vocal Point

Jika ruang makan anda menyatu atau dekat dengan ruang dapur, anda dapat menjadi meja makan sebagai vocal point ruangan. Hal ini juga untuk menciptakan kontras ruangan dan pembatas zona ruang supaya kegiatan yang berlangsung tidak tercampur secara keseluruhan.


  1. Dekorasi yang Sesuai

Pada dasarnya, ruang makan minimalis tidak menggunakan banyak dekorasi ruangan bahkan hampir tidak sama sekali. Untuk itu, jika anda tetap ingin menggunakan dekorasi jangan sampai berlebihan dan malah berdampak menghilangkan kesan minimalis di ruang makan anda.

Tidak sulit bukan untuk menata ruang makan dengan gaya minimalis? Anda hanya membutuhkan pilihan yang tepat untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Ini juga merupakan salah satu cara menata rumah agar tampak rapi. Demikianlah, selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Desain