Sponsors Link

Filosofi Rumah Minimalis Sederhana – Pengertian dan Konsep

Rumah Minimalis Sederhana adalah solusi cerdas mendirikan rumah di kawasan kota. Selain semakin sempit lahan kosong di kota, perawatan rumah minimalis sederhana cukup mudah. Dari mulai Cara Menata Rumah Minimalis, Desain Ruang Tamu Minimalis, sampai dengan Cara Menata Ruang Tamu Minimalis. Dalam hal pembiayaan juga bisa dibilang murah. Tak heran para pengembang perumahan berlomba-lomba menawarkan konsep rumah minimalis sederhana pada masyarakat.

ads

Berbicara mengenai rumah minimalis, Sudah yakinkah Anda memahami benar akan filosofi rumah minimalis sederhana, pengertian, ciri khas dan perawatannya? Mari kita intip lebih detail tentang seluk beluk rumah minimalis sederhana.

Pengertian dan  Filosofi Rumah Minimalis

Istilah rumah minimalis sudah menjadi tren dan perbincangan masyarakat luas.  Apa sajakah sebenarnya pengertian umum rumah minimalis, nilai filosofis dibaliknya, dan tujuan dibangunnya rumah minimalis?

1. Pengertian

Pengertian rumah minimalis adalah konsep bangunan yang menekankan pada kesederhanaan bentuk dengan tujuan memaksimalkan lahan tanah yang tidak begitu luas. Sehingga memberikan nilai efisiensi bangunan dengan mengetahui harganya. Membuat rumah sederhana dan unik bukan lagi sebuah hal yang menyulitkan jadi anda perlu tahu Tips Membuat Rumah Minimalis Modern.

Konsep sederhana dalam rumah minimalis ditunjukkan pada Desain Rumah Minimalis yang tidak terlalu kompleks. Cara Menata Rumah Sempit agar terlihat luas seperti menata bagian luar seperti Cara Membuat Taman di Rumah Minimalis dan dalam rumah bagaimana Cara Menata Rumah sedemikian rupa hingga terlihat rapi dan tidak mengurangi nilai keindahan. Bahkan memancarkan aura kemewahan dalam kesederhanaannya.

Dalam konsep umum, rumah minimalis dibangun di atas tanah yang hampir atau sama luas dengan bangunannya. Tidak ada ruang terbuka luas di bagian dalam untuk memaksimalkan lahan yang terbatas.

Langit-langit rumah minimalis dibuat polos tanpa lekuk rumit. Meskipun hanya terlihat datar persegi, dengan pemilihan warna harmonis tidak akan mengurangi daya tarik bagian dalam rumah minimalis. Bagian depan rumah atau teras minimalis dirancang dengan bentuk dinding lurus dan tiang penyangga kotak, sudah cukup memberikan kesan manis yang artistik.  Membuat Rumah Kayu Minimalis sekarang juga bukan perkara susah, ada Cara Membuat Rumah Kayu Minimalis yang tentunya bisa membantu sebagai panduan anda.

Baca artikel tanah :

2. Filosofi

Gaya rumah minimalis sederhana memberikan kesan filosofis bahwa penghuni rumah adalah orang yang sederhana dan praktis. Selain itu pemilik rumah bisa digolongkan memiliki karakter yang ramah dan terbuka. Hal ini terlihat pada pilihan gaya desain rumah yang tidak rumit.

3. Tujuan

Sudah disebutkan diawal, tujuan membangun rumah minimalis adalah memaksimalkan lahan sempit dan menekan biaya pembangunan dan perawatan rumah.  Membangun rumah minimalis sederhana juga memudahkan Anda menciptakan Rumah Sehat dan Bersih bagi keluarga tercinta.

Ciri-ciri Rumah Minimalis

Rumah kayu minimalis sederhana maupun Rumah minimalis dari bata  memiliki ciri khas dari sisi eksterior dan interiornya.

Bagian Eksterior:

  1. Rumah minimalis memiliki ciri khas bagian luar yang berbentuk persegi terlihat nyata dan tegas. Garis datar dan garis keatas dibuat berulang dan mendominasi sebagai hiasan rumah di bagian depan.
  2. Rumah minimalis juga memiliki Jenis-Jenis Pintu yaitu jenis Pintu Rumah Minimalis dan jendela yang lebar. Hal ini bertujuan untuk memberikan akses pandangan ke luar ruangan lebih luas dan lega. Jendela bersekat enam minimalis bisa menjadi ornamen cantik rumah mungil.(Baca : Cara Membuat Jendela Bersekat Enam)
  3. Ciri khas lain rumah minimalis adalah atapnya yang datar.
  4. Ciri yang sering tampak pada rumah minimalis adalah penataan halaman depan atau taman kecil yang tidak rumit. Penanaman tanaman besar seperti pohon palem hanya sebagai penghias alami halaman depan. Selain itu tersedia lingkungan sehat dan bersih di sekitar Anda, dan ini merupakan Ciri-Ciri Lingkungan Sehat

Bagian Interior:

  1. Pada bagian dalam, rumah minimalis terlihat lebih terbuka dengan beberapa ruangan yang dibuat menyatu. Misalkan Cara Menata Ruang Tamu dan keluarga bebaskan dari dinding penyekat. Desain Ruang Tamu Minimalis dalam rumah semacam patung, lukisan, lampu pojok, yang ada di dalam rumah tidak banyak. Tips Memilih Gorden merupakan pilihan gorden minimalis juga cocok untuk rumah mungil ini. Ada 2 jenis gorden untuk rumah minimalis, yaitu model pita dan kupu-kupu. Ada panduan Cara Membuat Gorden seperti Cara Membuat Gorden Kupu-Kupu dan Cara Menjahit Gorden pita.
  2. Perabot-perabot rumah yang dipakai biasanya memakai yang polos, sederhana, dan tidak berukir. Pemilik rumah sering kali mengakali kesan sangat polos dan monoton dalam rumah dengan permainan cahaya lampu atau memadu-padankan warna perabot rumah. Padu padan dua atau tiga warna dalam rumah sudah cukup memberikan kesan hidup dalam rumah minimalis. Sama seperti menata ruang tamu, unsur padu padan ini efektif digunakan dalam segala ruang. Sama seperti menata ruang tamu, unsur padu padan ini efektif untuk segala ruang.

Baca artikel wallpaper :

Sponsors Link

Konsep Pembangunan  Rumah Minimalis Sederhana

Konsep rumah minimalis sederhana biasanya diperuntukkan bagi keluarga baru yang hanya memiliki tiga hingga empat anggota keluarga saja. Bagi Anda yang tertarik membangun sebuah rumah minimalis sederhana tidak terlalu sulit membuat perencanaannya. Sebenarnya hanya ada tiga kriteria yang perlu dipenuhi, yaitu: simple, berbiaya rendah dan tetap terlihat modern. Jangan lupa untuk mengetahui cara memilih Bahan Bahan Dalam Membangun Rumah agar hasil bangunan menjadi kokoh.

1. Luas lahan dan bangunan

Lahan untuk membangun rumah minimalis sederhana tidak terlalu luas. Dengan luas lahan 70 meter2 hingga 100 meter2 bisa dimanfaatkan seefisien mungkin untuk membangun dua ruang tidur, dua kamar mandi, dan dapur. Ruang makan, ruang keluarga, dan ruang tamu bisa dibiarkan luas tanpa sekat dinding.  Untuk membatasi dengan ruang tamu, bisa digunakan sekat kayu yang bisa dipindah sekaligus sebagai ornamen yang berfungsi ganda. Pintu Rumah Minimalis dengan Desain Pintu Geser minimalis juga bisa juga diterapkan dalam rumah mungil ini.

Para pengembang perumahan di perkotaan, membangun rumah minimalis sederhana ini menyebutnya sebagai tipe bangunan rumah 36 dan tipe 45.

2. Pembagian ruangan

Detail gambar rumah minimalis sederhana terlihat pada susunan ruangan yang sangat efektif.  Apabila memiliki lahan yang memanjang, bisa diatur letak kamar tidur di bagian sisi kanan rumah dengan sekat kamar mandi di tengahnya. Pintu kedua kamar menghadap ke ruang keluarga. Bersebelahan dengan ruang keluarga adalah dapur dan ruang makan.

Rumah minimalis sederhana di atas lahan 100 meter2 misalkan hendak dijadikan bangunan dengan ukuran 8m x 6m. Maka munculkan dalam perencanaan denah rumah dengan dua ruang tamu, dapur, kamar mandi, dapur, ruang keluarga dan ruang tamu.

Baca juga :

3. Taman dan garasi

Sisa lahan di depan dan belakang rumah memang cukup kecil untuk sebuah taman. Ruang terbuka di belakang rumah penting untuk tempat sirkulasi udara. Namun bisa juga dijadikan tempat yang asri dengan tatanan bunga-bunga hias untuk melepas penat, refreshing, menyalurkan hobi berkebun dan area bermain anak-anak.(baca : Fungsi Ventilasi Rumah)

Jangan lupakan garasi. Sebab jalan di depan rumah akan terlihat sempit bila mobil di letakkan di depan jalan. Keasrian rumah Anda juga tertutup dan hilang ciri khasnya.

Baca juga rumah sehat :

Sponsors Link

Perawatan Rumah Minimalis Sederhana

Merawat rumah minimalis sederhana tentu tidak serepot perawatan rumah megah di kawasan Bintaro. Namun bukan berarti rumah minimalis tidak perlu perawatan. Paling tidak setahun sekali Anda harus melakukan pengecekan dari ujung depan hingga belakang. Dari atap hingga instalasi air. Hal itu memungkinkan si mungil rumah minimalis tetap terlihat anggun dalam kesederhanaannya.

  • Pengecatan setiap tahun

Perlunya mengecat rumah setiap tahun adalah untuk menghilangkan bekas-bekas coretan anak-anak yang sedang aktif berimajinasi dan berkreasi di dinding rumah. Saat anda ingin mengecat rumah anda, anda harus pintar-pintar memilih Warna Cat Rumah Agar Terlihat Luas dan mewah dengan pilihan Warna Cat Rumah Elegan dan minimalis. (Baca: Tips mengecat rumah sendiri)

  • Perbaikan atap

Kala musim hujan sering kali menimbulkan bekas tetesan air di atap atau dinding. Bila tidak segera dicek dan diketahui penyebab kebocorannya, bisa menimbulkan Penyebab Atap Genteng BocorSolusi Atap Rumah Bocor adalah dengan memperbaiki atap rumah.Perlu anda ketahui, jika anda ingin membuat rumah minimalis, ada Jenis-Jenis Atap Rumah minimalis terbaru dengan berbagai pilihan dan model.(Baca : Cara Memasang Baja Ringan Pada Atap Rumah)

  • Pengecekan instalasi air

Rumah yang baru selesai dibangun perlu dilakukan pengecekan instalasi air secara teliti. Terutama pada tagihan bulanan pembayaran air. Bila dirasa sangat mahal, bisa karena ada instalasi air dalam rumah yang bocor. Atau ada cara lain yaitu dengan mengetahui  Cara Pasang Otomatis Pompa Air Listrik.

 

Bagi Anda yang sedang sibuk memilih dan memilah rumah untuk segera ditempati bersama keluarga kecil, Jangan ragu memilih si mungil rumah minimalis sederhana. Selain biaya pembeliannya bisa melalui KPR dengan biaya yang tidak memberatkan. Biaya perawatan rumah mungil ini juga cukup ringan di kantong. Selamat menikmati rumah baru Anda.  (*)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 23rd, November 2016 / 23:26 Oleh :
Kategori : Minimalis