Sponsors Link

18 Cara Menata Ruangan Kamar yang Sempit Menjadi Terlihat Luas

Cara menata ruangan kamar yang sempit akan memerlukan beberapa tips yang dapat  diterapkan pada ruangan anda. Karena ruangan kamar akan menjadi salah satu bagian ruangan rumah yang akan menjadi tempat dimana anda akan melakukan kegiatan seperti beristirahat, belajar, bermain dan sebagai tempat dimana anda akan banyak menghabiskan sebagian besar dari waktu anda. Dengan melihat fungsi dari ruangan kamar tersebut, faktor kenyamanan dan privasi  akan sangat dibutuhkan agar anda dapat merasakan suasana kenyamanan nya.

ads

Suatu ruangan dengan kamar yang nyaman biasanya identik dengan kamar yang mempunyai ukuran besar atau luas. Tetapi sebenarnya pendapat tersebut tidak sepenuh nya benar, walaupun apabila anda mempunyai kamar yang luas, akan dapat lebih memudahkan untuk dapat menyimpan berbagai barang pribadi yang anda miliki. Banyak sekali solusi yang dapat anda coba terapkan untuk menata ruangan kamar  yang sempit agar terasa sangat luas dan nyaman untuk ditempati. Namun sebelum mendekorasi kamar tidur, ada baik nya jika anda dapat menghindari beberapa kesalahan yang harus dihindari didalam membuat konsep nya

Contohnya:

  • Kurangnya pencahayaan yang maksimal di dalam ruangan kamar tidur, sehingga membuat kamar anda terasa suram dan tidak nyaman untuk ditempati.
  • Memilih jenis matras yang terlalu besar untuk ruangan kamar yang berukuran kecil sehingga tidak sesuai dengan ukuran kamar yang seharusnya.
  • Meletakan semua furniture dan barang elektronik yang terlalu penuh didalam  ruangan kamar.
  • Penempatan bantal-bantal tidur atau bantal hiasan yang terlalu banyak didalam kamar, sehingga membuat kamar terkesan penuh dan sesak.
  • Menempatkan benda yang tidak diperlukan terlalu banyak didalam ruangan kamar.

Tips-tips yang dapat anda gunakan sebagai solusi untuk menata ruangan kamar yang sempit menjadi terlihat luas dan lapang:

1. Jadikan Tempat Tidur Anda Menjadi Menjadi Centre Point

Pastikan anda menjadikan tempat tidur sebagai centre point atau jantung di ruangan kamar anda  terhadap keseluruhan ruangan. Hal ini dimaksudkan agar perhatian didalam ruangan langsung tertuju ke tempat tidur anda, dan bukan pada ruangan nya.

2. Ruangan Harus Mendapatkan Pencahayaan yang Maksimal

  • Pastikan kamar mendapatkan pencahayaan alami yang cukup, karena adanya cahaya yang maksimal di dalam kamar akan mempengaruhi keseluruhan penampilan ruangan anda. Sebaiknya gunakan tirai yang tidak terlalu tebal dengan warna cerah agar cahaya alami yang masuk tidak terhalang.
  • Tips yang lain adalah dengan cara memposisikan tirai sedikit lebih tinggi dari bingkai jendela ruangan kamar untuk mendapatkan kesan ruangan yang lebih luas.
  • Sebagai pelengkap elemen interior, anda dapat menggunakan lampu meja atau lampu hiasan lain yang cukup panjang dan posisinya dapat diberdirikan di salah satu pojok ruangan, untuk mendapatkan efek cahaya yang memberikan kesan nyaman, tetapi tetap dapat memberikan penerangan yang cukup.

3. Gunakan Warna-warna Netral atau Cerah Pada Ruangan

Sebaiknya anda memilih warna-warna yang netral, warna –warna muda atau warna-warna pastel. Warna-warna tersebut dapat membuat efek ruangan kamar anda menjadi terlihat lebih luas. Seandainya anda ingin memberikan sedikit aksen dengan warna-warna yang sedikit kontras, cobalah untuk dapat mengkombinasi kan dua komposisi warna yang digabungkan antara warna netral dengan warna kontras sehingga tampak seperti gradasi warna.

4. Gunakan Warna-warna Netral Atau Cerah Pada Elemen Pelengkap Ruangan

Penerapan pemakaian warna-warna cerah atau pun komposisi warna, dapat anda terapkan juga pada elemen pelengkap ruangan seperti selimut, seprai, gorden, dan lain sebagainya pada ruangan yang sama dan dengan desain yang simpel dan sederhana.

5. Gunakan Pemakaian Elemen Interior Sebagai Hiasan

Rekomendasi cara lain nya didalam menghias ruangan kamar yang sempit adalah dengan menggunakan unsur hiasan dinding seperti karya seni berupa lukisan, foto-foto, memorabilia atau pun dekorasi dinding lain nya selama tentunya pemasangan hiasan dinding tersebut pada batas-batas yang diperlukan, sehingga tidak memberikan kesan terlalu ramai atau pun terlalu penuh pada ruangan.

6. Pemakaian Unsur Cermin

Gunakan cermin besar di dalam ruangan, karena penggunaan cermin besar akan memberikan efek ruangan menjadi lebih besar dan luas.

Sponsors Link

7. Pemanfaatan Tempat Penyimpanan

Ide cara menata ruangan kamar yang sempit lainnya adalah dengan memanfaatkan bagian bawah tempat tidur anda, berfungsi juga sebagai tempat penyimpanan barang tambahan. Dengan sistem penyimpanan seperti ini, akan dapat membantu menghemat penggunaan ruangan didalam ruangan kamar.

Anda pun dapat memanfaatkan dan memaksimalkan, sudut-sudut didalam ruangan di dalam kamar tidur sebagai tempat perletakan meja kecil atau meja penyimpanan kecil lain nya. Pemanfaatan ruang seperti ini akan dapat membuat kamar anda menjadi terlihat lebih rapi.

Solusi lain sebagai cara menata ruangan kamar yang sempit lain nya adalah dengan menggunakan rak penyimpanan dengan desain yang dapat digantung pada dinding. Desain rak seperti ini sangat efisien penggunaan nya  karena tidak menghabiskan banyak ruang di dalam kamar sekaligus dapat difungsikan sebagai dekorasi interior ruangan.

8. Pastikan Ruangan Kamar Selalu dalam Keadaan Rapi dan Bersih

Sebagai bagian dari cara menata ruangan kamar tidur sempit agar terlihat lebih lapang adalah dengan memperhatikan faktor kebersihan dan kerapihan ruangan kamar yang sedang ditata agar tidak terlihat berantakan.

9. Penggabungan Furniture Menjadi Satu Kesatuan

Jika ruangan kamar anda mempunyai credensa atau nakas disamping tempat tidur anda, pertimbangkan untuk melakukan penggabungan dengan head board tempat tidur dalam  satu kesatuan desain yang seamless sehingga tidak tampak seperti sambungan dua barang yang berbeda.

Desain akhir dari hasil penggabungan ini akan menciptakan suatu furniture baru yang terdiri dari tempat tidur, nakas atau credensa, dan meja belajar didalam satu kesatuan furniture yang dapat menghemat luasan ruangan anda didalam perencanaan nya.

 

10. Pembuatan Custom Furniture Yang Dapat Disesuaikan Dengan Ruangan

Furniture yang dibuat secara custom dapat menjadi suatu alternatif desain yang dapat dilakukan, didalam mengusahakan suatu pemanfaatan ruang secara efektif, efisien dan maksimal. Sebagai contoh anda dapat membuat suatu desain, tempat tidur yang sekaligus dapat berfungsi sebagai bentuk dari deretan rak buku yang sangat unik dan menarik sebagai bagian dari dekorasi interior. Selain itu hasil dari alternatif desain seperti tersebut selain  dapat membuat tempat  Bukan hanya tempat penyimpanan yang luas, area ruangan kamar pun juga menjadi terasa lebih luas dan nyaman.

Nakas atau credensa dapat dirubah desain nya menjadi meja rak dinding. Desain ini akan menciptakan  tempat penyimpanan di ruangan kamar anda menjadi bertambah volumenya tanpa membutuhkan tempat yang banyak. Cara lain sebagai solusi menghemat di ruangan kamar yang sempit adalah dengan membuat suatu rancangan rak di dalam dinding.

11. Merubah Lay out Furniture Ruangan Jika Dibutuhkan

Untuk menciptakan suatu ruangan yang terasa lebih lapang, anda dapat memindahkan penempatan peletakan tempat tidur agar berdampingan peletakan nya dengan rak yang mempunyai ukuran yang  lebih rendah dari tempat tidur tersebut.

Sponsors Link

12. Memanfaatkan Ruang Kosong Menjadi Ruang Yang Berfungsi

Anda dapat  memanfaatkan ruang kosong yang posisi yang berada di atas tempat tidur seringkali tidak banyak dimanfaatkan. Sebagai contoh anda dapat membuat suatu lemari dua sisi di bagian kanan dan kiri yang terhubung menjadi satu bagian di atas tempat tidur. Desain lemari penyimpanan ekstra luas seperti ini dapat menghindarkan ruangan kamar yang terkesan tidak rapi.

13. Penggunaan Elemen Warna Sebagai Pemisah Fungsi Ruang

Bila anda menempati apartemen kecil dengan satu ruangan atau  tipe studio, sebaik nya anda dapat memisahkan area tempat tidur dan ruang tamu dengan menggunakan elemen perbedaan warna yang dramatis.

14. Perhatikan Faktor Kenyamanan

Ruangan kamar yang kecil dapat menjadi nyaman senyaman dan semewah kamar tidur besar untuk ditempati dengan cara meninggikan posisi head board atau kepala tempat tidur anda dan membuat lapisan busa pada head boardnya.

15. Penggunaan Floating Furniture

Membuat konsep desain floating table atau furniture yang melayang akan membuat  nuansa ruangan  menjadi tampak lebih tinggi. Selain itu permukaan meja dapat digunakan sebagai ruangan untuk bekerja dan berbagai fungsi tempat peletakan elemen interior seperti frame foto dan hiasan meja kecil lain nya. Sama hal nya  seperti tempat tidur, bagian bawah floating table dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk tempat menyimpan perlengkapan dengan  cara menambahkan kompartemen kecil berupa laci atau keranjang.

16. Penggunaan Elemen Vertikal Pada Ruangan

Tips lain yang bisa kamu ikuti didalam membuat langit-langit kamar tidur tampak lebih tinggi adalah dengan membuat rak dinding yang berbentuk vertikal. Cara menata kamar tidur seperti ini juga dapat menjadikan trik tersendiri untuk dapat menyiasati kebutuhan akan tempat penyimpanan yang dapat digunakan untuk tempat  penyimpanan buku, majalah, foto, atau atribut lain sehingga tidak harus selalu meletakan nya di atas.

Menggunakan elemen furniture atau wallpaper dinding yang bermotif simpel merupakan salah satu cara untuk dapat menata ruangan kamar yang mungil, anda dapat kreatif bermain dengan motif garis-garis. Motif garis-garis akan dapat mengubah tampilan ruangan secara signifikan. Dengan cara mewarnai dinding dengan garis-garis kecil vertikal akan membuat langit-langit tampak seolah menjadi jauh lebih tinggi. Di sisi lain, garis-garis horizontal pada dinding akan membuat kamar tidur terkesan lebih panjang. Permainan motif ini juga dapat  diaplikasikan ke elemen interior pendukung lain nya seperti penggunaan  karpet garis-garis yang dapat  menciptakan kesan ruangan yang lebih luas.

17. Rencanakan Ilusi Ruang

Sebaik nya anda memberi perhatian  pada pemilihan warna tirai yang akan dipakai. Untuk mendapatkan  ilusi langit-langit ruangan agar terlihat lebih tinggi, posisikan tirai di dalam ruangan  dengan posisi yang sampai mendekati plafon ruangan kamar.

Selain itu ilusi untuk mendapatkan kesan ruangan agar terlihat lebih luas juga dapat dilakukan dengan cara menggantungkan ukuran  tirai yang jauh lebih lebar dari ukuran jendela.

18. Pemahaman Akan Trik-trik Jitu

Pada umum nya pemakaian head board  pada tempat tidur anda biasan ya akan membuat kamar tidur terlihat sempit jika tidak dilakukan trik tertentu. Jika anda tidak mendapatkan trik atau solusi yang tepat sebagai cara penanganan nya, lebih baik hindari pemakaian head board tersebut. Sebagai solusi termudah, anda dapat menggantinya dengan cara memasang wall art, atau memasang rak kecil yang cantik di atas tempat tidur sebagai elemen interior.  Satu tips lagi yang perlu diingat adalah tetap membatasi penataan wall art ataupun penyimpanan barang-barang  pada rak dinding untuk menghindari kesan penuh.

Demikian beberapa cara menata ruangan kamar yang sempit menjadi terlihat luas. Selamat mencoba!

, , ,



Oleh :
Kategori : Desain