5 Alasan Memilih Rumah Minimalis

Rasa-rasanya setiap orang pasti menginginkan untuk memiliki rumah sendiri dibandingkan harus sewa atau kontrak. Iya gak sih? Rumah memberikan keleluasan dan kebebasan kita untuk berekspresi serta memanfaatkan setiap sisinya untuk istirahat maupun berkarya. Memiliki rumah juga merupakan salah satu bentuk investasi, yang bisa dikatakan sangat stabil dibandingkan dengan investasi yang lain. Well, intinya jika anda punya dana yang cukup untuk membeli rumah, sebaiknya segera realisasikan niat anda tersebut.

Nah, bagi anda yang mungkin saat ini ingin membeli rumah atau mungkin baru merencanakan akan membeli rumah, coba simak ulasan kami kali ini. Kita akan mengulas tentang konsep rumah minimalis serta alasan memilih rumah minimalis.

Pernahkah anda bertanya-tanya, kenapa begitu banyak pasangan muda khususnya, begitu menggemari rumah berkonsep minimalis? Sebagai informasi saja, rumah dengan konsep minimalis tercatat menjadi yang paling cepat laku terjual. Coba saja anda lihat, berapa banyak developer yang mengembangkan hunian dengan menggunakan konsep minimalis? Kalau boleh jujur, mungkin sekarang mayoritas developer menggunakan konsep tersebut di setiap huniannya, bagi dari hunian sederhana sampai dengan hunia mewah yang ditujukan untuk kalangan atas.

Tentnu ada alasan memilih rumah minimalis yang mendorong konsep ini begitu digemari bukan? Estetika yang cenderung simple atau sederhana, serta memberikan kesan modern mungkin merupakan satu dari sekian alasan orang memilih rumah minimalis. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan alasan lain kenapa orang cenderung memilih konsep rumah minimalis dibandingkan yang lainnya :

1. Sederhana namun tetap elegan

Apakah anda salah satu orang yang tidak terlalu suka interior dan eksterior rumah yang terlalu wah dan berlebihan? Karena saya salah satunya, rumah yang memiliki desain terlalu wah kadang-kadang tampak berat dan tidak cocok dengan kita yang cenderung hal-hal yang simpel. Rumah minimalis sangat cocok bagi orang dengan kecenderungan tersebut. Tampila rumah minimalis memang terkesan tidak memiliki banyak unsur, namun percayalah bahwa anda dapat dengan mudah memasukkan sentuhan elegan ke dalamnya tanpa takut menghilangkan konsep minimalis.

2. Sangat cocok untuk investasi

Bagi anda yang menjadikan rumah sebagai ladang investasi, tidak ada pilihan lain yang lebih baik dibandingkan dengan rumah minimalis. Tidak perlu membeli yang mewah, cukup dengan luasan standar tipe 21 dan 36, anda dapat menjadikan rumah tersebut ladang investasi. Selain range harga yang tidak terlalu mahal, dan cenderung memiliki biaya perawatan yang lebih murah, peminat rumah tipe ini sangat banyak. Tentu saja anda dapat menyewakan atau dijadikan guest house. Selain harganya yang cenderung naik, ini merupakan peluang anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

3. Menenangkan dan relaksasi

Rumah dengan konsep minimalis mungkin bagi sebagian orang terkesan membosankan, dan terlihat begitu-begitu saja. Padahal sebenarnya desain yang tidak terlalu rumit dan terkesan simpe ini tidak akan membawa stimulus berlebihan ke otak loh. Jika anda menjadikan rumah sebagai tempat untuk merecharge energi, maka ini akan menjadikan salah satu alasan memilih rumah minimalis. Anda akan lebih tenang karena otak anda akan bekerja lebih sedikit selama berada di rumah. Well secara gak langsung desain rumah dengan konsep minimalis yang minim ornamen serta furnitur dan segala aksesorisnya membuat orang lebih mudah untuk merasa relaks selama di dalam rumah.

4. Dekorasi serta biaya perawatan lebih mudah dan murah

Yup, ini salah satu alasan memilih rumah minimalis yang biasa menjadi pertimbangan banyak orang ketika memilih rumah atau membangunnya. Konsep minimalis memang menawarkan pilihan yang lebih sederhana, simple, minim kontras atau sudut. Efeknya adalah kita akan lebih mudah untuk mendekor rumah kita. Cobalah untuk menerapkan dekorasi tempat bermain anak di rumah minimalis anda nantinya, untuk menambah suasana fun dan kekeluargaan.

Hal ini dikarenkan hampir semua unsur, desain, bentuk, serta material dapat digunakan dalam rumah dengan konsep minimalis. Anda tidak perlu juga merasa pusing memikirkan tata letak barang, karena rumah minimalis relatif lebih mudah diakali.

Lanjut ke biaya perawatan rumah, otomatis dengan luasan yang cenderung kecil serta minim dekorasi atau furnitur merawat rumah dengan konsep minimalis akan lebih mudah dibandingkan dengan tipe yang lebih rumit dan luas seperti rumah gaya inggris. Belum lagi konsep minimalis juga mendorong banyaknya bukaan (ruang terbuka) sehingga dapat menghemat biaya penerangan rumah anda. Anda juga dapat menghemat waktu dan tenaga ketika merawat rumah dengan konsep minimalis.

5. Lebih sehat

Seperti telah dijelaskan pada poin sebelumnya, bahwa rumah minimalis biasanya memiliki ruang terbuka serta ventilasi yang lebih banyak dibandngkan rumah tipe yang lain. Jendela yang biasanya memanfaatkan kaca membuat cahaya matahari leluasa memenuhi ruangan rumah anda. Selain hemat konsumsi listrik, rumah yang cenderung terbuka dan memiliki banyak akses cahaya matahari inilah yang akhirnya menjadikan rumah anda lebih sehat.

Udara di rumah anda akan mudah berganti, serta rumah akan tetap bersih dan jauh dari lembab karena cahaya dapat mudah masuk. Pemanfaatan ruang semaksimal mungkin serta furnitur yang tidak terlalu rumit dan sederhana juga dapat menjauhkan rumah anda dari debu dan kotoran.

Nah itulah tadi beberapa alasan memilih rumah minimalis yang dapat anda pertimbangkan. Anda dapat memakai konsep desain rumah minimalis thailand, denah rumah minimalis 3 kamar, atau desain dapur ala korea untuk melengkapi desain rumah minimalis anda. Yuk, mulai menabung dari sekarang, ingat bahwa tidak ada kata terlambat jika ingin memiliki rumah readers. Segera miliki rumah minimalis idaman anda secepatnya!