Sponsors Link

9 Tips Dekorasi Kamar Kost Murah Meriah Tapi Cantik

Tinggal jauh dari keluarga karena harus bekerja atau sekolah memang sudah dianggap biasa. Banyak anak muda yang mulai keluar rumah lebih dini karena harus sekolah di luar kota atau bekerja. Kepentingan ini memang tidak dapat dihindari. Tapi hal yang sangat penting adalah menemukan tempat tinggal yang nyaman dan sesuai harga. Tentu saja jawabannya adalah kos dengan beberapa tipe yang berbeda.

Dibandingkan dengan kontrakan maka jika Anda tinggal sendiri maka lebih baik untuk tinggal di kos saja. Kos biasanya ditawarkan dengan beberapa fasilitas seperti tempat tidur, lemari baju, meja belajar dan kamar mandi dalam atau luar. Semua sangat tergantung dengan harga. Ketika Anda menerima kunci kamar kos maka kamar akan terlihat sangat biasa. Tapi setelah tinggal di dalamnya Anda bisa melakukan beberapa perubahan desain kamar. Nah berikut kami berikan tips dekorasi kamar kost murah meriah tapi cantik.

1. Laci Penyimpan di Bawah Ranjang

Tips Dekorasi Kamar Kost Murah Meriah

Ketika ukuran kamar kos Anda kecil maka Anda harus berpikir cerdas. Termasuk untuk menyimpan semua barang dan membuat kamar terlihat rapi. Solusinya adalah memasang kotak penyimpan di bawah ranjang. Cara ini lebih efektif karena kotak penyimpan bisa digunakan untuk meletakkan benda-benda kecil, pakaian dan bahkan buku. Tentu saja kamar Anda menjadi lebih rapi. Sementara itu tidak ada banyak ruangan yang terpakai dan bisa digunakan untuk tempat santai dengan dekorasi karpet yang nyaman. Dekorasi kamar kost murah ini sebenarnya tidak hanya efektif tapi bisa sangat cantik sekali.

2. Foto-Foto Sebagai Hiasan Dinding

Tips Dekorasi Kamar Kost Murah Meriah

Untuk mempercantik dekorasi ruangan sebenarnya tidak perlu melakukan hal yang sulit dan rumit. Salah satu ide lainnya adalah memasang foto-foto di dinding depan meja belajar atau di samping ranjang. Tentunya sebagai anak kos maka Anda akan sering merindukan keluarga atau teman di kampung halaman. Maka susun hiasan foto yang ditempel dengan pigura buatan sendiri dari bahan kartun atau kayu tipis. Beri hiasan pada pigura dengan stiker-stiker yang lucu. Anda juga bisa memilih salah satu dari cara membuat hiasan dinding dari berbagai bahan.

3. Papan Serbaguna

Tips Dekorasi Kamar Kost Murah Meriah

Tentunya sebagai anak kos memang Anda harus menjadi sangat mandiri. Selain mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan maka ada banyak agenda atau janji pertemuan dengan teman atau rekan kerja. Nah agar tidak terlupa maka Anda bisa memasang papan serbaguna di salah satu dinding. Papan ini sebenarnya tidak hanya untuk memasang berbagai catatan penting tapi juga untuk memajang hiasan seperti foto atau benda kenangan. Akhirnya kamar Anda akan sangat rapi dan tidak ada tempelan kertas sembarangan. Tentunya ini bisa menjadi dekorasi kamar yang sangat unik dan menarik.

4. Wallpaper Satu Sisi Dinding

Tips Dekorasi Kamar Kost Murah Meriah

Agar kamar kos tidak berkesan membosankan maka Anda juga bisa memasang wallpaper pada salah satu sisi dinding. Selain lebih hemat maka ini tidak akan merusak kamar kos yang mungkin akan ditempati oleh penyewa yang lain. Jadi Anda  bisa memasang dengan model wallpaper stiker dengan motif yang Anda sukai. Kemudian beri hiasan seperti poster atau lukisan pada sisi dinding tersebut. Pasang lampu bernuansa redup di malam hari dan kamar kos Anda jadi lebih mewah. Desain interior kamar tidur  ini memang sangat unik dan nyaman.

5. Hiasan dari Origami

Tips Dekorasi Kamar Kost Murah Meriah

Dekorasi lain yang tidak kalah cantiknya adalah dengan membuat hiasan dinding atau hiasan gantung dari origami. Idenya bisa Anda ambil dari cara membuat hiasan jendela dari kertas origami namun bisa dipasang di berbagai tempat. Misalnya dengan membuat hiasan origami dengan bentuk burung. Selain mudah maka Anda bisa mendapatkan warna-warna burung yang cantik. Anda bisa menempelkan di dinding atau menyusunnya dengan benang dan gantungkan di jendela. Selain itu Anda juga bisa menggantungnya di atas tempat tidur. Selain cantik maka bisa meningkatkan motivasi Anda agar bisa terbang tinggi seperti burung demi masa depan.

6. Hiasan Dinding dari Kertas Warna

Tips Dekorasi Kamar Kost Murah Meriah

Anda masih belum puas dengan beberapa cara tersebut? Maka Anda perlu mencoba ide yang satu ini. Anda bisa membuat hiasan dari kertas warna polos yang digabung-gabungkan menjadi bentuk bunga, daun, tangkai, dan kupu-kupu. Atau bisa bentuk lain yang Anda suka dan tentu Anda bisa membuatnya.

Kemudian Anda bisa menempelnya pada dinding di depan meja belajar. Anda juga bisa memilih kertas warna yang mengkilap sehingga tampak cerah saat malam hari. Ide ini sangat sederhana tapi hiasan menjadi sangat cantik. Dijamin teman-teman Anda juga suka saat sedang main ke kost.

7. Hiasan dari Pin

Tips Dekorasi Kamar Kost Murah Meriah

Jika Anda sering mengikuti kegiatan maka bisa mencoba untuk membuat hiasan dari pin. Saat Anda mengikuti beberapa even maka biasanya mendapatkan kenang-kenangan seperti pin. Atau mungkin Anda memiliki koleksi pin, bisa dijadikan dekorasi unik di kamar kost Anda.

Idenya adalah dengan membuat kain yang dibentuk seperti kantung dan dikaitkan dengan satu kayu kecil pada bagian atas dan bawah. Kemudian tempelkan semua pin pada kain tersebut. Anda bisa menyusun sesuai tanggal acara atau warna. Lalu gantungkan pada salah satu bagian dinding misalnya dekat meja belajar.

8. Rak Buku Minimalis

Tips Dekorasi Kamar Kost Murah Meriah

Ketika Anda masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa maka tentunya memiliki banyak buku. Anda bisa mencoba untuk membuat ruang penyimpan buku agar tampak lebih nyaman. Idenya adalah memasang rak-rak minimalis pada dinding dekat meja belajar.

Rak minimalis ini bisa digunakan untuk meletakkan buku pelajaran atau berbagai benda lain. Selain menjadi lebih rapi maka kamar kos juga terlihat lebih longgar. Anda bisa memilih jenis rak sesuai dengan ukuran dan bahan sehingga sesuai juga dengan harganya. Terapkan cara menata buku di rumah agar buku dan barang-barang lainnya bisa tertata dengan rapi dan kreatif.

9. Lampu Hias

Tips Dekorasi Kamar Kost Murah Meriah

Jika Anda ingin membuat kamar kos lebih nyaman saat digunakan untuk tidur maka cobalah untuk memasang lampu hias. Saat ini banyak sekali jenis lampu hiasan yang bisa langsung dipasang atau ditempelkan. Anda bisa meletakkan dekat dengan lampu tidur atau kepala ranjang. Agar tidak polos maka letakkan foto-foto di celah lampu dan dinding. Saat malam hari maka kamar menjadi sangat cantik.

Begitulah beberapa tips dekorasi kamar kost murah meriah tapi cantik. Ada banyak sekali ide-ide yang bisa Anda coba meskipun dengan biaya yang cukup murah.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Desain