Sponsors Link

10 Tips Agar Rumah Kontrakan Cepat Laku dan Menguntungkan

Ketika Anda memiliki rumah maka ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Sebagai pemilik rumah maka Anda bisa tinggal di rumah tersebut dengan nyaman bersama dengan keluarga. Tapi jika suatu saat harus pindah ke luar kota maka Anda terpaksa harus meninggalkan rumah. Jadi sebenarnya rumah yang sudah Anda beli tidak akan merugikan Anda. Anda tidak perlu mengosongkan rumah karena rumah yang dibiarkan kosong dalam waktu lama bisa rusak.

Jadi solusinya adalah dengan mengontrakkan rumah. Langkah ini dianggap yang paling tepat karena Anda bisa mendapatkan keuntungan melimpah. Selain itu rumah juga minim kerusakan karena selalu dipelihara dan dijaga dengan baik. Lalu bagaimana agar kontrakan cepat laku? Berikut ini kamu berikan beberapa tips agar rumah kontrakan cepat laku dan menguntungkan.

1. Lengkapi Rumah dengan Teralis

Keamanan menjadi faktor yang dipertimbangkan oleh semua pencari rumah. Termasuk untuk rumah sementara seperti kontrakan. Jadi cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasang teralis untuk semua jendela rumah. Jika perlu pasang pintu pengaman di bagian pintu utama dan pintu samping. Teralis menjadi salah satu pengaman pintu rumah dan jendela yang paling tepat.

Bahkan ini mengalahkan pengaman CCTV karena dibutuhkan waktu lebih lama untuk menjebol teralis bagi penjahat. Orang yang mengontrak rumah membutuhkan faktor keamanan karena rumah biasanya akan ditinggal untuk bekerja atau beraktifitas di siang hari.

2. Fasilitas Dapur

Fasilitas dapur menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk rumah kontrakan. Termasuk untuk rumah kontrakan dengan tipe petak dan tipe yang lebih besar. Dapur yang dilengkapi dengan wastafel, tempat kompor, kitchen set, dan ruang LPG. Jika ada orang yang berminat dengan kontrakan dan melihat fasilitas dapur seperti ini maka biasanya banyak yang tertarik. Jadi pastikan dapur sudah tertata dengan baik sehingga pengguna rumah selanjutnya cukup melakukan cara menata dapur agar lebih rapi dan nyaman.

3. Fasilitas Air

Pertimbangan lain bagi para pencari kontrakan adalah fasilitas air yang tersedia. Karena itu sejak awal Anda harus mempertimbangkan untuk melengkapi dengan fasilitas air yang lengkap. Baik itu menggunakan jet pump atau fasilitas dari PAM. Hal yang lebih penting lagi adalah untuk menyediakan fasilitas tandon air. Memang fasilitas ini cukup mahal namun sangat penting untuk semua orang. Dengan adanya tandon air bahkan bisa meningkatkan harga kontrakan saat akan dikontrakan atau dijual. Jadi ini menjadi salah satu cara menjual rumah dengan cepat.

4. Fasilitas di Teras

Fasilitas teras juga ternyata sangat penting untuk semua rumah kontrakan. Beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan adalah membuat desain teras yang bisa digunakan untuk garasi kendaraan baik itu mobil atau sepeda motor. Dengan memiliki teras yang lengkap maka biasanya menarik minat pembeli rumah kontrakan. Tambahkan lagi dengan fasilitas pelindung seperti canopy atau atap galvalum. Ini sangat penting untuk melindungi area teras dari hujan dan panas. Jika sesuai dengan desain rumah maka tambahkan dengan teras rumah vintage.

5. Lengkapi dengan Pagar

Selain teralis untuk jendela dan pintu maka biasanya banyak pencari rumah yang sudah dilengkapi dengan pagar. Karena itu Anda bisa memasang pagar agar rumah menjadi lebih nyaman dan tidak berbahaya untuk penghuninya. Biasanya bentuk dan model pagar akan disesuaikan dengan jenis dan ukuran rumah. Termasuk untuk rumah petakan sederhana yang sudah dilengkapi dengan pagar tinggi. Pertimbangkan beberapa pilihan desain pagar besi hollow minimalis.

6. Lama Waktu Kontrak

Ada beberapa pertimbangan ketika Anda akan menjual kontrakan dalam bentuk sewa kontrakan saja atau menjual sepenuhnya. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah melihat lama waktu ketentuan. Jika Anda ingin mengontrakkan dengan cepat maka lebih baik mengontrakkan dalam waktu cepat seperti satu tahun. Ini lebih menguntungkan karena nilai penjualan kontrakan akan naik di tahun berikutnya. Selain itu Anda bisa memilih calon pengontrak dengan lebih baik dan kerusakan rumah juga bisa diminimalisir.

7. Eksterior dan Interior Rumah

Banyak orang yang hanya memilikirkan eksterior dan interior rumah untuk kepentingan pribadi saja. Tapi jika Anda ingin memiliki rumah kontrakan yang akan dijual maka penting untuk mempertimbangkan kedua bagian ini. Jangan sampai rumah berkesan suram dan menakutkan baik itu untuk bagian dalam dan luar. Jadi segera cat ulang dan bersihkan rumah dari kotoran apapun itu. Rumah Anda akan tampak bersih dan bisa langsung digunakan sebagai tempat tinggal. Inilah yang menentukan apakah rumah Anda cepat dijual sebagai rumah kontrakan atau tidak.

8. Pastikan Atap Rumah Aman

Kemudian Anda juga harus memastikan bahwa atap rumah aman. Atap rumah dari genting atau model atap yang lain harus sempurna. Tidak bocor dan tidak rusak sehingga memberi rasa aman untuk penghuni rumah yang akan mengontrak. Dengan cara ini maka rumah Anda pasti akan dilirik calon pembeli atau yang sedang mencari kontrakan. Jangan sampai menawarkan rumah dengan atap bocor dan pecah karena tidak aman untuk penghuni rumah.

9. Bersihkan Halaman Rumah

Anda juga harus membersihkan halaman rumah dan lingkungan rumah sekitarnya. Jangan sampai rumput dibiarkan tinggi dan berkesan angker. Jika rumah memiliki taman maka pastikan taman juga bersih. Dahan-dahan pohon yang sudah besar dan tinggi bisa dipangkas agar lebih rapi. Bunga juga diberi pupuk dan rumput di rapikan. Dengan kesan rumah seperti ini pasti rumah kontrakan Anda cepat laku.

10. Cara Penjualan

Dalam hal cara penjualan maka Anda bisa mempertimbangkan dua cara yaitu secara online atau secara pribadi. Jika Anda menjual secara online maka bisa membuat iklan sendiri dan memasukkan ke marketplace. Anda juga bisa melibatkan jasa penjualan rumah dan kontrakan. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu maka lebih baik menyerahkan urusan ini kepada jasa. Mereka yang akan mengurus semua hal dan Anda perlu memonitor.

Inilah beberapa tips agar rumah kontrakan cepat laku dan menguntungkan. Anda bisa menerapkan semua cara sehingga rumah kontrakan Anda cepat laku.

, , ,



Oleh :
Kategori : Jual Beli