Sponsors Link

8 Cara Mencuci Piring yang Benar Agar Bersih Kinclong

Setiap rumah pasti memiliki berbagai macam jenis piring dan perlengkapan dapur lain. Piring menjadi kebutuhan alat makan dasar karena itu menjadi peralatan dapur yang wajib dimiliki. Piring banyak digunakan untuk kebutuhan memasak atau untuk menyajikan makanan di atas meja makan.

Karena itu ada berbagai jenis piring yang berbeda bentuk dan ukuran. Semua jenis piring ini memiliki fungsi yang berbeda. Setelah acara makan selesai maka Anda memiliki hal yang sangat penting yaitu mencuci piring. Banyak orang yang tidak menyukai pekerjaan ini karena dianggap terlalu melelahkan dan kurang menyenangkan. Tapi dengan memiliki piring yang bersih maka dapur dan tempat penyimpanan piring Anda juga lebih sehat. Agar tidak malas lagi maka berikut kami berikan cara mencuci piring yang benar agar bersih.

1. Buang semua sisa makanan

Terkadang ketika kita makan maka masih ada sisa makanan yang ada di atas piring. Karena itu hal pertama yang harus dilakukan sebelum mulai mencuci piring adalah membersihkan dan membuang semua sisa makanan tersebut. Anda bisa membuang sisa makanan ini dikumpulkan pada satu wadah sehingga tidak mengundang penyebab kecoa datang ke rumah karena banyak sisa makanan di atas wastafel Anda. Kebiasaan ini juga sangat baik untuk menghindari piring berkerak dan sulit untuk dibersihkan dengan sabun cuci piring biasa.

2. Rendam semua perlengkapan makan

Biasanya kotoran banyak yang menempel di atas piring dan perlengkapan makan lain. Kotoran berupa lemak dan minyak biasanya paling sulit dicuci dengan cara biasa. Karena itu sebelum mencuci maka rendam semua perlengkapan makan Anda di bak khusus atau wadah khusus lain. Garpu dan sendok bisa dijadikan satu tempat, kemudian gelas atau cangkir sebaiknya direndam sendiri. Anda bisa menggunakan bahan tambahan untuk merendam perlengkapan makan ini misalnya baking soda, jeruk limau, jeruk lemon, jeruk purut, dan cuka. Semua bahan ini membantu lemak dan minyak mudah luntur serta menghilangkan bau amis. Aroma yang segar dari berbagai jenis jeruk juga menjadi cara membasmi kecoa di rumah.

3. Cuci gelas, mug dan cangkir terpisah

Kemudian setelah Anda melakukan tahap diatas maka Anda bisa mulai mencuci perlengkapan makan. Hanya saja untuk pertama kali maka sebaiknya Anda mencuci gelas, mug atau cangkir. Cara ini harus dilakukan pertama agar cangkir, mug atau gelas tidak terkena lemak dan sisa minyak dari piring yang biasanya mengandung kotoran tersebut. Tentu saja jika gelas atau cangkir terkena lemak maka biasanya sulit dihilangkan dan membuat aroma minuman berbau minyak atau lemak. Keuntungan lain adalah ketika spon digunakanuntuk mencuci gelas atau cangkir maka aroma teh atau kopi yang menempel bisa menghilangkan lemak dalam proses selanjutnya.

4. Mulai mencuci perlengkapan makan

Setelah Anda selesai mencuci semua gelas, cangkir atau mug maka sekarang waktunya untuk mencuci semua perlengkapan makan. Tahap ini termasuk untuk mencuci piring, garpu, sendok, pisau makan, mangkuk dan perlengkapan makan yang lain. Cara untuk mencuci harus dilakukan dengan tepat.

Spon untuk mencuci harus digunakan untuk menggosok semua bagian piring mulai dari bagian depan ke belakang lalu memutar. Spon harus dimasukkan ke dalam air yang sudah diberi sabun cuci piring. Pastikan spon ini bersih sehingga hasilnya piring juga bersih. Setelah itu lakukan pengeringan dan lalu masuk ke tahap cara menata peralatan dapur sesuai tempatnya.

5. Mulai mencuci perlengkapan memasak

Tahap ketiga setelah mencuci piring maka Anda perlu mencuci semua perlengkapan memasak yang telah digunakan. Sebelumnya Anda juga harus merendam semua perlengkapan memasak ini dengan bahan sabun atau jeruk sehingga bisa menghilangkan bau dan kotoran dengan cepat. Gunakan jenis spon dan kasa kawat khusus untuk noda yang membandel. Perhatikan juga untuk mencuci sesuai dengan jenis dan bahan perlengkapan memasak Anda. Misalnya untuk panci tahan panas, teflon dan jenis yang lain. Lakukan cara membersihkan panci gosong jika memang ada bagian gosong yang sulit untuk dihilangkan.

6. Menyusun piring dan perlengkapan makan setelah dicuci

Setelah Anda selesai mencuci maka biasakan untuk langsung menyusun di tempat penirisan piring dan perlengkapan makan. Langkah ini sangat penting untuk menghilangkan air yang masih ada di piring dan perlengkapan makan yang lain. Setelah itu Anda bisa mengeringkan dengan lap bersih yang lembut dan masukkan ke dalam rak piring Anda. Pastikan Anda melakukan ini sesuai dengan tahap mencuci sehingga piring, gelas dan perlengkapan makan lain tersusun dengan rapi.

7. Daftar alat mencuci piring yang lengkap

Ketika Anda akan mencuci piring maka Anda harus memastikan sudah memiliki berbagai jenis perlengkapannya. Semua perlengkapan harus diletakkan di tempat mencuci piring atau biasanya di dekat wastafel. Beberapa alat yang wajib Anda miliki seperti:

  • Spon pencuci piring atau kain khusus mikrofiber. Jenis spon ini biasanya khusus dan bentuknya mudah kembali setelah digunakan untuk mencuci piring.
  • Sikat khusus. Anda juga bisa menambahkan sikat pencuci piring atau botol yang khusus yang membuat proses menghilangkan noda membandel menjadi lebih mudah.
  • Tempat sampah khusus. Anda juga harus menyediakan tempat sampah khusus sehingga bisa membuang kotoran dan sisa makanan dengan baik tanpa harus tercecer sehingga area mencuci piring Anda juga lebih bersih dan tidak becek. Pastikan Anda juga membuat kaleng khusus untuk menampung minyak kotor.

8. Mencuci piring yang berminyak

Tentunya saat membuat aneka hidangan makanan biasanya kita sulit untuk terlepas dari minyak. Tentu tidak apa-apa jika tidak terlalu sering. Tapi masalahnya minyak sering menempel pada piring sehingga sulit sekali dibersihkan. Karena itu Anda bisa mengikuti langkah dibawah ini:

  • Guyur piring dengan air mengalir sehingga minyak bisa larut dalam air.
  • Rendam piring dengan air hangat yang sudah ditambahkan dengan baking soda, cuka, sabun khusus pencuci piring atau jeruk. Lalu biarkan selama beberapa saat.
  • Setelah itu cuci piring dengan menggunakan air sabun dan spon yang lembut sehingga minyak akan hilang. Jika masih membandel maka bilas dengan air hangat.

Itulah berbagai cara mencuci piring yang benar agar bersih. Jika Anda menerapkan langkah ini pasti piring-piring Anda jadi lebih bersih dan tidak berbau makanan.

, , ,



Oleh :
Kategori : Perawatan Dapur