Sponsors Link

30 Penyebab Kecoa Banyak di Rumah Yang Jarang Disadari

Apa yang anda pikirkan saat mendengar kata “kecoa”? Kebanyakan orang akan merasa ngeri dan jijik saat mendengar kata kecoa disebut. Kecoa memang telah lama dikenal sebagai hewan kecil pengganggu yang sering kali ikut ‘mendiami’ rumah. Ciri-Ciri Rumah Sehat dan Bersih adalah dengan bebas kecoa dan binatang lainnya.

Selain menjijikkan, kecoa juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dan alergi. Hal ini disebabkan oleh kuman dan bibit-bibit penyakit yang mereka bawa dari tempat-tempat kotor. Ini adalah mimpi buruk bagi anda yang tidak menginginkan anggota keluarga anda jatuh sakit. Banyaknya kecoa di rumah merupakan salah Ciri-Ciri Rumah Tidak Sehat.

Kecoa juga dapat beregenerasi menjadi ribuan hanya dalam waktu beberapa bulan dan akan ‘menginvasi’ rumah anda.  Jika sudah berkembang biak menjadi ribuan, Anda akan mengalami kesulitan untuk membasmi mereka.

Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk membasmi kecoa di rumah?

Cara Menjaga Kebersihan Rumah yang pertama yang harus di lakukan untuk membasi kecoa adalah dengan menggunakan obat serangga atau insektisida untuk membasmi kecoa. Namun, Hal di atas tidak spenuhnya efektif. Masih banyak kecoa yang bersembunyi dan hidup bebas di bagian rumah anda yang tidak terlihat. Dan cara seperti itu akan sangat menguras kantong anda.

Ada Cara Membasmi Kecoa di Rumah yang lebih efektif, yakni dengan mencegah datangnya kecoa-kecoa tersebut. Untuk itu, kita perlu mengetahui apa saja penyebab kecoa dapat datang ke rumah. Berikut ini adalah penyebab datangnya kecoa ke rumah beserta solusinya:

1. Pembuangan kamar mandi yang langsung mengarah ke sungai dan got. 

Seperti yang kita semua ketahui,  tempat yang paling sering digunakan oleh kecoa untuk memasuki rumah kita adalah kamar mandi. Kecoa-kecoa yang berasal dari sungai dan got yang kotor akan sangat mudah memasuki kamar mandi kita jika lubang pembuangan langsung mengarah ke sungai dan got.

Untuk menghindari datangnya kecoa di kamar mandi adalah dengan Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi dengan menggunakan Pembersih Lantai Kamar Mandi agar binatang tidak masuk ke kamar mandi. Selain itu,  Tips Membersihkan Kamar Mandi yang lainnya adalah dengan menyiasati hal ini dengan membuat saringan-saringan dan floor drain pada lubang pembuangan.

2. Lubang floor drain tidak tertutup dengan baik dan kotor.

Masih berhubungan dengan penyebab pertama. Anda sudah memasang floor drain di kamar mandi, tetapi floor drain tersebut memiliki lubang pori yang besar atau rusak atau tidak dapat tertutup rapat. Kecoa dapat memanfaatkan kerusakan ini untuk masuk ke dalam rumah. Floor drain yang kotor juga akan menimbulkan bau yang malah akan menarik kecoa untuk datang.

Periksa dan bersihkanlah lubang pembuangan dan floor drain kamar mandi secara teratur untuk menghindari hal ini.

3. Rumah yang kotor dan bau. 

Kesibukan yang padat atau rasa malas sering kali menyebabkan kita tidak membersihkan rumah. Akibatnya, rumah menjadi kotor atau bahkan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Remah-remah makanan  dan kotoran berserakan di lantai dapat mengundang kecoa ke dalam rumah.

Cara Menjaga Kebersihan Halaman Rumah adalah dengan rajin membersihkan rumah anda agar rumah anda terhindar dari kecoa. Anda dapat menyapu lantai, mengepelnya, membersihkan kabinet dapur dan lain-lain.

4. Banyak sisa makanan yang berserakan. 

Setelah makan kita kerap menunda untuk membersihkan makanan yang tersisa. Akibatnya, sisa makanan kita ada di mana-mana, seperti di dapur, di atas meja makan atau bahkan di ruang tamu. Jika kita biarkan, pada malam hari kecoa akan datang dan memanfaatkannya sebagai sumber makanan.

Sebaiknya, segera bersihkan dan buang sisa makanan anda setelah makan. Rumah yang bersih dan bebas dari kecoa adalah Ciri-Ciri Rumah Sehat yang tentunya menjadi dambaan semua orang.

5. Tidak mengecek dan membersihkan rak buku, rak baju, atau kotak-kotak penyimpanan. 

Selain membutukan makanan dan minuman, kecoa juga membutukan tempat berlindung untuk hidup. Oleh karena itu,  Kecoa memanfaatkan tempat-tempat dalam rumah kita, terutama rak buku, box, dan rak baju. Tempat-tempat seperti ini melindungi kecoa dari cahaya yang tidak mereka sukai.

Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengecek dan membersihkan tempat-tempat di atas secara rutin.

6. Anda terlalu banyak makan junk food/ makanan yang tidak sehat. 

Walaupun sebenarnya kecoa tidak pilih-pilih dengan makanan mereka dan dapat memakan apapun, penelitian membuktikan mereka enggan memakan sayuran seperti mentimun dan sayuran hijau jika tidak terpaksa. Bahkan mereka lebih memilih memakan sisa odol dan kardus daripada sayuran.

Mulai saat ini, anda bisa mencoba untuk mengurangi makanan junk food dan memakan makanan sehat sebagai gantinya. Selain untuk mengurngi kecoa, anda juga akan memiliki gaya hidup yang lebih sehat.

7. Membiarkan makanan bagi hewan peliharaan kita terbengkalai. 

Bagi anda yang punya hewan peliharaan, makanan yang kita berikan kadang-kadang tidak langsung habis. Lalu kita membiarkan makanan tersebut untuk dihabiskan oleh hewan peliharaan kita untuk beberapa lama. Kecoa akan dengan senang hati ikut memakan makanan hewan peliharaan kita. Maka, akan lebih baik jika anda tidak membiarkan makanan hewan peliharaan kita terbengkalai terlalu lama.

8. Kebiasaan sering menunda-nunda untuk mencuci piring.

Banyak orang menunda untuk mencuci piring setelah makan, terutama saat makan malam. Piring-piring ditumpuk di tempat mencuci piring untuk dicuci keesokan harinya. Walaupun tidak ada makanan yang tersisa di atas piring, piring tersebut tetap dapat menarik kecoa karena baunya.

9. Tidak mencuci kaleng atau kardus minuman sebelum dibuang. 

Di negara-negara maju, contohnya Jepang dan Korea, masyarakat dianjurkan untuk mencuci dulu kardus susu atau jus, kaleng makanan, dan kaleng minuman sebelum membuangnya ke tempat sampah. Hal ini dilakukan agar serangga tidak mendekati sampah. Mungkin Anda bisa menerapkannya juga di rumah agar kecoa tidak mendekati rumah.

10. Menyimpan makanan dalam toples atau wadah yang tidak tertutup rapat. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hal ini akan membuat kecoa datang mendekat. Sebaiknya jangan menyimpan makanan anda di wadah yang terbuka, seperti kue di atas piring. Gunakanlah toples atau wadah yang tertutup rapat.

11. Kulkas anda tidak dapat tertutup rapat. 

Jika benar kulkas anda tidak dapat tertutup dengan baik, sepertinya anda harus men-service-nya atau menggantinya dengan yang baru. Anda tentu tidak mau jika kulkas anda menjadi penyebab kecoa suka mendiami rumah, bukan?

12. Sampah yang tidak tertutup rapat. 

Apakah Anda adalah orang yang menggunakan tempat sampah terbuka di rumah? jika iya, sepertinya Anda harus mengganti tempat sampah tersebut. Kecoa sangat senang mencari makanan di tempat sampah. Selain itu, tempat sampah yang terbuka juga menarik kecoa dan lalat untuk datang. Atau jika Anda tidak mau mengganti tempat sampah anda, Anda bisa memasukkan sampah ke kantong plastik dahulu dan diikat sebelum dibuang ke tempat sampah.

13. Tidak rajin membuang sampah yang ada di rumah secara rutin. 

Setelah Anda menutup rapat tempat sampah, jangan lupa untuk membuang sampah secara rutin.  Sampah yang dibiarkan tidak terbuang dapat mengeluarkan bau tak sedap dan mengundang bibit penyakit, seperti kecoa.

14. Kompor yang kotor dan berminyak. 

Kecoa ternyata sangat menyukai benda berminyak dan mereka cenderung mendekatinya. Tempat yang paling rawan untuk masalah ini adalah kompor dan sekitarnya. Cara Membersihkan Kompor adalah dengan membersihkan secara rutin pada bagian permukaan kompor setelah anda memasak.

15. Terdapat genangan air di dalam rumah. 

Kecoa dapat hidup sebulan tanpa makanan. Tetapi, Kecoa hanya mampu bertahan hidup seminggu tanpa minum. Maka dari itu, hal yang dapat Anda lakukan adalah meminimalkan sumber air bagi kecoa.

16. Membiarkan handuk atau keset rumah yang basah. 

Masih berhubungan dengan penyebab sebelumnya, handuk atau keset yang basah juga menyediakan air bagi kecoa. Ingat, kecoa tetap bisa minum air walaupun air itu sangat kotor.

Anda bisa menggantung handuk yg basah atau menjemurnya.

17. Tidak membuang air di tempat minum hewan peliharaan saat malam hari. 

Hal ini masih berhubungan dengan persediaan minum kecoa. Buanglah sisa minuman hewan peliharaan Anda di malam hari dan keringkan tempat minumnya. Esoknya, Anda dapat mengisinya kembali.

18. Ada pipa yang bocor dalam rumah. 

Tidak ada air tergenang, Handuk dan keset basah di rumahpun tidak ada, tempat minuman hewan peliharaan pun sudah dikosongkan. Tetapi, kenapa masih ada kecoa yang berdatangan?

Anda bisa memeriksa saluran pipa di rumah anda. Mungkin ada yang bocor.

19. Jarang membersihkan basement dan garasi rumah. 

Bagian rumah yang paling sering menjadi sarang kecoa adalah garasi dan basement. Jadi, Anda bisa memulai untuk membersihkan rumah Anda dari dua tempat tersebut. Dan sebaiknya Anda lakukan dengan rutin.

20. Peletakan furniture yang tidak tepat. 

Peletakan barang yang tidak tepat bisa menyebabkan adanya celah-celah di antara barang. Celah ini biasanya sulit dijangkau, gelap, lembap, dan tsntunya sangat cocok untuk menjadi sarang dari para kecoa.

21. Sistem ventilasi rumah yang buruk. 

Sistem Ventilasi yang buruk mengakibatkan rumah menjadi lembap. Suhu di dalam rumah pun cenderung hangat. Dua kondisi ini sangat disukai oleh kecoa untuk dijadikan tempat berkembang biak. Sistem ventilasi yang buruk juga tidak baik untuk pernapasan.

22. Sistem pencahayaan rumah yang buruk. 

Hampir semua orang tahu bahwa kecoa menyukai tempat gelap.  Tempat gelap dapat menyamarkan keberadaan mereka. Maka, aturlah sedemikian rupa agar cahaya dapat masuk dengan baik ke kediaman Anda.

23. Keadaan rumah lembab dan gelap. 

Hal ini berhubungan dengan dua penyebab sebelumnya. Cara Mengatasi Rumah Lembab dan Berjamur adalah dengan mengatur sistem ventilasi dan pencahayaan rumah Anda.

24. Tidak memeriksa box yang keluar-masuk rumah. 

Box yang dipindahkan ke dalam atau ke luar rumah kita seringkali menjadi akses bagi kecoa untuk berpindah. Tidak ada salahnya jika Anda melihat dan mengecek setiap box yang keluar masuk.

25. Adanya akses yang mudah bagi kecoa untuk memasuki rumah. 

Akses yang mudah ini dapat berarti banyak hal. Mulai dari tempat pembuangan di kamar mandi, pintu dapur yang sering terbuka, box yang ke luar masuk rumah, atau mungkin Anda sendiri.

26. Kebiasaan menumpuk-numpuk barang. 

Benda yang menumpuk-numpuk adalah rumah yang paling ideal bagi kecoa. Benda-Benda tersebut dapat berupa buku, kardus, baju dan lain-lain. Usahakanlah untuk menata barang-barang anda dengan rapi.

27. Membiarkan kecoa berkeliaran karena menganggapnya masih sedikit. 

Jangan menganggap enteng satu kecoa yang berkeliaran di rumah. Satu kecoa tersebut dapat menelurkan ribuan kecoa lain. Selain itu, kecoa dapat mengeluarkan feromon. Feromon ini akan menarik kecoa yang lain untuk datang.

Segeralah ambil tindakan sebelum kecoa-kecoa tersebut berkoloni di rumah anda.

28. Puas setelah tidak melihat kecoa dalam rumah, padahal masih ada telur-telur kecoa. 

Telur-telur kecoa sangat sulit dihilangkan. Letak mereka biasanya tersembunyi. Tapi jika Anda menemukannya, Anda dapat menyiramnya dengan air panas untuk membunuh mereka.

29. Tertipu oleh kecoa yang melakukan ‘play death‘ 

Kecoa suka berpura-pura mati saat Anda berusaha membunuhnya. Tapi ingat, itu hanya pura-pura. Jangan sampai Anda terkecoh dan membiarkan kecoa itu tetap berkeliaran di rumah anda.

30. Kecoa telah kebal dengan obat kimia pembasmi serangga. 

Kecoa dapat membangun kekebalan terhadap insektisida jika mereka sudah terpapar berkali-kali. Hal ini dapat menyebabkan kecoa tetap datang ke rumah walaupun kita telah memasang obat anti serangga.

Sekian penyebab datangnya kecoa yang berhasil kami rangkum. Semoga bermanfaat.

, ,



Oleh :
Kategori : PEST