Sponsors Link

8 Jenis Piring dan Fungsinya untuk Penyajian Berbagai Makanan

Piring menjadi salah satu peralatan dapur yang wajib dimiliki. Setiap rumah pasti memiliki piring meskipun itu hanya piring dasar untuk makan. Namun pada dasarnya piring dibuat dengan berbagai jenis dan macam ukuran yang berbeda. Piring sebenarnya memiliki fungsi dan manfaat sendiri termasuk dari segi bentuk dan ukuran.

Biasanya perlengkapan piring ini dijual dalam satu set sehingga Anda bisa membeli untuk kebutuhan makan. Misalnya untuk dua, tiga, empat, lima dan jumlah yang lain sesuai kebutuhan orang yang akan ikut makan. Kemudian piring disusun sedemikian rupa di atas meja makan. Jika Anda melihat perjamuan makan, nah berbagai piring bisa Anda kenali dengan berbagai fungsi yang berbeda. Agar tidak bingung maka berikut kami berikan ulasan mengenai jenis piring dan fungsinya untuk penyajian berbagai makanan.

1. Saucer

Piring saucer adalah jenis piring kecil yang biasanya hanya berukuran 3 sampai 5 inchi saja. Pada bagian atas piring maka dibentuk lekukan ke dalam yang berguna untuk menempatkan cangkir atau gelas. Biasanya model piring ini digunakan untuk menyajikan segelas atau secangkir minuman seperti kopi, teh, susu dan minuman lain.

Namun hal yang sangat khas dari piring ini adalah untuk menyajikan minuman hangat secara formal atau semi resmi. Tapi banyak masyarakat yang terbiasa menggunakan piring ini untuk menempatkan snack atau makanan ringan yang kecil, misalnya sepotong kue. Jika Anda memiliki koleksi ini maka lakukan cara menata peralatan dapur sehingga tampak rapi.

2. Piring appetizer

Satu tingkat diatas saucer maka kita bisa menemukan piring appetizer. Jenis piring ini biasanya memiliki ukuran kurang lebih 4 sampai 9 inchi. Fungsi dari piring ini adalah untuk menghidangkan berbagai jenis makanan yang ukuran porsinya tidak terlalu banyak.

Misalnya saja untuk menghidangkan salad atau berbagai jenis menu pembuka makanan. Piring appetizer yang berkualitas biasanya terbuat dari melamin, karena kualitasnya yang baik dan tahan terhadap panas. Bentuk dan hiasan piring melamin juga dianggap sangat sopan untuk acara makan resmi.

Bentuk dari piring appetizer ternyata juga sangat beragam seperti kotak, persegi, bulat dengan bagian yang melengkung. Berbagai bentuk ini sangat sesuai untuk menyajikan makanan dengan ukuran porsi yang tidak terlalu besar. Misalnya saja untuk acara minum teh bersama di sore hari atau minum kopi di pagi hari. Deretan piring appetizer juga sering digunakan untuk hiasan interior rumah makan minimalis.

3. Piring untuk bread dan butter

Lalu lain lagi dengan piring yang digunakan untuk roti dan butter atau dikenal dengan istilah bread and butter plate. Nah ini sesuai dengan namanya karena piring memang digunakan untuk menyajikan berbagai jenis roti dan pelengkapnya seperti mentega, selai atau bahan lainnya. Ukuran piring biasanya hanya 5 sampai 6 inchi. Dalam penyajiannya biasanya dilengkapi dengan pisau kecil untuk mengolesi roti dengan mentega atau butter.

Piring biasanya paling sering digunakan untuk menyajikan makan pagi seperti saat sarapan. Hanya saja ketika digunakan untuk acara resmi maka piring sudah harus diangkat saat sebelum makanan penutup disajikan di atas meja. Kemudian jika digunakan untuk di rumah maka segera harus diangkat dari meja makan karena bisa menjadi penyebab banyak semut di rumah.

4. Piring Soup

Piring soup atau soup plate menjadi jenis piring yang paling banyak digunakan. Model piring ini memiliki bentuk cekungan yang lebih dalam sampai ke bagian dasar piring.

Fungsi piring ini untuk menghidangkan berbagai jenis makanan yang memiliki kuah seperti sup dan semua jenis makanan yang mengandung kuah. Ukuran dari soup plate antara 4 sampai 7 inchi. Bagian tepi piring biasanya lebih lebar sehingga menunjukkan bahwa piring ini untuk makanan berkuah. Piring ini biasanya digunakan untuk acara makan yang resmi dan diletakkan dengan posisi yang paling sesuai.

5. Platter plate

Platter plate menjadi jenis piring yang paling umum dimiliki oleh semua orang. Piring memiliki bentuk yang lebih besar karena sesuai dengan fungsinya untuk meletakkan berbagai jenis makanan dengan jumlah yang banyak. Model piring ini juga sering digunakan oleh restoran atau kafe untuk menyajikan berbagai jenis lauk.

Posisi piring biasanya terletak di bagian tengah meja dan terpisah dengan nasi. Untuk model atau bentuk dari platter plate biasanya sangat beragam mulai dari bentuk oval, bulat, kotak dan desain yang lebih menarik menyerupai daun atau model yang lain. Jenis piring ini juga bisa disajikan dalam tata cara menata meja makan secara tradisional dan modern.

6. Piring oval

Piring oval adalah jenis piring yang memiliki bentuk oval baik itu dengan ukuran yang memanjang atau lebih datar. Piring ini biasanya banyak digunakan untuk tempat daging, ikan dan sayuran. Namun ketika direstoran maka piring ini paling banyak digunakan untuk menghidangkan ikan. Terkadang dalam beberapa acara model piring ini juga disebut dengan fish plate.

7. Couple plate

Couple plate adalah jenis piring yang juga digunakan untuk acara makan sehari-hari baik itu acara makan yang formal atau tidak formal. Piring biasanya digunakan untuk menyajikan makanan utama.

Bentuk piring biasanya lebih datar dan lekukan ke atas pada bagian tepi ujung piring. Model piring ini juga tampak  lebih elegan sehingga biasanya banyak digunakan oleh restoran.

8. Dinner plate

Dinner plate juga termasuk jenis piring yang sangat umum. Hampir semua rumah biasanya memiliki dinner plate yang digunakan untuk acara makan sehari-hari. Bentuk piring ini biasanya oval atau bulat. Ukuran diameter biasanya antara 8 sampai 12 inchi.

Itulah berbagai jenis piring dan fungsinya untuk penyajian berbagai makanan. Karena itu saat menyajikan makanan maka jangan lupa memperhatikan piring-piring yang digunakan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Perabot