Sponsors Link

10 Cara Membersihkan Bunga Es di Kulkas Paling Aman

Bunga es adalah salah satu hasil dari uap air yang membeku pada kulkas. Akibatnya bunga es akan menumpuk pada bagian freezer dan ruang dibawahnya. Jika sudah seperti ini maka Anda tidak dapat menggunakan freezer sesuai dengan kapasitasnya. Anda juga tidak bisa menggunakan kulkas dengan baik karena biasanya kulkas menjadi kurang dingin dan juga menyebabkan timbulnya bau makanan atau minuman dari kulkas.

ads

Jika ada banyak bunga es maka makanan dan minuman yang sudah disimpan dalam kulkas akan mudah rusak dan membusuk. Bunga es akan menyebabkan sumbatan pada selang yang sebenarnya penting untuk mengeluarkan udara dingin. Jadi ketika bagian ini tersumbat maka udara dingin yang dikeluarkan kulkas menjadi tidak maksimal sampai makanan atau minuman yang disimpan mudah membusuk. Karena itu salah satu cara merawat kulkas yang rutin adalah dengan membersihkan bunga es. Berikut ini cara membersihkan bunga es di kulkas paling aman.

1. Kosongkan freezer

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengosongkan freezer dari semua makanan dan minuman. Jika ada makanan atau minuman yang terendam atau menjadi beku dengan bunga es maka lakukan beberapa saat lagi sampai bisa terlepas sendiri. Jangan memaksakan bunga es lepas dari makanan atau minuman tersebut karena bisa merusak kulkas. Kemudian lepaskan tatakan dan rak pada kulkas jika bagian tersebut juga dipenuhi dengan bunga es. Selain membersihkan bunga es ini juga menjadi cara membersihkan kulkas.

2. Putar suhu terendah kulkas

Setelah semua isi kulkas dan freezer dikeluarkan maka cobalah untuk memutar pengatur suhu kulkas sampai titik terendah. Dengan cara ini maka tidak ada udara dingin yang mengalir melalui selang sehingga bunga es akan mencair sendiri. Proses ini bisa berlangsung hanya beberapa jam saja kemudian cairan dari bunga es akan menumpuk pada tatakan dibawah kulkas. Namun jika bunga es sangat banyak dan isi kulkas masih penuh maka bisa membutuhkan waktu yang lebih lama.

3. Matikan kulkas

Jika isi kulkas Anda tidak terlalu banyak dan ingin menghemat listrik maka Anda bisa mematikan kulkas dari aliran listrik. Cara ini akan membuat bunga es lebih cepat mencair sehingga prosesnya juga akan lebih mudah. Namun jika masih banyak isi kulkas sebaiknya menghindari cara ini agar bahan-bahan makanan dan minuman tetap bisa digunakan dan tidak rusak. Tapi juga disarankan untuk tidak terlalu sering melakukan langkah ini karena bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala.

4. Buka pintu kulkas

Ketika Anda sudah memutar suhu kulkas ke suhu yang terendah maka cobalah untuk membuka pintu kulkasnya. Cara ini akan membantu proses pencairan bunga es karena ada suhu panas dari udara sekitar kulkas. Tapi jika Anda mematikan kulkas maka langkah ini tidak perlu dilakukan atau hanya sesekali saja.

5. Tarik selang pembuangan

Salah satu cara membersihkan freezer adalah dengan membuang bunga es secara teratur. Terlebih jika Anda selalu menggunakan kulkas untuk membekukan makanan dan minuman. Setelah Anda melakukan beberapa langkah diatas maka cobalah untuk menarik selang pembuangan. Cara ini akan membantu mengalirkan cairan dari bunga es yang sudah mencair. Atau jika Anda tidak ingin membuat lantai sekitar kulkas basah maka coba tampung air dari selang pembuangan ke ember sehingga lantai tidak licin.

6. Letakkan kain hangat pada kulkas

Agar bunga es lebih cepat mencair maka Anda juga bisa meletakkan handuk hangat ke dalam kulkas. Cara ini akan membuat proses pencairan bunga es terlepas dari kulkas namun masih dalam bentuk bongkahan-bongkahan es. Kemudian Anda bisa mengambil bongkahan tersebut sebelum mencair. Ini akan membantu bunga es mencair dengan cepat tapi air tidak keluar kemana-mana.

7. Bersihkan dinding freezer

Setelah Anda melakukan beberapa langkah tersebut maka biasanya kotoran kulkas akan menempel pada dinding freezer. Saat proses pencairan bunga es maka usahakan juga untuk membersihkan bagian ini. Caranya adalah dengan mengelap bagian dinding freezer dengan lap kering yang bersih. Ini akan mengangkat semua kotoran sehingga kulkas menjadi bersih. Usahakan Anda menggunakan lap yang tebal seperti handuk khusus yang sudah bersih. Kebiasaan ini jika dilakukan terus menerus akan mencegah kerusakan sehingga Anda tidak perlu melakukan cara memperbaiki kulkas tidak dingin.


8. Hindari merusak bunga es dengan benda tajam

Ketika bunga es sudah terbentuk dalam jumlah yang sangat banyak maka memang membutuhkan waktu untuk mencairkan bunga es. Anda harus bersabar dengan prosesnya sampai selesai sehingga kulkas tidak akan rusak. Hindari menggunakan benda tajam untuk merusak atau melepas bunga es. Jika Anda melakukan itu maka bisa merusak evaporator. Ketika evaporator sudah rusak maka kulkas tidak akan menghasilkan suhu dingin sehingga kulkas tidak bisa digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman.

9. Hidupkan fitur pencair bunga es

Beberapa kulkas memang sudah dilengkapi dengan fitur pencair bunga es. Jika kulkas Anda memang sudah dilengkapi dengan fitur ini maka Anda cukup menghidupkannya sampai bunga es mencair semua dan proses selesai.

10. Jika bunga es sulit mencair

Beberapa bunga es yang sudah sangat beku memang sulit mencair dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencair. Jika begitu maka Anda bisa mencoba beberapa langkah seperti:

  • Masukkan baskom kecil berisi air panas pada bagian bawah kulkas. Dengan cara ini maka uap panas akan membantu suhu hangat di freezer lebih cepat tercapai. Kemudian tutup kulkas dan sebaiknya proses ini dilakukan kulkas dalam keadaan mati.
  • Gunakan spatula yang lentur untuk mengeruk bunga es yang sudah sedikit mencair. Ketika Anda sudah menurunkan suhu kulkas maka bunga es akan mencair namun sebelumnya biasanya masih berbentuk es yang kecil. Untuk itu Anda bisa mengeruk bunga es yang sudah mengecil sehingga proses cepat selesai. Dan jangan menggunakan benda tajam untuk mengeruk bunga es.

Itulah beberapa cara membersihkan bunga es di kulkas paling aman. Anda bisa mengikuti sesuai dengan jenis kulkas Anda sehingga proses ini tidak akan merusak kulkas Anda.

, ,



Oleh :
Kategori : Elektronik