Sponsors Link

9 Cara Membersihkan Kulkas Dua Pintu Yang Berbau Dengan Mudah

Cara Membersihkan Kulkas harus anda amati dengan benar agar kulkas anda tetap bersih dan tidak berbau. Salah satu hal yang sering terlupa saat membersihkan area dapur adalah membersihkan kulkas. Iya tidak? Terkadang melihat isi kulkas yang begitu penuh sesak, belum lagi sisa tumpahan kecap yang lengket membuat Anda malas untuk membersihkannya.

Kesal juga rasanya, bila dinding kulkas Anda nampak kotor karena tangan anak – anak yang mengambil makanan dari dalam kulkas dalam keadaan belepotan. Yang paling bikin males adalah ketika ada susu kental manis yang secara tidak sengaja tumpah hingga bagian bawah kulkas. Memang bila dibayangkan  membersihkan kotoran tersebut pasti terasa berat dan membutuhkan waktu lama. Akan tetapi sebenarnya membersihkan kulkas tidak butuh waktu lama dan tidak repot seperti yang Anda bayangkan.

Cara Membersihkan Kulkas

cara membersihkan kulkasKulkas sebagai tempat penyimpan utama makanan harus dibersihkan secara rutin. Mengapa? Sebab makanan yang disimpan dalam kulkas yang kotor akan terkena bakteri dan jamur. Jika Anda membaca cara mengatasi dinding lembab dan berjamur, dijamin dinding rumah akan bersih. Namun bila dinding kulkas Anda yang kotor, maka ikuti beberapa tips dari kami.

Bila Anda mengkonsumsi makanan dari kulkas yang mengandung bakteri dan jamur otomatis akan ikut tercerna dalam perut Anda dan menimbulkan penyakit. Tak sedikit orang terkena serangan pencernaan karena masalah ini loh. Untuk itu rawat dan bersihkan kulkas anda secara berkala dan dengan cara yang tepat ya. Yuk baca artikel tentang tips merawat peralatan rumah tangga.

Sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk membersihkan kulkas? Waktu yang tepat adalah sebelum Anda memasukkan barang belanjaan baik di tiap minggu sekali atau dua minggu sekali. Tergantung berapa kali Anda belanja dalam seminggu. Kenapa? Karena memasukkan sayuran fresh atau makanan dalam kulkas yang sudah bersih akan menjaga sayuran itu tetap fresh dan tidak terkena bakteri. Masak sih, Anda memasukkan sayuran yang baru dibeli dalam kulkas yang penuh kotoran? Untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga, yuk bersihkan kulkas dengan cara yang tepat!

Jangan khawatir ya untuk mengatasi masalah diatas, Anda bisa mempraktekkan tips membersihkan kulkas disini. Berikut ini adalah langkah mudah dan murah untuk membersihkan kulkas secara maksimal. Nah, sekarang ikuti langkah – langkah berikut ini untuk hasil kebersihan maksimal:

1.Matikan Kulkas Terlebih Dahulu

Bila kulkas terlihat kotor sekali, sehingga Anda perlu mengeluarkan rak dan lacinya, maka sangat dianjurkan agar memutus aliran listrik pada kulkas untuk sementara waktu. Selain itu, agar lebih hemat energi, mencabut kulkas dari aliran listrik juga sangat direkomendasikan. Tapi bila kulkas tidak terlihat kotor, dan Anda hanya membersihkan bagian tertentu maka tidak perlu mematikan kulkas.

2. Keluarkan Semua Isi Kulkas

Selanjutnya adalah keluarkan semua isi kulkas. Buang barang – barang yang sudah kedaluwarsa, makanan yang tak layak untuk dikonsumsi dan sayuran yang sudah membusuk. Biasanya Anda lupa kapan menaruh kecap, saus dan bumbu lainnya, sehingga di tahap ini, Anda bisa sekalian mengecek tanggal expired-nya. Bila masih ada makanan yang tersimpan baik dan masih layak makan, gantilah dengan plastik atau tempat penyimpanan baru, biar makanan tetap terjaga kebersihannya dan tidak terkena jamur. Mengeluarkan isi kulkas wajib dilakukan agar Anda bisa membersihkannya dengan leluasa hingga di pojok bagiannya.

3. Copot Rak & Laci

Copotlah rak dan laci yang memungkinkan untuk dilepas. Bila ada kotoran membandel seperti bekas kecap atau tumpahan susu kental manis, hilangkan bagian ini terlebih dahulu sampai bersih. Rendam rak dan laci dalam air hangat di bak yang sudah berisi cairan sabun. Atau cucilah langsung di tempat pencucian piring dengan sponge atau kain halus. Jangan pilih kain yang kasar ya, sebab tekstur kainnya akan merusak permukaan pada rak dan laci. Bila tempat cuci piring Anda sempit, bisa melakukan pencucian ini di luar dapur.Lalu biarkan rak dan laci mengering, atau bila Anda ingin cepat kering gunakan kanibo khusus.

4. Bersihkan Bagian Dalam Kulkas

Sekarang bersihkan bagian dalam kulkas menggunakan kain halus ataupun spon yang tidak meresap air. Anda bisa cek juga cara membersihkan dinding kamar mandi. Cucilah kain dengan sabun dan peras hingga setengah basah, kemudian lap setiap bagian kulkasnya. Bila kain sudah terlihat kotor, cucilah sampai bersih. Lakukan ini berulang – ulang hingga bagian dalam kulkas bersih tidak ada noda bekas kecap tumpah atau cairan jus yang tumpah. Untuk bagian cela – cela yang sulit di jangkau jari tangan, Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkannya. Baca juga tips membersihkan kamar mandi, bila Anda kesulitan membersihkan kamar mandi.

5. Kembalikan Rak & Laci

Jika bagian dalam sudah bersih, kembalikan lagi rak dan laci yang sudah kering. Tempatkan rak dan laci sesuai letaknya dengan hati – hati. Terkadang bila tidak hati – hati, akan terjadi pemaksaan dalam penempatannya sehingga menimbulkan keretakan pada permukaan rak ataupun laci.

6. Nyalakan Kulkas

Nah, ketika rak dan laci sudah dikembalikan di tempat semula, kini kulkas siap untuk diisi kembali. Tapi bila Anda tidak mematikan kulkas sebelumnya, Anda tidak perlu menyalakan kulkas kembali.

7. Bersihkan Botol dan Tempat Penyimpan Makanan

Sebelum memasukkan isi kulkas, bersihkan dulu bagian botol dan tempat penyimpan makanan lainnya. Cek artikel cara membersihkan lantai kamar mandi juga. Lap menggunakan kain halus yang sudah dicuci bersih ya. Terkadang noda sisa saus, selai, madu, dan lain-lain yang menempel di bagian botolnya justru akan menambah kesan kotor di kulkas Anda. So, lap bagian botolnya dengan telaten. Dan pastikan bahwa tutup botol sirup atau kecap asinnya sudah rapat, agar tidak tumpah lain kali.

8. Masukkan Semua Isi Kulkas

Masukkan kembali barang – barang yang sudah dikeluarkan dengan rapi. Kelompokkan semua isi sesuai dengan jenisnya dan tata dengan rapi agar Anda tidak kesulitan untuk mengambil barang ketika dibutuhkan nantinya. Nah, di tahap ini Anda juga memasukkan barang belanjaan yang baru dibeli dari supermarket ataupun pasar. Apabila Anda kesusahan untuk menata ruangan, bisa cek artikel cara menata ruangan rumah.

9. Bersihkan Bagian Luar

Langkah terakhir adalah membersihkan bagian luar kulkas. Bersihkan dinding permukaannya menggunakan kain halus atau spon yang sudah dicuci bersih dengan sabun. Yuk simak artikel cara membuat hiasan dinding dari ketas. Apabila permukaan luar terbuat dari bahan stainless steel, maka tambahkan sedikit cuka dalam cairan untuk membersihkannya. Untuk membersihkan barang dapur lainnya, silahkan cek cara membersihkan peralatan dapur dari stainless steel. Tapi jika permukannya terbuat dari bahan enameled steel, cukup gunakan lap kain biasa. Atau bila mempunyai cairan pembersih serbaguna, Anda bisa memanfaatkannya. Jangan lupa membersihkan bagian pegangan pintunya ya, bagian ini biasanya sering terlupakan dalam proses pembersihannya. Jaga permukaan kulkas agar nampak selalu bersih dan mengkilat.

Demikian 9 Cara Membersihkan Kulkas dengan mudah dan murah. Untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga, jagalah agar kulkas selalu dalam keadaan bersih ya. Selain itu, melihat kulkas dalam keadaan bersih dan mengkilap adalah kepuasan tersendiri bagi seorang Ibu rumah tangga, bukan? Apabila setelah beberapa hari kulkas Anda nampak kotor karena debu, coba baca cara membersihkan debu. Agar rumah Anda juga nampak bersih, tak ada salahnya ikuti cara menjaga kebersihan halaman rumah. Nantikan artikel kami selanjutnya tentang perawatan untuk membersihkan rumah. Share artikel ini & bagikan langkah yang bermanfaat ini ke orang lain!

, , , , , , , ,



Oleh :
Kategori : Kebersihan