Sponsors Link

10 Penyebab Bunga Es pada Kulkas 2 Pintu yang Paling Sering Terjadi

Saat ini benda elektronik seperti kulkas memang menjadi kebutuhan penting untuk semua rumah. Kulkas akan digunakan untuk menyimpan berbagai bahan makanan dan minuman sehingga bisa bertahan lebih lama. Kulkas juga akan melindungi sayuran atau buah sehingga bisa disimpan lebih lama lagi. Pada dasarnya ada beberapa pilihan kulkas yaitu kulkas sederhana 1 pintu, kulkas 2 pintu dan kulkas yang lengkap dengan 4 pintu.

ads

Apapun jenis kulkas yang Anda pilih maka hal penting yang harus diperhatikan adalah bagian freezer atau pembeku pada kulkas. Pada kulkas dua pintu biasanya freezer terletak pada bagian atas atau pintu atas. Jika Anda melakukan cara merawat kulkas maka kulkas tidak akan mudah rusak. Namun ada masalah umum pada kulkas 2 pintu yaitu mudahnya terbentuk bunga es pada freezer. Untuk memahami masalah tersebut, berikut ini uraian tentang penyebab bunga es pada kulkas 2 pintu paling sering.

  • Fan blower rusak

Kerusakan yang sangat umum untuk kulkas 2 pintu adalah kerusakan pada bagian fan blower. Kerusakan ini akan menyebabkan fan tidak bekerja dengan normal sehingga sirkulasi udara dalam kulkas menjadi sangat buruk. Sementara itu fan yang normal akan bekerja untuk menghisap udara dengan suhu yang rendah pada bagian evaporator atau sekitarnya, kemudian udara akan dihembuskan ke dalam freezer. Jika fan rusak maka temperatur udara pada evaporator juga akan semakin rendah sehingga bunga es sangat mudah terbentuk. Jika sudah seperti ini maka sebaiknya segera dibawa ke jasa servis kulkas sesuai merek kulkas Anda. Selain itu perhatikan dengan cara membersihkan kulkas sehingga kulkas tidak mudah rusak pada bagian fan blower.

  • Timer rusak

Timer pada kulkas sebenarnya bisa bekerja secara otomatis sehingga bisa mencegah proses pembentukan bunga es yang terlalu cepat. Tapi ketika timer rusak sehingga tidak bisa berfungsi normal maka bunga es akan terbentuk dengan cepat. Terlebih untuk model kulkas 2 pintu yang sebenarnya memiliki pengaturan timer sehingga tidak mudah ada bunga es. Ketika timer rusak maka akan membuat proses fungsi kompresor dan defrost heater berjalan tidak seimbang. Dampaknya dalam waktu singkat akan terbentuk bunga es dan biasanya kulkas tidak dingin sehingga membutuhkan cara memperbaiki kulkas tidak dingin.

  • Kerusakan pada defrost heater

Pada kulkas 2 pintu juga memiliki pengaturan defrost otomatis melalui defrost heater. Ini adalah alat yang sangat penting pada kulkas 2 pintu karena bisa menjaga proses pencairan bunga es pada bagian evaporator. Sebenarnya defrost heater bekerja dengan cara menjadikan energi listrik menjadi panas kemudian membuat temperatur pada evaporator nak dan bunga es mencair sendiri. Ketika bagian defrost heater tidak bekerja maka bunga es akan terus menumpuk dan menyebabkan sirkulasi udara pada kulkas terganggu. Ini juga yang akan menyebabkan sisi pintu kulkas menjadi sangat panas. Jadi sebaiknya perhatikan cara membersihkan freezer pada kulkas 2 pintu sehingga defrost heater tidak mudah rusak.

  • Defrost Thermostat sudah putus

Selain kerusakan pada bagian defrost heater maka masalah deforst thermostat juga bisa putus. Ketika bagian ini putus maka heater tidak akan bekerja dengan normal dan proses pembentukan bunga es menjadi sangat cepat. Sementara itu bagian defrost thermostat sendiri juga bisa mendeteksi penumpukan bunga es. Sehingga bisa dibayangkan jika bagian ini rusak maka bunga es akan mudah terbentuk.

  • Kerusakan bergantian pada control heater dan compressore.

Salah satu penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala adalah adanya masalah kerusakan yang terus bergantian pada bagian control heater dan compressore. Kedua alat ini sangat penting untuk membuat kulkas bisa melakukan defrost sendiri untuk mencairan bunga es yang terbentuk pada kulkas. Jadi waspadai dengan kerusakan ini.

  • Pintu kulkas tidak menutup rapat

Ketika Anda tidak menutup kulkas dengan rapat maka udara panas akan masuk ke dalam kulkas. Ternyata proses pertemuan udara panas dan dingin pada kulkas akan menyebabkan titik air dari kulkas membeku dan kemudian muncul menjadi bunga es. Terkadang kebiasaan ini juga membuat kulkas menjadi tidak dingin. Karena itu ketika karet pada pintu kulkas sudah rusak maka pintu menjadi tidak rapat dan membuat bunga es mudah terbentuk.


  • Memasukkan suhu panas pada freezer

Kebiasaan memasukkan makanan atau minuman yang masih panas atau hangat pada freezer juga akan menyebabkan terbentuknya bunga es yang berlebihan. Hal ini karena udara panas dari makanan atau minuman tersebut akan bercampur dengan udara suhu rendah dari kulkas. Dampaknya akan membuat proses pembentukan titik air yang kemudian menjadi bunga es menjadi lebih banyak.

  • Ada sumbatan pada inlet atau outlet

Ketika terdapat sumbatan pada inlet atau outlet maka bisa membuat proses pembentukan bunga es menjadi sangat banyak. Hal ini karena ruang yang seharusnya digunakan untuk proses sirkulasi udara justru tertutup. Akhirnya pada salah satu ruangan dekat dengan inlet dan outlet akan tidak berfungsi dengan baik sampai menyebabkan proses pembekuan titik air pada kulkas menjadi lebih cepat.

  • Freezer penuh

Menyimpan banyak makanan atau minuman pada freezer juga akan menyebabkan pembentukan bunga es yang sangat cepat. Hal ini karena sirkulasi udara pada ruang atas atau bagian freezer dan bagian bawah tidak berjalan dengan lancar. Semua titik udara yang berubah menjadi titik air menumpuk menjadi satu lalu membeku dan menjadi bunga es.

  • Kulkas jarang dibersihkan

Ketika kulkas jarang dibersihkan maka terdapat banyak kotoran pada saluran pembuangan air. Kotoran berupa cairan, benda padat atau darah dari daging akan membuat bagian saluran pembuangan air tersumbat. Kemudian kotoran yang menumpuk ini akan masuk ke dalam saluran pembuangan. Inilah yang menyebabkan bunga es juga mudah terbentuk.

Itulah beberapa penyebab bunga es pada kulkas 2 pintu paling sering. Jika Anda tidak ingin mengalami kejadian ini maka rawat kulkas dengan baik dan selalu menjaga kebersihan kulkas.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Elektronik