Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Bau Septic Tank di Rumah

Rumah seharusnya aman dan nyaman untuk ditinggali seperti yang dijelaskan pada kriteria rumah sehat pada umumnya. Namun apa jadinya jika rumah yang kita huni tidak nyaman karena bau septic tank yang mengganggu. Septic tank memang tempat menampung limbah manusia, namun septik tank harusnya tidak terlalu bau apalagi sampai menyengat dan mengganggu penghuni rumah.

Jika anda menemukan adanya bau yang berlebihan pada septic tank anda berarti ada masalah yang harus diselesaikan pada septic tank tersebut. Jika tidak segera diurus maka dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada penghuni rumah. Banyak sekali hal-hal yang mempengaruhi bau pada septic tank, mulai dari hal sederhana sampai hal yang kompleks. Solusi penyelesaian masalahnya juga demikian, ada yang dapat dikerjakan sendiri oleh pemilik rumah dan ada juga yang harus dikerjakan oleh teknisi profesional dibidangnya. Untuk lebih jelas tentang cara mengatasi bau septic tank di rumah, berikut penjelasannya:

1. Periksa ventilasi

Septic tank yang baik harus memiliki ventilasi yang berfungsi mengeluarkan gas yang dihasilkan dari proses penguraian limbah tinja. Ventilasi harus dibuat dalam ukuran yang cukup agar gas dapat keluar sempurna. Gas yang terbentuk dari penguraian limbah harus dibuang ke luar septic tank melalui ventilasi. Jika gas mengendap di dalam maka akan menyebabkan ledakan gas akibat akumalasi gas yang terlalu banyak. Ledakan gas biasanya terjadi karena banyaknya gas yang terperangkap dalam septic tank karena tidak ada ventilasi, kumpulan gas dalam jumlah besar akan menyebabkan ledakan septic tank. Untuk itulah pentingnya membuat ventilasi pada septic tank agar gas dapat keluar bebas.

Selain itu penumpukan gas yang terlalu banyak dalam septic tank akan menyebabkan penguapan bau yang keluar biasa sampai kedalam ruangan. Untuk mencegah hal ini maka periksalah ventilasi septic tank anda, jika ukuran terlalu kecil maka mintalah tukang untuk memperbaikinya. Mintalah tukang untuk membuat ventilasi septic tank sesuai kebutuhan agar tidak menimbulkan bau. Terkadang bau menyengat seperti ini sangat mengganggu oleh karena itu perlu ada tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah di rumah anda untuk mengurangi bau sekaligus mengurangi paparan sinar matahari secara langsung.

2. Periksa Septic tank

Septic tank dalam keadaan penuh merupakan salah satu penyebab timbulnya bau yang sangat mengganggu. Akibat septic tank terlalu penuh penguraian limbah yang seharusnya dilakukan bakteri tidak dapat terjadi. Karena tidak terjadinya penguraian limbah maka gas yang ditimbulkan akibat dari limbah tersebut menguap dan mengganggu lingkungan. Cara mengatasi septic tank bau karena penuh adalah dengan minta tolong jasa sedot tinja. Setelah disedot biasanya masalah bau akan teratasi. Sedot tinja biasanya dilakukan 4-5 tahun sekali. Jika septic tank anda harus disedot berulang-ulang dalam waktu yang dekat maka pertimbangkan untuk menggunakan bubuk atau cairan probiotik untuk membersihkan septic tank agar lebih hemat.

Probiotik septic tank adalah mikroorganisme yang dapat membantu proses penguraian limbah manusi agar dapat terurai dengan cepat. Dengan terjadinya penguraian sempurna pada limbah dalam septic tank, maka limbah tersebut dalam dikembalikan langsung ke dalam tanah. Dengan demikian tidak ada bau yang menyebar diluar septic tank.

3. Pipa kurang tinggi

Septic tank  memiliki lubang udara yang biasanya terbuat dari pipa. Aktivitas bakteri mengurai limbah pembuangan menghasilkan gas yang memang sedikit berbau menyengat. Biasanya bau yang ditimbulkan dari gas penguraian bakteri ini terasa saat pagi dan sore hari seiring dengan waktu proses penguraian oleh bakteri. Untuk itu sangat dianjurkan menggunakan pipa. Namun jika anda sudah memasang pipa tetapi masih bau, itu artinya pipa anda kurang tinggi apalagi untuk septic tank yang terletak berdekatan dengan jendela. Untuk mengatasi hal ini maka mintalah tukang untuk menyambung pipa septic tank sedikit lebih tinggi melewati ketinggian jendela rumah anda.

4. Filter Udara

Salah satu cara untuk mengurangi bau septic tank adalah mengunakan filter udara septic tank. Filter udara terbuat dari pipa berbentuk uliran spiral yang berfungsi untuk mencegah bau keluar. Cara kerja filter udara adalah dengan cara mencegah partikel-partikel yang menyebabkan bau keluar dengan menjebaknya dalam spiral pipa. Filter udara efektif untuk menghilangkan bau septic tank. Namun yang harus anda perhatikan adalah jika menggunakan filter udara maka harus rajin membersihkannya agar dapat berfungsi optimal. Karena biasanya pada spiral filter udara terdapat banyak sekali kotoran yang menyumbat bagian spiral tersebut. Cara membersihkannya sangat mudah yaitu hanya disemprot dengan air sampai bersih. Setelah itu dapat digunakan kembali. Anda juga bisa mempelajari cara mengusir lalat di siang hari yang beterbangan di rumah yang sangat bermanfaat. Khususnya seperti kita ketahui lalat sangat menyukai bau-bau menyengat.

5. Memasukkan Arang

Cara tradisional namun ilmiah untuk mengurangi bau septic tank adalah dengan memberikan arang kedalam septic tank. Arang tersusun atas rantai karbon yang mampu menjernihkan air dan menyerap bau. Untuk menghilangkan bau septic tank maka lakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Satukan beberapa arang dan ikat dengan tali.
  • Masukkan kedalam penutup septic tank, gantung mendekati saluran udara (saluran pipa)
  • Ikat kuat agar tidak mudah jatuh
  • Tutup kembali penutup septic tank.

6. Bakteri Probiotik

Selain dengan menggunakan arang, menghilangkan bau septic tank juga dapat dilakukan dengan memberikan bakteri probiotik. Probiotik adalah mikriorganisme baik yang dapat membantu proses penguraian limbah secara alami. Cara kerja probiotik untuk septic tank adalah dengan mengaktifkan kembali kehidupan mikroorganisme dalam septic tank, membongkar dan mencairkan timbunan tinja yang berkerak, dan membuka pori-pori tanah resapan yang tertutup sehingga air dapat masuk kedalam tanah.

Dengan terjadinya penguraian limbah secara sempurna, maka bau septic tank dapat berkurang. Produk probiotik untuk menghilangkan bau septic tank tersedia dalam bentuk bubuk dan cair. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu hanya dengan menuangkannnya kedalam septic tank dan siram dengan air yang banyak.

Selanjurnya biarkan mikroorganisme bekerja selama lebih kurang 8 jam sesudah dimasukkah. Hindari menggunakan produk kimia yang masuk kedalam septic tank selama proses mikroorganisme bekerja. Adapaun produk kimia yang perlu dihindari selama masa mikroorganisme bekerja yaitu shampoo, detergen, sabun, dan zat kimia yang dapat mengganggu aktifitas bakteri lainnya. Termasuk produk penghilang bau kulkas yang biasanya juga mengandung bahan kimia.

Demikian cara mudah untuk mengatasi bau septic tank di rumah. Anda juga perlu mempelajari cara menghilangkan bau di kulkas. Saran kami adalah periksa status septic tank anda secepat mungkin jika anda merasa bau yang ditimbulkan sudah mengganggu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menciptakan hunian yang nyaman untuk keluarga anda.

, ,



Oleh :
Kategori : Kebersihan