Sponsors Link

10 Tanaman Penyejuk Ruangan Murah dan Tanpa Tanah Mudah Didapat

Menanam bunga atau tanaman hias selain jenis tanaman bonsai di rumah tentunya memberikan efek ketenangan tersendiri dalam diri kita. Selain dapat mempercantik rumah, tanaman hias juga dapat menyejukkan ruangan. Saat ini banyak alternatif bercocok tanam yang menyesuaikan gaya modern yang dirasa lebih ringkas dan tidak perlu berkotor-kotoran dengan tanah. Salah satu alternatif bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah adalah dengan sistem hidroponik yang sudah berkembang pesat bagi yang hobi bertanam atau untuk tujuan komersial.

Sistem hidroponik ini sendiri menggunakan media air sebagai sarana utama tanaman. Hidroponik sendiri diambil dari kata yang berasal dari Yunani, yakni “hidro” artinya air dan “ponos” yang artinya kerja. Sistem hidroponik dianggap lebih praktis karena tidak perlu lagi menggunakan tanah sebagai media tanam dan hasilnya pun tidak jauh berbeda dengan hasil tanaman dengan media tanah. Selain dengan menggunakan media air, sistem hidroponik ini dapat menggunakan berbagai media selain tanah yang mampu memberikan mineral dan nutrisi terhadap tanaman, seperti media kerikil yang mengandung nutrisi mineral yang tinggi

Nah, ingin membuat rumah lebih sejuk dan enak dipandang dengan memberikan beberapa dekorasi tanaman secara praktis dan tanpa takur kotor? Berikut 10 tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah mudah didapat yang juga dapat mempercantik ruangan Anda.

1. Anggrek

Bunga Anggrek sudah pasti banyak yang mengenali, tanaman yang bernama latin Orchidaceae ini sebagian besar dapat ditemukan di daerah yang beriklim tropis. Anggrek sendiri banyak menjadi favorit sebagai salah satu tanaman yang perawatannya mudah karena dapat hidup pada kondisi ketersediaan air yang rendah dan dijadikan hiasan untuk mempercantik rumah.

Selain itu penanganan bunga ini tidak memperlukan tanah sebagai media utamanya. Anggrek bersifat saprofit, dimana pada media daun-daunan kering atau kayu yang telah membusuk dan menjadi humus sehingga tidak memerlukan cara mengatasi tanaman layu. Ada pula jenis Anggrek yang tumbuh di bebatuan sebagai media tanamnya. Sudah pasti ini akan menjadikan pilihan tanaman hias yang dapat memberikan efek sejuk dan menambah keindahan didalam ruangan.

2. Paku Gunung

Tanaman Paku Gunung (Nephrolepis exaltata) atau juga dikenal dengan Boston Fern ini merupakan tanaman yang mudah di temui di Indonesia dan daerah tropis Asia lainnya. Tanaman ini mudah dijumpai di tepi-tepi sungai, tebing atau pada batang pohon palem. Bentuk batangnya tipis, dan daunnya tersusun menyirip tunggal menyerupai pedang atau mata tombak.

Tanaman ini populer sebagai tanaman hias hijau rumpun yang mudah dijumpai di rumah-rumah, biasanya tumbuh digantung menggunakan pot kecil. Tanaman ini menyukai kelembapan yang cukup tinggi, sehingga tidak begitu perlu menggunakan tanah sebagai media utamanya. Karena menyukai kelembapan tanaman ini harus sering disiram air agar tetap segar dan lebat dan sangat cocok menjadi tanaman di dalam ruangan yang tidak begitu membutuhkan cahaya matahari secara langsung.

3. Selasih

Tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan Basil atau bahasa Latinnya Ocimum. Tanaman ini populer di kawasan Eropa. Di daerah kita terdapat salah satu jenis Selasih yang lebih dikenal sebagai kemangi. Tanaman ini dimanfaatkan daun, bunga dan bijinya sebagai rempah-rempah dan digunakan sebagai penyegar. Menanam Selasih dapat menggunakan media rockwool,atau cocochoir. jangan lupa untuk selalu menyemprot Selasih dengan air secukupnya agar daunnya tetap segar. Denngan menanam ini selain mampu menyegarkan ruangan dengan aromanya, kita juga dapat memanfaatkan daunnya bagi yang hobi memasak.

4. Gerbera Daisy

Gerbera Daisy atau Hebras merupakan tanaman hias yang termasuk tanaman semak yang hidup bertahun-tahun. Daun tanaman ini memiliki bentuk memanjang, berwarna hijau dengan pinggiran daun bergerigi besar. Herbras sendiri merupakan tanaman hias yang mampu tumbuh di media tanah ataupun air. Bunga Herbras termasuk komoditi bunga potong yang paling banyak diperdagangkan di dunia. Kebanyakan bunga Herbras berwarna merah dengan bongkol berwarna kuning. Selain sebagai tanaman hias untuk balkon, tanaman ini sangat cocok menemani di dalam ruangan atau tempat kerja dengan memberikan warna yang menarik.

5. Sirih Gading

Sirih Gading dapat digunakan sebagai tanaman hias merambat untuk kanopi yang biasa ditemui pekarangan. Tanaman ini dapat dikenali dari warna daunnya yang belang berwarna kuning pucat. Sirih gading dapat bertahan cukup lama apabila bagian pangkalnya dicelupkan kedalam air.

6. Sri Rejeki

Salah satu tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah selanjutnya adalah Sri Rejeki atau Aglaonema yang merupakan tanaman hias yang populer dari suku talas. Tanaman ini memiliki habitat asli di kawasan hutan hujan tropis, mampu tumbuh baik di area dengan penerangan rendah dan kelembapan yang tinggi. Sangat cocok di dalam ruangan dengan intensitas kelembapan tinggi dan cahaya yang rendah. Selain itu bunga ini dipercaya mampu membawa keberuntungan terlihat dari namanya.

7. Kaktus

Cactaceae atau biasa dikenal dengan sebutan kaktus merupakan salah satu pertimbangan untuk tanaman yang tidak menggunakan media tanah yang murah dan mampu menyegarkan ruangan. Kaktus merupakan tanaman yang termasuk dalam golongan sukulen karena mampu menyimpan persediaan air di batangnya. Pada malam hari tanaman ini akan mengambil CO² dari lingkungan sekitarnya dan menyimpannya untuk digunakan berfotosintesis pada siang hari. Saat ini tanaman ini populer untuk menghiasi ruangan dalam rumah, kamar ataupun meja kerja.

8. Air Plants

Tanaman udara atau yang biasa disebut dengan Tillandsia merupakan salah satu tanaman di dalam ruangan yang paling mudah perawatannya. Tanaman ini tidak membutuhkan tanah sebagai media utamanya. Tanaman ini menyerap air dan nutrisi disekitarnya melalui daunnya. Cara merawatnya juga cukup mudah, setiap seminggu sekali rendam tanaman ini ke dalam air untuk diserap selama beberapa jam kemudian keringkan hingga benar-benar kering. Letakkan tanaman ini di tempat paling terang seperti dekat jendela, jangan lupa untuk memberikan nutrisi kepada tanaman ini karena mereka juga membuthkan makan, yaitu dengan mencampur pupuk dengan air pada semprotan dan semprotkan secukupnya.

9. Paperwhites

Bungan kertas putih atau Narcissus papyraceus mungkin dapat menjadi pilihan selanjutnya. Bunga ini justru dapat tumbuh lebih baik jika berada di dalam ruangan. Bunga ini mengeluarkan aroma yang cukup kuat sehingga dapat membantu memberi kesegaran di dalam ruangan. Cara perawatannya cukup mudah, letakkan bunga pada vas yang tidak berlubang dan masukkan air cukup banyak hingga hampir menutupi separuh batangnya, karena bunga ini justru tumbuh lebih baik dengan menggunakan media air daripada media tanah.

10. Lidah Buaya

Tanaman ini sudah pasti sangat populer akan manfaatnya yang begitu banyak. Selain sebagai tanaman yang dimanfaatkan untuk kebutuhan bahan baku industri farmasi dan kosmetik, ternyata  lidah buaya bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti jamur dan memiliki zat-zat berkhasiat yang dapat digunakan sebagai bahan makanan dan minuman. Saat ini mulai banyak pemanfaatan lidah buaya sebagai salah satu tanaman hias di dalam ruangan yang bisa tumbuh dengan menggunakan media batu kerikil. Cara memelihara tanaman lidah buaya pun cukup mudah karena kita tidak perlu untuk selalu menyiramnya karena tanaman ini ditemukan dengan mudah di kawasan kering.

Itulah tadi 10 tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah mudah didapat di sekitar Anda. Beberapa pilihan tanaman di atas jelas akan membuat Anda semakin mempertimbangkan untuk menambahkannya di dalam ruangan rumah Anda, kamar ataupun meja kerja terlebih jika Anda tahu cara merawat tanaman hias.

Selain dapat menyerap karbondioksida, perawatannya juga lebih mudah dan tidak perlu khawatir untuk mengotori ruangan. Hal ini membuat udara di dalam ruanganpun menjadi lebih sejuk dan menambah estetika visual yang membuat semakin betah berlama-lama didalam ruangan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trik