Wajib Tahu, Keuntungan Rumah Di Jalan Buntu!

Pernah mendengar rumah hook? Rumah pojok atau biasa juga disebut dengan istilah corner lot? Posisi ini cukup sering menjadi incaran orang-orang yang sedang berburu rumah baru. Rumah tipe ini biasanya memiliki lahan yang relatif lebih luas dibandingkan dengan yang lain. Dan tentu saja berimbas pada harga, yang tentunya lebih tinggi dibandingkan dengan rumah dengan lokasi yang lain. Lalu bagaimana dengan rumah di jalan buntu? Atau di pojok jalan yang hanya memiliki satu akses. Apakah keuntungan rumah di jalan buntu jika kita ingin membelinya?

Setelah membahas tentang tips survei rumah dan cara memilih lokasi perumahan yang baik sebelumnya. Kali ini tim rumahlia akan membahas tentang hal tersebut. Soalnya, ada yang bilang sih kalau rumah yang berada di jalan buntu ini kurang bagus? Atau simplenya kurang bawa hoki. Nah, kali ini kami akan membahas hal sebaliknya, kira-kira apa ya keuntungan jika kita mendapatkan rumah namun berada di jalan buntu?

1. Keamanan

Keuntungan rumah di jalan buntu yang tentu saja paling menonjol adalah dari segi keamanan. Kenapa bisa begitu? Rumah yang berada di jalan buntu hanya memiliki satu akses jalan masuk, sehingga tidak mudah untuk dilalui sembarangan orang. Bisa dibilang orang yang menuju rumah anda nantinya ya memang yang memiliki kepentingan saja ke rumah tersebut. Di posisi ini orang akan jarang lewat, plus jika pun ada maling atau orang yang berbuat jahat kemungkinannya akan lebih kecil karena sulitnya akses untuk melarikan diri jika berada di jalan buntu. Cukup tambahkan beberapa CCTV maka tingkat keamanan rumah anda akan meningkat. Atau anda juga dapat mempelajari cara membuat sistem keamanan rumah sederhana untuk meningkatkan keamanan rumah.

2. Sirkulasi Udara

Selain tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan posisi lainnya. Rumah yang terletak di jalan buntu juga bisa saja memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Karena posisi ini biasanya akan mendapatkan cahaya dan udara dari berbagai arah. Anda memiliki keleluasan untuk mengelola sisa lahan anda agar rumah anda dapat lebih nyaman untuk ditempati.

Pemilihan letak bangunan rumah serta desain yang tepat akan meningkatkan kualitas hidup anda jika mendapatkan rumah di jalan buntu. Rumah anda akan terasa lebih luas, serta cahaya dan udara dapat masuk dari segala arah misalnya dengan menambahkan banyak jendela serta area terbuka.

3. Minim Kebisingan

Ini juga merupakan salah satu keuntungan rumah di jalan buntu lainnya. Bagi anda yang cukup anti dengan tetangga berisik, atau suara-suara lalu lalang kendaraan, rumah di jalan buntu bisa menjadi solusi yang tepat. Karena dengan posisi yang berada di ujung jalan akan jarang kendaraan yang berlalu lalang di depan rumah anda. Dampaknya tentu saja tingkat kebisingan di rumah anda akan menurun. Hal inilah yang membuat rumah di ujung jalan buntu biasanya akan memiliki suasana yang jauh lebih tenang dan sunyi.

Bangunan yang akan anda bangun nantinya akan memberikan keuntungan karena jauh lebih tenang serta minim gangguan. Bagi anda yang sangat menyukai suasana hunian yang tenang dan sepi, maka rumah di jalan buntu ini merupakan solusi. Apalagi jika anda bekerja dari rumah, hunian yang nyaman dan jauh dari hiruk pikuk atau gangguan tentu sangat dibutuhkan untuk meningkatkan konsentrasi kerja anda. Selain itu anda juga dapat menambahkan cara meredam suara bising dari luar rumah yang cukup ampuh untuk diterapkan.

4. Privacy

Yup, hal lain yang perlu anda pertimbangkan lainnya dan merupakan salah satu keuntungan rumah di jalan buntu adalah terkait privacy. Dengan memilih rumah yang terletak di jalan buntu, akan sedikit orang yang datang ke rumah anda kecuali mereka benar-benar berkepentingan. Hal ini pun akan membantu anda untuk mendapatkan kehidupan yang lebih tenang dan nyaman dibandingkan jika anda tinggal diapit oleh tetangga kanan kiri.

Ada istilah lain untuk rumah di jalan buntu yang disebut juga dengan kuldesak lot (tanah kosong di jalan buntu). Bagian depannya yang cenderung dan melebar pada bagian belakang jika dapat disiasati dengan cerdas maka akan menghasilkan hunian yang sangat menarik. Area belakang rumah yang melebar ini bisa anda manfaatkan untuk ruang terbuka hijau atau area untuk bersantai. Ini bisa jadi nilai plus tersendiri untuk tempat tinggal anda nantinya. Karena bagian depan yang cenderung lebih sempit, anda bisa membuat pintu masuk yang lebih private dengan menggunakan desain tertentu.

Pada dasarnya posisi atau lokasi rumah seperti apapun dan dimanapun masih dapat kita akali. Khususnya jika kita dapat memanfaatkan desain serta tata letak interior dan eksterior rumah yang tepat. Meskipun pada dasarnya rumah yang berada di jalan buntu kurang diminati, namun keuntungan-keuntungan di atas dapat dijadikan pertimbangan bagi anda yang ingin membeli rumah di jalan buntu.

Ada satu catatan tersendiri jika anda ingin membeli rumah di jalan buntu atau kuldesak lot ini sendiri. Karena disisi lain kondisi ini menawarkan ketentraman serta kenyamanan penghuni namun sebaliknya anda dapat merasa terasing dan bosan. Tinggal di pojok dan jauh dari tetangga memang memungkinkan munculnya dua perasaan tersebut. Oleh karena itu anda harus paham konsekuensi tersebut, meskipun tidak terisolasi secara total, namun tanah tipe ini tentunya akan mengurangi sosialisasi anda dengan tetangga. Well, selalu ada harga dalam setiap hal yang menguntungkan bukan. Ingat untuk mempertimbangkan desain yang matang, atau gunakan jasa profesional untuk mendesain rumah anda agar fungsi rumah tersebut dapat optimal. Yuk kenali pula alasan memilih rumah minimalis dan tipe rumah gaya inggris yang mungkin bisa anda jadikan contekan untuk hunian anda nantinya.