Pelajari Tips Survei Rumah Agar Tidak Salah Pilih

Rumah adalah investasi sekaligus kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Ketika membeli rumah, ada banyak hal yang harus kita perhatikan. Karena nilai transaksinya yang cukup besar, anda tidak boleh asal dalam membeli rumah. Alih-alih mendapatkan hunian yang nyaman, anda mungkin malah mendapatkan kesulitan nanti di kemudian hari atau merasa kecewa karena rumah yang anda beli tidak sesuai dengan harapan. Jika sebelumnya tim rumahlia membahas tentang cara memilih lokasi perumahan yang baik, maka kali ini kami akan membahas tips survei rumah agar kita tidak salah pilih.

Membeli rumah yang tepat akan mendatangkan banyak keuntungan bagi kita, baik dari segi kualitas hidup maupun finansial. Padahal untuk mendapatkan rumah yang tepat dengan kebutuhan dan juga kemampuan finansial kita ini tergolong tidak mudah loh sobat. Banyak pertimbangan yang harus kita lakukan, untuk memutuskan apakah rumah tersebut cocok untuk kita atau tidak. Dari lokasi, legalitas, fasilitas, akses, dan sebagainya.

Terkadang ketika melihat iklan sebuah rumah, kita merasa rumah tersebut cocok dengan keinginan kita. Tampak bersih, rapi, dan harga juga terjangkau. Tapi tak jarang setelah sampai di lokasi, realitanya jauh dari harapan kita, bahkan sangat berbanding terbalik. Untuk itu, penting bagi calon pembeli melakukan survei rumah dengan seksama sebelum memutuskan untuk membelinya.

Ada beberapa tips survei rumah yang dapat anda lakukan, untuk meminimalisir kemungkinan salah beli rumah. Tips ini juga dapat membantu anda cara membeli rumah dan menentukan rumah yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan anda. Yuk simak ulasannya di bawah ini:

1. Ajaklah orang yang paham tentang seluk beluk rumah

Sebagai calon pembeli rumah, yang jika dilihat dari nominal transaksi keuangannya tidak sedikit, anda termasuk ke dalam investor loh. Rumah yang akan anda beli nantinya akan menjadi investasi dan tabungan anda di kemudian hari. Nah, sebagai seorang investor anda harus jeli dalam melihat peluang.

Namun jika anda tidak memiliki kapabilitas untuk melihat apakah rumah tersebut merupakan investasi yang baik bagi anda, maka tips dari kami adalah ajaklah orang yang kompeten. Bisa saudara, kenalan, teman, rekan kerja, atau siapa saja yang bisa memberikan saran dan melakukan pengecekan rumah secara objektif. Orang-orang yang paham seluk beluk rumah ini tahu betul apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli rumah. Lain halnya jika anda sudah pede dengan kemampuan sendiri, tips survei rumah dari kami adalah gunakan kepala dingin, lihat aspek apa saja yang anda butuhkan ketika akan membeli rumah tersebut. Kenali pula tips membeli rumah dan

2. Cek legalitas rumah tersebut ketika survei

Nah, ini merupakan hal wajib yang harus anda lakukan ketika melakukan survei rumah. Berhubung rumah bukan barang yang murah, dengan harga mencapai ratusan juta hingga milyaran, anda wajib tahu keabsahan dari tanah dan bangunan yang akan anda beli tersebut. Cobalah untuk memastikan kepada instansi terkait seperti BPN atau Dinas Tata Ruang bahwa rumah tersebut tidak berdiri di atas area ilegal. Atau cek juga apakah sertifikat tanah tersebut benar asli dan bukan sertifikat ganda. Hal ini juga bisa anda pelajari dalam artikel tata cara jual beli rumah, agar anda tidak mendapatkan kesulitan di kemudian hari.

3. Mintalah denah rumah

Tips survei rumah selanjutnya adalah, dengan memastikan denah rumah yang hendak anda cek. Dengan memegang denah tersebut setidaknya anda memiliki gambaran sebelum berangkat menuju calon rumah yang hendak anda beli. Sesuaikan dulu dengan keinginan anda, jangan-jangan nanti denah dengan kondisi lapangan sangat berbeda. Pastikan beberapa hal yang krusial seperti letak sumur, pengelolaan air limbah, sistem listrik dan sebagainya tidak ada yang aneh dan bermasalah.

4. Perhatikan lantai

Memperhatikan kondisi lantai rumah juga merupakan salah satu tips survei rumah dari kami yang wajib anda lakukan. Kenapa? karena lantai merupakan hal yang paling visual dan mudah dilihat. Cobalah untuk memperhatikan dengan seksama bagaimana kondisi lantai rumah tersebut. Misalnya di area dapur dan juga kamar mandi, adakah celah lantai yang tidak rata. Biasanya jika anda menemukan lantai yang dipasang secara asal-asalan, tidak merata, merupakan salah satu indikasi bahwa telah dilakukan perbaikan berulang di tempat tersebut. Bisa jadi ini nanti malah menambah biaya anda untuk perbaikan di lain hari ketika memilih rumah tersebut.

Untuk mengecek lantai rata atau tidak anda juga bisa menggunakan kelereng atau benda bulat sejenis dan gulingkan dari sisi dinding satu ke lainnya. Jika dengan mudah kelereng tersebut bergerak, sudah dipastikan lantai tersebut tidak rata (Well, untuk hal ini seperti anda harus mengajak anak anda agar tidak dianggap tidak sopan)

5. Cek Perawatan Rumah

Cara ini juga mudah dilakukan karena anda hanya perlu melakukan pengecekan pada beberapa item. Misalnya saja, lihatlah lampu, rumput, serta keran dan cat dinding di baik di dalam maupun luar rumah. Jika banyak dari item tersebut terkesan tidak terurus, misalnya lampu hangus, rumput yang meninggi, serta keran bocor, bisa jadi si pemilik rumah lama tidak menghiraukan perawatan rumah. Hal ini akan menjadi PR anda dikemudian hari karena banyaknya masalah yang muncul.

Beberapa tips survei rumah di atas dapat anda coba untuk mendapatkan hunian yang paling tepat untuk anda ya sobat. Sabar, teliti, dan juga rasional adalah hal yang harus anda perhatikan ketika melakukan survei tersebut, agar tidak gegabah dalam menentukan pilihan. Semoga artikel kali ini membantu! Baca juga tentang alasan memilih rumah minimalis.