Tips dan Trik Cara Memilih Lokasi Perumahan Yang Baik

Setiap orang khususnya yang sudah berkeluarga tentu bercita-cita untuk memiliki hunian sendiri. Bahkan tak jarang ingin memiliki hunian kedua dan seterusnya. Rumah yang nyaman dan sesuai dengan yang kita harapkan, tentunya akan membawa kebahagiaan. Rumah adalah tempat dimana kita banyak menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Setelah penat seharian bekerja di kantor misalnya, tentu kita sangat ingin kembali dan dapat beristirahat di rumah.

Rumah juga tempat yang saat ini bisa dikombinasikan fungsinya sebagai tempat kerja. Sehingga keandalan dan kenyamanan sebuah rumah sangat penting untuk menunjang gaya hidup kita.

Bagi anda yang tinggal di perkotaan, rasanya sudah tidak asing dengan keberadaan perumahan. Sudah jarang sekali kita bisa menemui tanah kosong dengan harga masuk akal di perkotaan. Lain hal nya dengan daerah yang masih berkategori rural area mungkin masih banyak terdapat tanah-tanah kosong yang bisa anda beli untuk dijadikan hunian.

Perumahan rasanya menjadi pilihan yang masuk akal di tengah-tengah lahan perkotaan yang mulai berkurang. Dalam memilih rumah sendiri, ada banyak aspek yang harus anda perhatikan agar anda tidak salah pilih. Bukan hanya harga saja yang harus kita perhatikan, namun juga hal lainnya, hal ini dikarenakan rumah tersebut akan anda tempati untuk jangka waktu yang cukup lama. Perhatikan hal-hal yang penting agar anda tidak kecewa di kemudian hari. Well, rumah termasuk aset yang tidak terlalu likuid, jadi jika anda kecewa dan ingin menjualnya, butuh beberapa waktu agar rumah tersebut dapat terjual. Bahkan mencari lokasi rumah baru juga bukan pekerjaan yang mudah.

Nah, bagi anda yang saat ini sedang berencana untuk membeli rumah di kawasan perumahan, ada baiknya pelajari tips dan triks dari kami berikut ini untuk cara memilih lokasi perumahan yang baik :

1. Reputasi dari developer

Cara memilih lokasi perumahan yang baik adalah dengan melihat reputasi dari developer itu sendiri. Sebaik apapun lokasi perumahan yang ditawarkan jika developer perumahan tersebut tidak memiliki track record yang baik, maka anda tidak akan menemukan kenyamanan maksimal ketika membeli rumah di perumahan tersebut.

Perhatikan baik-baik siapa developer perumahan tersebut, serta proyek apa saja yang pernah mereka kerjakan. Hal ini juga tidak lepas dari apakah pengembang atau developer tersebut bisa dipercaya atau tidak, karena nominal transaksi uang yang kita keluarkan tidak sedikit ketika membeli rumah. Jangan sampai anda kecewa karena site plan yang ditawarkan oleh developer tidak sesuai dengan realitanya. Kenali pula tata cara jual beli rumah, agar anda tidak tertipu oleh developer nakal.

2. Fasilitas dan akses

Jika ada tinggal di kawasan perkotaan dua hal ini merupakan bahan pertimbangan yang penting dalam memilih lokasi perumahan yang baik. Apalagi jika anda tinggal di kawasan yang padat seperti Jabodetabek. Keberadaan fasilitas dan akses ke daerah perumahan akan sangat menunjang aktivitas anda sehari-hari. Tak jarang ketersediaan fasilitas umum dan juga kemudahan sarana umum merupakan nilai yang harus dimasukkan ketika memilih lokasi perumahan.

Contohnya saja, fasilitas seperti taman, minimarket, jogging track, atau fasilitas penunjang lainnya. Maupun akses seperti tol, jalan raya, stasiun kereta, tentunya sangat dibutuhkan untuk menunjang mobilitas penghuni perumahan ke berbagai lokasi (kantor/mall/kawasan hiburan).

3. Sesuaikan dengan kantong anda

Cara memilih lokasi perumahan yang baik lainnya adalah dengan menyeimbangkan harga serta kebutuhan dan kondisi finansial anda. Terkadang lokasi yang sempurna dan terlihat dekat dari kantor atau pusat aktivitas lainnya tampak menarik, tapi bagaimana dengan kondisi finansial atau kebutuhan anda. Apakah benar-benar anda butuhkan atau tidak itu juga perlu dipertimbangkan. Terkadang lokasi yang dengan dengan CBD membutuhkan biaya yang tidak sedikit, baik dari harga lahan, dan biaya pemeliharaan. Jadi saran kami, sesuaikan lokasi perumahan yang anda inginkan dengan kebutuhan dan juga keuangan anda, jangan sampai malah memberatkan di kemudian hari.

4. Keamanan

Salah satu hal yang patut dipertimbangkan ketika memilih lokasi perumahan adalah aspek keamanan. Tentu anda ingin mendapatkan tempat yang aman dong? Jangan sampai rumah yang merupakan tempat anda beristirahat dan juga tempat bersantai dengan keluarga malah tidak aman untuk ditinggali.

Cara membeli rumah yang tepat adalah dengan mencari lokasi yang tidak termasuk kawasan rawan bencana, kawasan lindung, daerah buangan limbah pabrik, daerah di bawah jaringan listrik tegangan tinggi, rentan pencurian, atau daerah yang dekat dengan fasilitas transportasi seperti kereta atau pesawat (bandara). Tempat-tempat tersebut akan menurunkan kualitas kenyamanan serta keamanan rumah anda.

5. Dukungan teknologi

Nah, hal ini juga patut anda masukkan ke dalam list ketika akan memilih perumahan ya sobat rumahlia. Perangkat teknologi yang modern seperti CCTV, ketersediaan jaringan internet (WIFI), atau pintu gerbang otomatis akan menunjang kehidupan anda loh. Selain mempermudah, ketersediaan teknologi tersebut juga dapat meningkatkan keamanan kawasan perumahan anda. Yah, meskipun untuk mendapatkan perumahan tersebut, pastinya anda harus mengeluarkan biaya ekstra.

Selain tips dan trik di atas, untuk memilih lokasi perumahan anda juga dapat mempertimbangkan faktor lingkungan. Carilah lokasi perumahan yang ramah akan lingkungan, yang asri, nyaman, hijau, serta mempunyai konsep yang dapat mendukung penghuninya untuk dapat bersosialisasi dan menjalin komunikasi. Selain itu carilah perumahan yang memungkinkan anda membayar atau membeli dengan berbagai metode pembayaran. Baik itu dengan cara KPR (kenali pengertian KPR agar anda paham cara membeli rumah dengan metode ini) atau cash bertahap dan sebagainya. Legalitas serta posisi dari lokasi perumahan tersebut juga harus anda perhatikan dengan seksama agar anda tidak terbentur masalah hukum di kemudian hari ketika membeli rumah di perumahan tersebut.

Demikian cara memilih lokasi perumahan yang baik dari rumahlia. Ada banyak tips membeli rumah serta tata cara jual beli tanah yang belum bersertifikat yang dapat anda pelajari di sini.