Sponsors Link

9 Cara Membersihkan Oven Yang Berkarat Agar Kinclong Lagi

Oven adalah salah satu perlengkapan dapur dan perlengkapan memasak yang sangat penting. Ketika Anda memiliki oven maka Anda bisa membuat roti, kue dan berbagai hidangan dengan mudah dan hasilnya lezat. Hanya saja terlalu sering menggunakan oven juga bisa menyebabkan oven mudah kotor seperti berkarat.

ads

Kebiasaan tidak langsung membersihkan oven juga akan menyebabkan kotoran menumpuk dalam oven. Tidak hanya itu saja sebab akumulasi dari berbagai jenis bahan dari kue, makanan dan bahan lain bisa membuat kerak karat dalam oven sulit untuk dihilangkan. Masalah karat ini pasti akan keluar meskipun Anda sudah melakukan tips memilih oven listrik dan oven gas. Jadi untuk mengatasi semua kondisi ini maka lakukan cara membersihkan oven yang berkarat agar kinclong lagi, seperti berikut ini.

1. Persiapan untuk oven

Untuk melakukan cara membersihkan oven listrik maka sebaiknya dilakukan dengan jarak pemakaian yang tepat. Biarkan oven selama beberapa menit atau jam setelah digunakan. Kemudian keluarkan rak-rak dari oven. Jika Anda memiliki oven besar seperti jenis skala oven gas maka pisahkan dengan hati-hati dan keluarkan semua rak dari oven.

Untuk bagian rak oven sebaiknya dibersihkan secara terpisah. Caranya adalah direndam dalam ember atau bak cuci piring. Air yang digunakan sebaiknya air hangat yang  diberi campuran jeruk nipis. Biarkan rak oven terendam beberapa saat sampai siap disikat atau dibersihkan.

2. Bersihkan rak oven

Setelah rak-rak oven direndam maka bersihkan dengan cara disikat atau digosok. Pastikan Anda tidak merusak dengan menggosok rak oven dengan keras. Memang cara membersihkan oven listrik terutama untuk bagian rak sebaiknya sering dilakukan atau setelah oven digunakan. Semakin cepat Anda membersihkan setelah digunakan maka karat atau kotoran yang menempel pada rak tidak membandel atau mengeras. Sebab jika kotoran sudan mengeras dan sampai menyebabkan karat maka diperlukan banyak waktu untuk membersihkannya.

3. Tips membersihkan karat oven dengan cuka

Cuka menjadi salah satu bahan yang sangat baik untuk menghilangkan karat pada oven. Cuka juga menjadi salah satu cara membersihkan stainless steel dari berbagai jenis kotoran yang menempel dan membandel. Hal ini karena cuka mengandung sifat asam yang sangat kuat sehingga bisa melepaskan kotoran yang bersifat sulit untuk dihilangkan seperti karat.

Caranya adalah dengan memasukkan beberapa tetes cuka dalam pinggan tahan panas. Masukkan ke dalam oven lalu atur oven dengan suhu yang tinggi. Lakukan proses pemanasan ini selama 5 menit sampai uapnya menyebar ke semua bagian oven. Kemudian matikan oven dan tunggu sampai oven menjadi dingin. Ambil handuk kering yang lembut dan lap semua bagian oven Anda. Cuka yang sudah dipanaskan akan membuat proses ini lebih mudah dan hemat waktu.

4. Tips membersihkan oven dengan baking soda

Jika cuka menyebabkan aroma yang cukup asam untuk oven dan Anda tidak terlalu menyukai efek ini maka Anda bisa menggunakan baking soda. Baking soda tidak hanya membersihkan karat tapi juga menjadi cara membersihkan marmer yang sudah berkerak.

Caranya juga sangat mudah yaitu dengan memasukkan 1 atau 2 sendok makan baking soda ke dalam botol semprot yang masih belum digunakan dan campur dengan air sampai merata. Kemudian dalam kondisi oven yang dingin maka semprotkan larutan baking soda tersebut ke semua bagian oven. Biarkan selama kurang lebih 30 menit agar semua karat, kerak dan kotoran lebih lunak. Setelah itu gosok atau bersihkan dengan handuk bersih yang sudah direndam dalam air hangat.

5. Tips membersihkan oven dengan lemon

Pada dasarnya semua jenis cairan yang bersifat asam bisa membantu membersihkan karat dan kerak pada berbagai perlengkapan makan. Manfaat ini ternyata juga bisa dilakukan untuk oven baik itu oven listrik atau gas. Caranya adalah dengan mencampur air dari buah lemon yang sudah diperas, kemudian campurkan dengan air. Kemudian masukkan dalam panci tahan panas dan panaskan dalam oven selama 10 menit. Setelah itu matikan oven Anda dan biarkan larutan jeruk lemon tetap di dalam. Setelah itu biarkan sampai dingin dan lap semua bagian oven dengan kain kering. Dijamin semua kotoran akan hilang.

6. Tips memberihkan oven dengan garam dapur

Cara lain yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan menggunakan garam dapur. Garam dapur bisa melarutkan semua kotoran dalam oven termasuk karat yang sulit dihilangkan. Caranya adalah dengan menaburkan garam dapur ke semua bagian dalam oven saat kondisi oven masih panas. Kemudian biarkan sampai dingin lalu sikat dengan sikat gigi atau sikat khusus dan lap dengan handuk yang sudah direndam dalam air hangat. Agar kerak tidak tebal maka bersihkan oven dengan cara ini setelah menggunakannya.

7. Tips menghilangkan bau setelah oven dibersihkan

Setelah Anda menggunakan berbagai bahan seperti cuka, baking soda, lemon dan garam dapur maka biasanya masih ada bau kurang sedap yang tertinggal dalam oven. Anda tidak perlu bingung karena caranya menghilangkan bau sangat mudah. Anda bisa mencampurkan satu sendok teh vanili cair dengan larutan air dan cuka putih. Kemudian kocok sampai bercampur dan semprotkan ke dalam oven lalu biarkan sampai 10 jam. Setelah itu gosok lagi dengan kain yang kering sehingga bau tidak sedap akan hilang.

8. Tips membersihkan kaca oven

Pada bagian luar oven maka biasanya terdapat kaca untuk membantu mengamati kue atau makanan ketika sedang dimasak. Tepi atau celah kaca oven biasanya akan sangat kotor dan terkadang juga berkarat. Untuk itu bersihkan dengan menyemprotkan sabun pencuci piring yang sudah diencerkan dengan air bersih. Kemudian sikat atau lap kaca oven dengan kain kering sehingga kaca tampak bersih.

9. Perhatian penting saat membersihkan oven

  • Sebaiknya oven tidak dalam kondisi dipakai atau baru saja dipakai.
  • Pastikan oven tidak terhubung dengan aliran listrik atau terkena api dari kompor gas.
  • Hindari menggunakan bahan pembersih keras untuk oven karena mungkin bisa menyebabkan kontaminasi pada makanan.
  • Lapisi tray oven dengan berbagai alat seperti alumunium foil.

Berbagai cara membersihkan oven yang berkarat agar kinclong lagi yang bisa Anda coba sendiri. Anda bisa memilih bahan yang memang aman untuk oven Anda sehingga rumah menjadi lebih bersih.

, ,



Oleh :
Kategori : Perabot