Sponsors Link

3 Cara Menghilangkan Bau Pada Oven Baru Paling Ampuh

Apakah Anda baru saja membeli oven baru? Ya, setelah memilih oven dengan mengikuti tips memilih oven listrik pastinya Anda bisa memiliki oven idaman Anda. Oven menjadi perlengkapan dapur yang bisa membantu pekerjaan memasak Anda. Terutama jika Anda akan membuat berbagai jenis masakan yang dipanggang atau dibakar. Oven juga bisa digunakan untuk membuat aneka kue dan roti sehingga rasanya lebih lezat.

ads

Hanya saja ketika Anda membeli oven baru maka Anda akan mencium aroma yang tidak enak. Pada dasarnya bau ini sangat khas pada semua perlengkapan dapur dengan listrik. Termasuk seperti penanak nasi dan perlengkapan dapur lain. Asalkan bukan bau korsleting atau bau gas maka bau oven pertama kali memang sangat aman. Berikut ini akan kami sampaikan mengenai cara menghilangkan bau pada  oven baru paling ampuh.

Penyebab Oven Baru Bau

  • Setelah membeli oven baru maka sebaiknya Anda melakukan cara membersihkan oven listrik. Pada dasarnya oven yang baru selalu menyebabkan bau dan ini dianggap hal yang sangat wajar. Penyebab utamanya adalah semua isolasi yang menempel pada oven dimana ini akan meleleh saat pertama kali oven dipanaskan.
  • Terkadang bau oven baru juga berhubungan dengan masalah sulitnya melepaskan ikatan pada bagian dalam dan luar yang biasanya akan meleleh pada saat pembakaran pertama kali. Sehingga bau ini ini akan membuat oven bau plastik yang meleleh.
  • Bau lelehan plastik dan asap ringan sebenarnya terjadi karena adanya lapisan minyak dalam oven yang digunakan sebagai pelapis pertama kali dalam proses pembuatan oven.

Cara Menghilangkan Bau Oven Baru

1. Lakukan pembakaran pertama

Semua jenis bau pada oven baru memang dianggap hal yang sangat normal dan tidak perlu dirisaukan. Namun Anda bisa menghilangkan semua aroma ini dengan melakukan pembakaran pertama kali. Saat pertama kali menggunakan oven maka sebaiknya tidak digunakan untuk memanggang atau membakar makanan. Jika tetap digunakan untuk makanan maka kemungkinan besar aroma akan menempel pada makanan dan bisa menyebabkan bahaya untuk tubuh Anda. jadi proses pembakaran pertama kali sebaiknya dilakukan dengan tepat tanpa menyertakan makanan.

2. Buka kemasan pembungkus oven

Pada saat pertama kali maka Anda harus membuka semua kemasan pada oven baru, baik yang ada di dalam dan di luar oven. Langkah ini sama seperti pada cara membersihkan peralatan dapur dari stainless steel untuk pertama kalinya. Setelah itu lap semua bagian oven untuk bagian dalam dan luar menggunakan lap khusus yang lembut dan sudah direndam dalam air sabun cuci piring. Ulangi langkah ini dengan menggunakan lap kering untuk menghilangkan aroma sabun pada oven Anda.

3. Tahap pembakaran pertama kali

Setelah Anda melakukan tahap tersebut maka Anda siap untuk melanjutkan proses pembakaran pertama kali, berikut langkah-langkahnya.

  • Buka semua jendela dapur dan rumah Anda, serta ventilasi di dekat posisi oven baru Anda.
  • Atur agar panas oven ke derajat yang paling tinggi antara 204 Celcius sampai 288 derajat Celcius.
  • Panaskan oven selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam.
  • Jika setelah proses pembakaran pertama ini masih ada bau atau aroma yang tercium maka lakukan tahap pembakaran ini satu atau dua kali lagi sampai bau oven baru hilang.
  • Setelah selesai maka biarkan oven dingin secara alami, baru kemudian dilap menggunakan kain yang sudah direndam dengan air hangat. Dan bersihkan semua bagian oven dari luar sampai dalam.

Aturan Setelah Membeli Oven Baru

Membeli oven baru tentu menjadi impian semua wanita agar bisa membantu pekerjaan memasak di dapur. Namun oven termasuk dalam peralatan dapur yang canggih sehingga salah dalam penggunaan bisa merugikan. Bahkan karena menggunakan listrik maka oven harus digunakan dengan baik agar bisa menjadi cara menghemat listrik. Tahap ini juga harus dilakukan untuk pertama kali sejak membeli oven. Petunjuk dibawah ini tentang aturan setelah membeli oven baru.


1. Periksa oven di toko dan setelah sampai di rumah

Ketika Anda membeli oven di toko maka jangan lupa untuk memeriksa kondisi oven yang akan Anda beli. Jangan sampai oven yang Anda beli ternyata memiliki bekas penyok atau ada tanda dibanting. Kemudian Anda juga harus memastikan bahwa kabel listrik tidak ada yang terkelupas atau tertekuk pada pintu oven. Pastikan semua rak dan pelengkap oven masuk dalam satu set oven.

2. Baca buku petunjuk

Setiap perangkat elektronik baru maka biasanya dilengkapi dengan buku petunjuk. Anda juga harus mencoba untuk memeriksa apakah buku petunjuk ada atau tidak. Setelah itu pastikan Anda juga membaca semua keterangan dalam buku manual sehingga tidak salah ketika akan menggunakan oven. Jangan sampai Anda salah langkah sehingga oven Anda rusak padahal masih baru.

3. Bersihkan pelindung oven

Kemudian Anda juga harus membersihkan oven sebelum digunakan untuk pertama kali. Bersihkan semua plastik pada bagian dalam dan luar. Kemudian hilangkan film plastik yang biasanya dipasang pada bagian pintu. Ini langkah yang sangat penting agar saat pembakaran pertama tidak menyebabkan bau yang menyengat. Kemudian bersihkan semua bagian dalam dan rak oven menggunakan handuk yang sudah direndam dalam air sabun hangat. Ulangi lagi dengan kain yang kering sehingga semua bau sabun akan hilang.

4. Periksa daya oven dan kebutuhan listrik Anda.

Sebelum Anda benar-benar akan membeli oven maka Anda juga harus melihat daya listrik sesuai kebutuhan oven. Jangan sampai membeli oven dengan kebutuhan daya listrik yang terlalu besar sehingga menjadi tidak bisa digunakan. Pedoman ini sama seperti ketika akan melakukan tips masuk rumah baru yang membutuhkan pemeriksaan untuk semua detail.

Itulah berbagai cara menghilangkan bau pada  oven baru paling ampuh. Semua langkah ini harus dilakukan dengan tepat agar oven yang baru bisa segera bersih dan bisa digunakan dengan baik.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Perabot