Sponsors Link

8 Barang Yang Harus Dibawa Saat Pindah Rumah Agar Tidak Repot

Pindah rumah bisa menjadi kata yang menakutkan. Selain membayangkan harus beradaptasi di lingkungan yang baru maka Anda juga harus merapikan semua perabot rumah. Anda memerlukan benda-benda tersebut untuk bisa menjalani kehidupan baru di rumah yang baru. Kondisi ini bisa terjadi ketika Anda harus berpindah tempat kerja atau mengikuti kepala keluarga.

ads

Sebenarnya Anda tidak perlu takut, karena setelah menemukan rumah baru, rumah kontrakan baru atau apartemen di tempat yang baru maka Anda bisa memperkirakan proses perpindahan. Cara ini juga sama seperti ketika Anda melakukan tips masuk rumah baru untuk pertama kalinya. Agar Anda tidak bingung lagi maka ikuti dulu daftar barang yang harus dibawa saat pindah rumah agar tidak repot.

1. Semua barang yang diwariskan keluarga

Setelah melihat jenis-jenis rumah tinggal yang akan Anda tinggali maka Anda bisa membuat keputusan yang sangat penting. Pada dasarnya tidak semua barang harus dibuang tapi harus dipilih sesuai dengan nilainya. Anda bisa memilih benda-benda yang diwariskan oleh keluarga sehingga itu memiliki nilai penting bagi keluarga Anda. Semua perabot dengan nilai sejarah keluarga yang tinggi dan menjadi benda kesayangan harus Anda bawa ke rumah yang baru.

2. Benda elektronik yang masih bisa digunakan

Ketika Anda akan pindah keluar kota misalnya luar pulau maka sangat penting untuk memilih benda elektronik yang bisa digunakan dan harus ditinggal. Berbagai jenis benda elektronik yang tidak mungkin dibawa bisa dijual atau diberikan kepada teman dekat. Namun benda elektronik yang besar dan menyulitkan proses pindah sebaiknya dijual saja. Hanya saja ada beberapa produk elektronik dasar yang harus dibawa misalnya mesin cuci. Namun intinya ada dua pilihan dari produk elektronik yaitu bisa dibawa atau tidak, sesuai dengan jarak lokasi pindah. Jika jaraknya dekat maka bisa dibawa semua, tapi kalau jaraknya jauh maka pertimbangkan yang penting saja.  

3. Dokumen penting

Kemanapun Anda pindah maka sangat disarankan untuk selalu membawa semua dokumen penting Anda. Dokumen yang tidak boleh ditinggalkan misalnya akte kelahiran, kartu KK, akte kematian, surat nikah, paspor, ijazah sekolah, dokumen asuransi, akte cerai (jika ada), dokumen kesehatan, dokumen wasiat, sertifikat tanah, akte jual beli, dan semua dokumen investasi. Berbagai dokumen seperti sertifikat dan tanda pengenal sangat diperlukan ketika Anda melakukan jual beli tanah dan rumah.

4. Benda koleksi dan foto

Semua jenis benda-benda yang termasuk dalam koleksi sebaiknya juga harus dibawa ke rumah yang baru. Semua benda koleksi biasanya memiliki nilai sejarah dan perjuangan yang sangat tinggi. Tentu sangat disayangkan jika memang harus ditinggal atau dijual ke pemilik baru. Kemudian berbagai jenis foto-foto yang klasik juga bisa dibawa. Meskipun Anda bisa menyimpan dokumen foto di gadget tapi hasilnya akan berbeda lagi ketika dicetak ulang. Karena itu sangat penting untuk membawa dan memilih mana foto yang layak untuk Anda. Tapi sebelum membawa semua benda ini maka perhatikan untuk memisah-misah lagi sehingga memudahkan langkah merapikan rumah ala Marie Kondo di rumah yang baru nanti.

5. Semua benda berharga

Semua jenis benda berharga sebaiknya ikut dibawa ketika Anda pindah ke rumah yang baru. Berbagai jenis benda berharga ini misalnya perhiasan. Tentunya perhiasan bukan benda sembarangan karena ini bisa menjadi sumber investasi. Perhiasan bisa dijual lagi dan bisa menjadi tambahan modal atau untuk kepentingan yang lain. Jika Anda harus pindah dengan jarak yang jauh maka bawa perhiasan dengan kotaknya di dalam tas Anda dan hindari menyimpan dalam koper dan bagasi. Selain perhiasan, benda berharga seperti tas, sepatu dan aksesoris bermerek sebaiknya juga dibawa.

6. Perlengkapan memasak dan kamar mandi

Selain benda-benda besar atau kecil yang berharga maka Anda juga bisa membawa berbagai jenis perlengkapan memasak atau alat dapur yang Anda sayangi. Hal ini sangat diperlukan terutama ketika berbagai perlengkapan dapur atau alat makan Anda sudah memiliki nilai sejarah dan tidak mungkin dijual lagi ditempat yang baru. Hanya saja Anda harus membawa benda-benda yang benar-benar berharga. Kemudian Anda juga bisa membawa berbagai perlengkapan mandi penting untuk keperluan darurat di rumah yang baru. Misalnya ketika sampai di rumah yang baru saat malam hari dan pasti sulit menemukan toko yang masih buka. Jadi pertimbangkan untuk membawa alat penting ini.

7. Berbagai perlengkapan darurat

Jika Anda pindah rumah dengan cara menempuh perjalanan darat atau menggunakan mobil sendiri maka Anda harus membawa berbagai perlengkapan darurat. Berbagai perlengkapan darurat ini misalnya seperti senter, charger, baterai, dan kotak P3K yang berisi perlengkapan perawatan darurat. Anda sebaiknya juga membawa berbagai jenis obat yang diperlukan sesuai kondisi Anda misalnya obat demam, obat luka, betadine, obat pusing, vitamin, dan jenis obat yang diperlukan untuk penyakit tertentu sesuai kesehatan Anda. Pastikan obat belum kadaluarsa sehingga aman.

8. Perlengkapan kamar tidur

Satu lagi barang yang sebaiknya memang dibawa ketika Anda pindah rumah, terutama jika jarak pindah rumah tidak terlalu jauh. Perlengkapan kamar tidur menjadi kebutuhan yang sangat penting karena tubuh Anda membutuhkan istirahat saat sampai di rumah yang baru. Berbagai perlengkapan misalnya seperti kasur, bantal, seprai, dan perlengkapan lain. Pertimbangkan bahwa benda-benda ini memang harus dibawa atau ditinggal atau dihibahkan. Jika jarak pindah terlalu jauh sampai keluar pulau maka sebaiknya memang ditinggal atau dihibahkan saja.

Tips Mau Pindah Rumah

  1. Pastikan bahwa lokasi rumah yang baru sudah siap, jika Anda menggunakan jasa agen maka bisa meminta bantuan agen.
  2. Pastikan memilih hari yang baik misalnya seperti hari libur dan waktu pindah yang baik yaitu di siang hari.
  3. Berpamitan kepada tetangga sekitar dan meminta maaf agar urusan kepindahan rumah lebih lancar.
  4. Pastikan rumah yang akan digunakan untuk tempat tinggal baru sudah bersih dari nyamuk, serangga dan hewan melata seperti ular.

Itulah berbagai daftar barang yang harus dibawa saat pindah rumah agar tidak repot. Anda bisa memilih lagi benda mana yang harus dibawa dan harus ditinggal sesuai kondisi perpindahan Anda.

, ,



Oleh :
Kategori : Perabot