Sponsors Link

21 Tips Menyimpan Pisau di Rumah agar Tidak Berkarat dan Tumpul

Dalam sehari hari pisau merupakan kebutuhan barang selalu kita gunakan, pisau dapur biasa dipakai untuk memasak, memotong dan mencincang berbagai bahan. Merawat pisau dibutuhkan keterampilan khusus yang harus dipelajari untuk bisa menjaga pisau tetap tajam. Berikut ada beberapa tips menyimpan pisau dan menjaganya supaya tetap tajam serta awet untuk dipakai sehari hari yang bisa dilakukan oleh siapapun dan dimanapun.

1. Gunakan lemon

Gunakan lemon untuk membalur permukaan pisau. Caranya sangat sederhana seperti ketika kita belajar tentang fungsi lemon untuk menghilangkan noda karena cat. Kadang pisau juga terkena cat karena goresan yang menyebabkan harus sering dibersihkan dengan lemon. Caranya sederhana yaitu campur larutan lemon dengan garam tambahkan air secukupnya untuk mendapatkan komposisi yang tepat, setelah itu simpan baik baik.

2. Bersihkan secara teratur

Setelah menggunakan untuk keperluan sehari hari maka bersihkan bilas keringkan dan simpan di tempat kering dan hindarkan dari keadaan basah ataupun sebaliknya yaitu keadaan yang selalu tertimpa cahaya, hal ini akan mempercepat dan membuat pisau karatan.

3. Pakai sabun

Pakai sabun untuk hasil yang ekstra maksimal agar keadaan permukaan pisau senantiasa terlindungi dari bakteri-bakteri penyebab jamur dan karatan.

4. Menjauhkan Pisau dari Wastafel

Maksud dari wastafel disini adalah jauhkan kebiasaan menaruh dahulu pisau di kubangan air atau di timba agar keadaan dari pisau ini senantiasa kering dan tidak terkontaminasi dengan berbagai macam zat yang terkandung di dalam air yang berada di dalam wastafel. Bukan hanya wastafel, kulkas juga harus dijauhkan dari pisau. Karena banyak orang yang masih sering menggunakan pisau untuk mencungkil bagian bunga es pada kulkas yang membuat kulkas dan pisau sama-sama bisa rusak.

5. Hindarkan dari matahari

Proses untuk menghindarkan pisau dari matahari mempunyai tujuan untuk mengurangi proses kimia antara oksigen dan air yang mendapatkan cahaya sehingga bisa membentuk karat.

6. Gunakan cairan anti karat

Setiap kali selesai menggunakan gunakan cairan anti karat untuk melindungi permukaan pisau agar senantiasa terhindar dari karatan yang diakibatkan berbagai latar belakang penggunaan pisau.

7. Pajang pisau

Setelah mempergunakan pisau, bersihkan dan bilas dengan sabun kemudian gantung di tempat yang aman sehingga tidak dalam posisi tergeletak di sebuah permukaan. Baca juga mengenai cara menata peralatan dapur agar rapi.

8. Pergunakan asam asetat

Asam asetat berguna ampuh melunturkan karat yang terbentuk.

9. Hindari lapisan kulit

Hindarkan pisau dari permukaan kulit saat selesai menggunakan agar tidak terjadi proses kimiawi yang dapat membentuk karat.

10. WD-40

Cairan WD-40 di dapat di toko kimia yang berskala industri kecil dan menengah. Fungsinya adalah untuk menghilangkan karat. Selain menggunakan cairan itu, Anda juga harus memastikan pisau tidak digunakan untuk memotong kabel yang mengalami masalah karena bisa menjadi salah satu dari penyebab listrik konslet pada rumah.

11. Oli

Gunakan oli selesai dipakai kemudian basuhlah dengan air sabun selama 10 menit kemudian keringkan dan simpan di tempat yang aman.

12. Olive oil

Setiap kali sehabis digunakan rendam dengan oil olive untuk menjadikanya selalu mengklap dan tahan dari karatan.

13. BOB

Merupakan cairan kimia Brownells Oxpho Blue yang digunakan setelah pisau dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

14. Camilia oil

Camilia oli dapat di temukan di toko kimia untuk mendapatkan pisau yang tahan karat dan aman dipakai sehari hari.

15. John’s Pasta

John’s pasta dapat di temukan di toko kimia untuk mendapatkan kilau cemerlang dan bebas karat.

16. Minyak mineral

Minyak mineral biasa dipergunakan oleh koki untuk selalu mendapatkan pisau yang tajam dan bebas dari karat aman digunakan sehari hari.

17. Minyak goreng

Minyak goreng dapat dipakai untuk menghilangkan kotoran yang bersifat asam kemudian dibilas dengan menggunaakan air sabun untuk mengangkat semua kotoran yang larut dengan minyak goreng.

18. Metal polish

Metal polish dapat ditemukan di toko kimia dengan cara menggosoknya secara berulang ulang di permukaan pisau dengan menggunakan bantuan kain kasar agar partikel dapat masuk ke pori pori permukaan.

19. Minyak katak

Minyak ini ada di toko kimia, dan dapat dipergunakan apabila pisau setelah dipakai memotong kayu atau benda yang keras untuk ukuran sebuah pisau.

20. D2

Sejenis kimia yang bisa di temukan di toko kimia. Kemasan berwarna oranye dan biasa dipergunakan untuk wax pada permukaan mobil untuk menghindarkan karatan yang membandel.

21. Minyak Nassal

Minyak ini biasa dipergunakan untuk membersihkan bahan logam dari karat dan biasa ditemukan di toko kimia dengan harga yang terjangkau, namun berbahaya untuk tangan, pakailah pelindung tangan saat mempergunakan minyak saat digosokan dipermukaan pisau.

Sejauh dan selama pisau dicuci dengan benar dan dikeringkan sesuai dengan tips menyimpan pisau di atas maka bisa dipastikan keaadaan pisau akan selalu tajam awet dan mudah untuk digunakan kapanpun karena tidak memerlukan biaya yang mahal untuk membeli pisau yang baru.

Kemudian apabila pisau dan peralatan dapur yang wajib dimiliki lainnya sudah terlanjur dalam keadaan berkarat, kotor dan tidak bisa lagi dibersihkan maka cobalah secara berulang ulang menggosokan pisau secara berulang-ulang langsung ke lemon yang sudah dipotong-potong agar ekstra asamnya akan melunturkan segala macam kotoran yang berada di permukaan pisau baik yang berada di sisi mata pisau langsung atau yang berada di gagang pisau.

, , ,



Oleh :
Kategori : Perabot