Sponsors Link

15 Jenis Tanaman Vertical Garden yang Cantik dan Asri

Vertical garden merupakan suatu konsep taman dengan posisi dan bidang vertikal. Konsep ini juga merupakan sebuah solusi yang tepat untuk  dapat menampilkan kesan hijau dan asri pada halaman yang kecil baik indoor maupun outdoor. Selain itu Anda juga dapat  memanfaatkan dinding rumah yang kosong, ataupun pagar pembatas lainnya seperti pergola dan pagar sebagai tempat untuk tumbuhnya tanaman. Konsep vertical garden juga bisa dikatakan sesuai dengan tanaman rambat untuk atap yang pastinya akan menambah nuansa unik hunian anda.

ads

Selain sebagai penghijauan, vertical garden juga memiliki beberapa manfaat lainnya seperti:

  • Sebagai unsur seni  untuk memperindah sebuah tempat tinggal
  • Untuk mengurangi polusi udara pada lingkungan hunian
  • Penyejuk ruangan secara alami
  • Membuat hunian terasa semakin asri

Tidak semua jenis tanaman bisa diaplikasikan pada sebuah tempat yang memiliki konsep vertical garden. Temukan juga beberapa referensi tanaman hias merambat untuk kanopi rumah anda. Berikut adalah beberapa jenis tanaman yang mempunyai karakteristik khusus untuk dapat ditanam pada konsep taman tersebut:

  1. Kuping Gajah

Tanaman ini memiliki  ciri khas dengan bentuk daunnya yang lebar berwarna putih keperakan dengan bentuk hati. Mungkin karena hal inilah yang membuat tanaman ini diberi nama kuping gajah. Perawatan yang dibutuhkan tanaman terbilang cukup mudah, karena tetap dapat tumbuh walaupun tidak mendapatkan asupan air yang terlalu banyak. Layaknya kaktus yang menyimpan cadangan air yang cukup untuk proses fotosistesisnya. Ketahui pula manfaat kaktus dalam ruangan yang sangat menakjubkan.

2.  Lili Paris

Ciri khas dari tanaman ini dapat dilihat dari bentuk daunnya yang kecil memanjang. Dengan warna garis putih kekuningan di atasnya yang semakin mepercantik tanaman ini. Jenis tanaman  ini termasuk sangat mudah dalam perawatannya.

Salah satu tanaman yang tahan terhadap sinar matahari, walaupun tumbuhnya dapat lebih maksimal jika ditempatkan pada lokasi yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

  1. Begonia

Tanaman ini memiliki  karakteristik pada corak daunnya yang unik dan indah. Perpaduan warna merah pada bunga dan hijau pada daun menjadikan begonia tanaman cantik. Salah satu tanaman yang direkomendasikan sebagai salah satu jenis tanaman vertical garden untuk hunian Anda.

Begonia tidak memerlukan banyak sinar matahari untuk dapat tumbuh dengan maksimal. Sehingga sangat cocok untuk ditempatkan didalam ruangan sebagai bagian dari elemen indoor interior yang cantik.

  1. Mandevilla

Termasuk dalam kategori tanaman rambat yang indah, dengan campuran warna bunganya yang beraneka ragam. Beberapa warna bunganya terdiri dari warna putih, kuning, dan merah yang tahan terhadap serangan hama dan sinar matahari langsung. Sehingga cocok untuk ditanam pada suatu lokasi yang beriklim tropis dan mudah tumbuh sepanjang tahunnya.

Karakteristik dari bentuk batangnya yang selalu tumbuh secara tidak searah, sehingga dapat dibentuk sebagai tanaman pagar yang teduh. Gunakan tali rafia untuk mengikat tanaman ini pada pagar yang akan digunakan sebagai tempat tumbuhnya tanaman ini, sehingga tumbuhnya tetap dapat mengikuti bentuk pagar.

  1. Bougenvile

Bougenvil termasuk tanaman yang mudah untuk dirawat. Bougenvil termasuk tanaman yang berbunga sepanjang tahun. Warna bunganya terdiri dari berbagai ragam warna yang indah seperti merah, ungu, merah muda dan oranye.

Karakteristik tanaman ini yang rimbun dan berkelompok, sehingga dapat dibentuk menjadi tanaman hias seperti bonsai. Dibentuk dengan menggunakan bagian batangnya yang besar ataupun dibentuk sebagai tanaman rambat pada bentuk bidang vertikal.

  1. Lipstick Plant

Tanaman ini sering disebut dengan istilah bunga lipstik karena warna merah menyalanya menyerupai pemulas bibir. Bunga lipstik ini memang cocok dijadikan tanaman gantung. Karena tidak butuh tanah yang dalam untuk hidup, tanaman ini cocok untuk taman vertikal baik yang indoor maupun outdoor.

Sama halnya seperti tanaman anggrek, tanaman ini mempunyai karakteristik sebagai tanaman rambat yang tumbuhnya menempel di pepohonan besar. Karakteristik lainnya adalah tetap dapat tumbuh tanpa media tanah yang dalam, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias atau tanaman gantung, baik indoor maupun outdoor.

  1. Morning Glory

Morning Glory termasuk jenis tanaman merambat dengan  karakteristik batangnya yang berbentuk pipih, daunnya yang berbentuk segitiga dan bunganya yang menyerupai terompet dengan campuran warna merah muda, magenta, biru keunguan dan putih. Uniknya tanaman ini mempunyai bunga yang mekarnya hanya pada setiap pagi hari, dengan mengeluarkan aroma wangi yang menyegarkan.

Pertumbuhannya relatif cepat setiap musimnya karena mempunyai benih yang dapat menyebar dan tumbuh dengan sendirinya. Keunikan lain dari morning glory adalah, pada bagian batang dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 15 kaki.

Dengan keunikan tersebut, di lokasi  yang mempunyai iklim tropis, tanaman ini biasa digunakan sebagai tanaman rambat pada pergola atau pagar yang teduh dan asri.


  1. Jalaran Api

Termasuk salah satu dari keluarga tanaman merambat yang mempunyai warna jingga layaknya api yang berkobar. Tanaman yang menyerupai kobaran api yang unik dan cantik untuk dilihat. Cocok untuk ditempatkan pada pergola, bidang vertikal lainnya seperti dinding dan pagar. Warnanya yang cerah dan menyala dipercaya akan menimbulkan aura positif bagi rumah Anda. Tertarik untuk membudidayakannya sebagai hiasan taman anda ?. Perawatannya pun cukup mudah dan tidak mengharuskan terkena sinar matahari setiap harinya.

  1. Melati Irian

Nama lain dari tanaman ini adalah Flame of The Forest, yang berasal Papua Irian Jaya. Harga tanaman ini  relatif cukup mahal sehingga dapat digolongkan sebagai tanaman mewah. Di dunia internasional tanaman ini terkenal dengan sebutan Scralet Jade Vine, Red jade Vine dan New Guinea Creeper. Sementara di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Kuku Macan, Anggrek Irian atau Bunga Api Irian.  Karakteristik unik dari bunga ini adalah, akan memunculkan kuncup-kuncup bunga setelah bunganya rontok. Jenis tanaman ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tanaman pergola ataupun tanaman pagar.

Bentuk bunganya tampak seperti kacang polong dengan ukuran besar, dengan kelopaknya yang berbentuk melengkung menyerupai kuku. Penyerbukan tanaman ini umumnya dimediasikan oleh kelelawar, dan dapat menghasilkan biji yang dapat mengapung. Bentuk bijinya juga cukup unik, berbentuk tiga lapis menyerupai mata mamalia yang berukuran besar.

  1. Kembang Sungsang

Bentuk bunganya terlihat tidak biasa dan eksotis. Mahkotanya mempunyai kombinasi warna merah dan kuning. Pada bagian  kelopak  mempunyai warna hijau muda yang menghadap ke bawah. Di saat tumbuh mekar, kelopaknya akan tumbuh memanjang dan berkerut. Dan selanjutnya secara bertahap tumbuhnya akan menjadi berbentuk melengkung kebelakang.

Tanaman ini termasuk golongan tanaman merambat yang  penempatan tumbuhnya sebaiknya dikombinasikan dengan tanaman hijau lain dalam golongan rambat yang sama, karena kembang sungsang mempunyai batang yang kurang kuat apabila ditanam dan ditempatkan secara berdiri sendiri.

  1. Wisteria

Wisteria bisa menjadi pilihan yang menarik apabila Anda menginginkan tanaman rambat yang unik. Karena jenis tanaman ini termasuk dalam golongan keluarga tumbuhan subtropis, akan cukup sulit  untuk menanamnya di wilayah yang beriklim tropis. Sehingga dibutuhkan teknik tertentu didalam perawatannya.

Terutama sekali pada saat proses pembibitan dan pemindahan lokasi tanam nya ke media tanah. Tumbuhan ini termasuk dalam tanaman rambat yang dapat tumbuh hingga sepanjang 20 meter, dan berumur hingga usia ratusan tahun. Selain itu harganya pun terbilang cukup mahal untuk dimiliki.

  1. Soapwort

Tanaman berwarna khas ungu ini dapat digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman yang memiliki sifat tahan terhadap sinar matahari. Dan juga mempunyai sifat yang tidak mudah menyerap kelembaban terlalu banyak, sehingga lebih cocok menjadi tanaman yang ditanam secara outdoor. Warnanya yang cantik akan menambah view elegant pada taman bagian luar rumah anda.


  1. Tanduk Rusa

Bentuk  jenis tanaman ini tergolong unik, dimana mengingatkan kita pada bentuk tanduk rusa jantan. Cara pengembang biakannya dilakukan dengan spora. Tanduk rusa merupakan tanaman yang sangat suka dengan  tempat yang lembab dan teduh sebagai tempat tumbuhnya.

Atau dapat juga tumbuh menempel pada batang kayu. Apabila ditempatkan pada media tanam yang tepat, akan sangat cocok digunakan sebagai tanaman vertical garden. Kelebihan lain dari tanaman ini adalah  sangat mudah didalam melakukan perawatannya.

  1. Petrea Volubilis

Petrea termasuk dalam kategori tanaman hias merambat yang dapat berbunga sepanjang tahun, dengan perawatan tanaman yang tidak terlalu sulit. cukup hanya dengan menyiramnya satu kali dalam satu hari, dan meletakkannya di tempat yang cukup mendapatkan sinar matahari secara penuh. Anda dapat menanamnya dengan cara membiarkannya merambat pada media tertentu, atau dengan cara menanamnya di pot gantung.

Tanaman perdu ini berasal dari wilayah Amerika Tengah yang juga dikenal sebagai Queen’s Wreath, Purple Wreath, Blue Bird Vine dan Purple Vine. Petrea Volubis dapat tumbuh subur pada kawasan tropis maupun pada kawasan yang cukup dingin. Keunikan dari bunga ini adalah, bunganya akan mengalami perubahan warna sebelum gugur. Bunganya yang berwarna ungu kebiruan ataupun putih perlahan akan  memucat, kemudian berubah warna menjadi hijau, dan akhirnya gugur.

  1. Air Mata Pengantin

Tanaman ini dikenal juga sebagai Bunga Coral Vine yang berasal dari daerah Mexico. Warna bunganya sangat indah dengan nuansa romantis yang berwarna merah muda atau magenta. Air mata pengantin merupakan  tanaman hias atau tanaman ornamental yang cantik dan tahan terhadap kekeringan. Didalam sistem menanamnya, tanaman ini dapat di kombinasikan dengan tanaman lain, misalnya dengan jenis tanaman perdu lainnya seperti bougenvile dan mawar perambat.

Selain itu didalam penanamannya, sangat dianjurkan menggunakan sistem sustainable landscaping dan permakultur. Didalam sistem ini, tanaman akan difungsikan untuk memiliki lebih dari satu fungsi. Pada umumnya selain difungsikan sebagai tanaman hias, akan difungsikan pula sebagai tanaman yang menghasilkan sumber makanan.

Demikian sedikit  ulasan mengenai  jenis tanaman vertical garden yang dapat membuat rumah anda menjadi semakin terlihat hijau dan asri. Ketahui juga beberapa cara membuat vertical garden dengan karpet yang sudah tidak terpakai serta cara membuat vertical garden dari paralon. Semoga bermanfaat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Taman