Sponsors Link

7 Penyebab Listrik Konslet pada Rumah Tinggal

penyebab listrik konsletBerbagai jenis-jenis rumah tinggal dengan macam-macam konsep bangunan yang digunakan sejatinya dibangun untuk melindungi penghuni rumah dari ancaman yang membahayakan. Ancaman tersebut bisa datang dari lingkup dalam rumah maupun luar rumah. Jika bicara dari segi luar rumah, biasanya dapat berupa maling. Untuk itu rumah dipoteksi dengan berbagai macam jenis alarm rumah serta alat pengaman rumah sebagai cara mencegah rumah kemalingan. Namun apa jadinya jika ternyata bahaya tersebut datang dari dalam rumah? Apakah bahaya yang memungkinkan ini?

ads

Bahaya yang berasal dari dalam rumah bisa beragam, dimana salah satunya adalah konsleting listrik yang dapat memicu api. Peristiwa konsleting listrik memang bukanlah suatu hal yang jarang terjadi. Bahkan mungkin banyak berita yang menyiarkan tentang musibah ini. Namun sebenarnya, apa yang dimaksud dengan konsleting itu sendiri? Konsleting listrik atau biasa juga disebut dengan korsleting listrik, merupakan sebuah hubungan tahanan listrik yang amat kecil, sehingga dapat mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar. Apabila hal ini tidak secepat mugkin ditangani, maka kemungkinan besar dapat menyebabkan terjadinya ledakan hingga kebakaran. Pada kasus ini, penghantar atau kabel yang bertegangan akan tersambung langsung pada bagian penghantar netral.

Listrik konlset yang dapat terjadi dapat memicu terjadi kebakaran serta masalah berbahaya lainnya. Untuk itu, listrik konslet perlu diatasi sesegara mungkin dengan cara memperbaiki listrik konslet yang baik dan benar. Penyebab paling umum yang dapat memicu terjadinya listrik konslet adalah kabel listrik yang mengelupas yang akibatnya beberapa saluran bertegangan akan menempel pada saluran yang netral. Selain itu, terdapat beberapa penyebab umum yang dapat memicu terjadinya konslet listrik. Berikut ini adalah beberapa penyebab listrik konslet yang wajib Anda ketahui, yakni:

  1. Isolator atau kulit pembungkus kabel instalasi ropos

Penyebab pertama yang dapat memicu terjadinya listrik konslet adalah kabel instalasi yang tanpa sepengetahuan di gigit oleh hewan seperti tikus dan sebagainya. Anda tidak boleh menganggap remeh hal ini, terlebih jika kabel dipasangkan pada bagian plafon dan tidak diberikan pengaman seperti pipa condoit pada saat pemasangan. Pada saat kabel terkelupas, inti tembaganya akan terbuka dan rentan sekali beradu, yang akan menyebabkan listrik konslet.

  1. Tidak menggunakan kabel yang sesuai dengan beban listrik

Perlu Anda perhatikan bahwa kabel merupakan komponen yang penting dalam proses pemasangan instalasi listrik. Maka dari itu kabel yang dipasang harus sesuai dengan standar beban yang mengalir pada kabel tersebut. Apabila kabel tidak sesuai standar, maka lama kelamaan kabel akan panas dan kulitnya meleleh oleh panas tersebut. Hal ini dikarenakan beban listrik yang mengalir pada kabel lebih besar dibandingkan dengan inti kabel atau kapasitas penghantar inti kabel.

Sponsors Link

  1. Bagian stop kontak kemasukan air

Apabila rumah Anda sering mengalami kebocoran atau banjir, hal ini perlu diperhatikan. Sebab hal ini dapat menyebabkan terjadinya listrik konslet. Air yang tidak sengaja mengenai stop kontak atau kabel akan memicu terjadinya arus pendek hingga akhirnya konsleting listrik. Konsleting pada stop kontak mungkin akan mudah untuk diperbaiki. Namun beda halnya jika yang terkena air justru merupakan instalasi yang berada di atas plafon.

Pekerjaan menjadi lebih rumit karena banyak komponen yang terlibat. Anda juga tidak bisa langsung membetulkan jika tidak benar-benar mengetahui. Oleh karena itu, jika hal ini sudah terlanjur terjadi Anda perlu menghubungi tenaga ahli. Apabila rumah Anda mengalami kebocoran dan banjir, hal ini harus segera diatasi sesegera mungkin supaya konsleting listrik tidak kembali terjadi.

  1. Lampu listrik putus

Listrik konslet ternyata juga dapat disebabkan oleh lampu listrik yang putus atau timah pitingan yang meleleh. Hal ini juga dapat memicu adanya arus pendek yang menjadi penyebab listrik konslet. Kejadian ini biasanya terjadi pada jenis lampu pijar yang diletakkan pada halaman rumah. Lampu ini memang sengaja tidak dimatikan karena berfungsi sebagai penerangan pada malam hari. Namun justru inilah yang dapat menjadi penyebabnya.

  1. Pemakaian secara terus menerus

Kebutuhan manusia terhadap peralatan elektronik memang tidak bisa dipungkiri kembali. Karena alat elektronik dapat membantu memudahkan berbagai macam aktivitas dan kebutuhan. Namun terkadang kita suka lupa untuk mengistirahatkan elektronik tersebut agar mesin tidak bekerja secara terus menerus. Kecanduan akan alat eletronik memicunya terus bekerja dan aktif tanpa istirahat. Pemakaian terus menerus inilah yang dapat menjadi salah satu penyebab listrik konslet. Oleh karena itu, Anda juga perlu membatasi penggunaan elektronik di rumah.

Sponsors Link

  1. Sambungan kabel tidak standar

Kejadian listrik konslet juga dapat disebabkan oleh sambungan kabel yang tidak menguti dengan standar atau aturan. Pelanggaran ini mungkin dianggap kecil dan sepele, namun dapat berakibat fatal.

  1. Kondisi MCB lemah

MCB berperan sebagai pengaman sekaligus pemutus dan penghubung aliran listrik. Apabila kondisi MCB sudah lemah, maka kekuatannya akan semakin menurun. Hal ini dapat menyebabkan trip sering turun.

Demikianlah beberapa penyebab listrik konslet yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,



Oleh :
Kategori : Elektronik