Sponsors Link

2 Cara Mengusir Lalat dengan Bawang Putih Paling Ampuh

Mengusir berbagai jenis serangga bisa menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Hal ini terjadi ketika kita ingin menciptakan rumah yang bersih dari serangga. Salah satunya seperti lalat yang memang menyukai lingkungan rumah. Serangan lalat paling sering terjadi ketika rumah kotor, ada sumber bau dari tempat sampah dan sumber bau menyengat dari berbagai jenis sayuran, daging, dan buah yang ada diluar pendingin atau kulkas. Dengan cepat lalat akan masuk ke rumah dan beterbangan ke semua bagian rumah.

Sementara lalat membawa  berbagai jenis kuman, bakteri dan virus yang bisa menular ke manusia. Misalnya ketika lalat hinggap ke makanan di atas meja lalu mengeluarkan kotoran dan secara tidak sengaja kotoran ikut termakan. Pasti akan menyebabkan sakit perut, diare dan risiko penyakit lain. Karena itu diperlukan cara mengusir lalat di dalam rumah. Nah kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai cara mengusir lalat dengan bawang putih paling ampuh.

1. Menjebak Lalat dengan Botol Berisi Bawang

  • Pilih bawang. Langkah pertama adalah dengan memilih bawang putih yang akan digunakan untuk mengusir lalat. Ada banyak jenis bawang yang bisa Anda temukan dipasar, tapi untuk mengusir lalat sebaiknya dari bawang putih yang masih berbentuk kelompok siung bawang yang besar. Bagian satu siung besar bawang masih terbungkus oleh kulit kering.
  • Kupas bawang. Kemudian kupas bawang dari mulai kulit luar kemudian satu per satu bawang putih. Jangan sampai mengupas bawang sampai ke daging  buahnya karena saat dicuci maka kandungan aromanya bisa larut dalam air.
  • Cuci bawang. Lalu setelah siap cuci bawang di bawah air mengalir. Jangan merendam bawang atau mencuci bawang dengan air hangat karena nutrisinya bisa hilang dan kurang ampuh untuk mengusir lalat. Bawang putih juga menjadi tanaman pengusir nyamuk namun caranya lain dengan cara membuat pengusir lalat.
  • Haluskan bawang. Setelah siap maka haluskan bawang putih. Jika sedikit maka bisa dihaluskan secara manual tapi jika banyak maka bisa menggunakan blender yang sudah menjadi peralatan dapur yang wajib dimiliki. Usahakan untuk menggiling bawang tanpa air atau dengan sedikit air saja untuk mempertahankan aroma bawang putih.
  • Sangrai bawang sebentar. Kemudian setelah bawang putih halus maka Anda bisa menumis atau menyangrai bawang putih sebentar saja. Sebenarnya ini bisa dilakukan atau tidak karena sesuai dengan selera Anda. Jika Anda ingin aroma yang sangat tajam maka bisa menumis dengan sedikit minyak goreng.
  • Masukkan ke dalam botol bening. Setelah siap maka masukkan bawang putih tersebut ke dalam botol-botol plastik atau kaca. Lalu letakkan saja di tempat yang sering dikunjungi lalat. Dalam waktu singkat pasti lalat tidak akan datang lagi dan rumah Anda bersih. Tentu saja Anda juga harus melakukan cara menjaga kebersihan rumah secara teratur agar rumah tidak banyak lalat.

Selain hanya meletakkan botol berisi bawang maka Anda juga bisa menjebak lalat. Caranya adalah dengan membuat botol tersebut tetap terbuka. Ketika lalat masuk ke dalam botol maka tutup botolnya dan pasti lalat akan mabuk dengan aroma bawang sampai mati. Setelah itu bersihkan botol dan isi lagi dengan bawang yang baru saja dibuat.

2. Membuat Semprotan Aroma Bawang Putih

Selain menggunakan bawang dalam botol untuk mengusir lalat maka Anda juga bisa membuat aroma bawang yang digunakan dengan mudah. Berikut ini cara membuatnya.

  • Pilih beberapa siung bawang putih yang masih segar agar aroma yang dihasilkan lebih kuat.
  • Kupas bawang putih sampai bersih. Jika menemukan bawang putih yang busuk atau berjamur maka buang saja karena bisa merusak aroma bawang putih yang bersih.
  • Cuci bersih  bawang putih dengan air mengalir.
  • Cincang bawang putih menjadi potongan yang halus.
  • Campur dengan garam kemudian aduk sampai bercampur merata.
  • Masukkan air ke dalam botol semprot kemudian tambahkan beberapa bawang putih yang sudah dicincang.
  • Semprotkan ke area yang sering didatangi lalat secara merata. Jangan mengelap cairan yang sudah disemprotkan dan biarkan sampai kering alami. Jika lalat masih kembali maka semprot lagi secara berulang.
  • Jika area yang akan disemprot dekat dengan tanaman atau tanaman hias gantung maka lakukan dengan hati-hati. Air bawang ini memang sangat ampuh untuk membunuh berbagai jenis serangga seperti serangga di daun dan bunga tapi jika terlalu banyak maka bunga bisa kering dan mati.

Mengapa Bawang Putih Tidak Disukai Lalat?

Bawang putih sebenarnya adalah bumbu masakan yang bisa menimbulkan aroma dan rasa gurih yang sangat kuat. Bahkan penggunaan bawang putih bisa menggantikan penyedap masakan dan garam. Hanya saja beberapa orang tidak menyukai bawang putih karena aroma yang cukup menyengat. Keringat dan air liur yang dihasilkan juga bisa berbau. Nah inilah yang tidak disukai oleh lalat. Ketika lalat dekat dengan bawang putih maka mereka akan mabuk, mati dan kering. Bawang putih menjadi racun bagi lalat karena mengandung bahan seperti:

  1. Senyawa allicin. Senyawa allicin akan keluar lebih banyak dari bagian bawang putih saat dipotong, dimana senyawa ini dihasilkan oleh senyawa lain yaitu aliin. Allicin akan rusak dan keluar ketika bawang putih dihancurkan dan kemudian menyebar menjadi aroma. Bahkan aroma inilah yang keluar ketika Anda memasak bawang putih. Jika tubuh manusia bisa menerima allicin namun tubuh lalat tidak dan akibatnya akan rusak karena racun.
  2. Sulfur. Bawang putih juga mengandung sulfur yang sangat tinggi. Sulfur ini termasuk senyawa yang dibenci oleh lalat karena itu ketika lalat mencium aroma sulfur dari bawang putih maka akan keracunan dan melayang. Bahkan tidak hanya lalat saja yang tidak suka dengan sulfur, juga binatang seperti laba-laba, cicak, anjing dan kucing. Mereka bisa terkena racun akibat kandungan sulfur dalam bawang putih.

Itulah penjelasan mengenai cara mengusir lalat dengan bawang putih paling ampuh. Anda bisa memilih salah satu cara atau keduanya untuk membersihkan lalat dari rumah. Dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan rumah Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : PEST