Sponsors Link

21 Cara Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan

Rumah merupakan tempat anda menemukan kenyamanan dan tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Nyamannya sebuah hunian ditentukan salah satunya oleh kebersihannya. Anda harus selalu memastikan hunian keluarga anda bersih, terutama dari kecoa. Penyebab Kecoa Banyak di Rumah disebabkan rumah tidak bersih yang keberadaannya menjadi ciri rumah tidak sehat. Untuk memelihara kebersihan rumah, Rumah Lia memiliki tips-tips cara menjaga kebersihan rumah, yaitu:

ads
  1. Letakkan keset di pintu masuk

Anda tentu tidak ingin kotoran yang berasal dari luar ruangan terbawa masuk bukan? Debu, pasir hingga lumpur dapat saja menempel di kaki. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan kaki pada keset sebelum memasuki rumah. Dengan begitu setidaknya kotoran tidak akan terbawa masuk dan membuat kotor hunian anda. Sesuaikan keset dengan lebar pintu, karena pintu rumah ada berbagai jenisnya.

Artikel pintu :

  1. Lepas sepatu anda sebelum memasuki rumah

Meskipun anda sedang mengenakan sepatu kesayangan, pastikan untuk melepasnya sebelum memasuki bangunan rumah. Sepatu yang anda kenakan dapat membawa bermacam-macam kotoran dari luar yang tidak anda ketahui. Contohnya kotoran permen karet, yang jika terbawa sampai dalam ruangan bisa menjadi penyebab banyak semut di rumah.

  1. Sapu rumah setiap hari

Selalu ada kotoran dan debu yang masuk kedalam bangunan. Sapulah hunian anda setidaknya dua kali sehari, yaitu setiap pagi dan sore untuk memastikan lantai selalu bersih dari sampah. Jika anda tinggal di rumah susun atau apartemen, perhatikan arah ketika anda menyapu keluar. Jangan sampai sampah yang anda sapu mengotori tetangga di bawah atau sebelah rumah anda. Menjaga rumah agar tetap bersih merupakan Ciri-Ciri Rumah Sehat dan Bersih rumah dari kotoran.

  1. Segera cuci piring

Setelah jam makan usai, jangan tinggalkan meja makan begitu saja. Segera bawa piring kotor ke dapur dan cucilah semuanya. Hindari menunda-nunda untuk mencuci piring dan gelas kotor. Cucian yang menumpuk bahkan sampai meluap keluar wastafel akan menjadikan dapur kotor dan tidak nyaman.(Baca : Cara Membersihkan Peralatan Dapur Dari Stainless Steel, Cara Perawatan Dapur Paling Mudah)

  1. Kipas angin harus selalu bebas debu

Jika anda menggunakan kipas angin di rumah, pastikan baling-balingnya tidak menumpuk debu. Seringkali kipas angin luput dari perhatian. Padahal, kipas angin dapat menjadi sarang debu. Ada Cara Membersihkan Debu untuk membersihkan kipas angin anda. Jika sudah dipenuhi debu dan tetap digunakan, maka kipas angin akan menyebarkan debu ke seluruh penjuru bangunan hunian anda. Ada Cara Membersihkan Kipas Angin yang benar dan mudah, yaitu dengan cara membongkar kipas dengan cara menggunakan obeng. Biasanya kipas dengan mudah dapat dibuka tanpa menggunakan obeng.

  1. Santap makanan anda di meja makan

Biasakan untuk menyantap makanan di meja makan, bukan di sofa ruang tamu (baca: Model Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil dan Sempit) apalagi di kasur kamar tidur. Serpihan makanan, kuah sup atau bulir nasi dapat saja tercecer. Tentu tidak menyenangkan jika anda menemukan serpihan makanan saat sedang duduk di sofa menonton televisi atau bahkan pada bantal kamar anda.


  1. Taruh kotak sampah di setiap ruangan

Ada banyak macam sampah di dalam rumah, oleh karena itu sediakan kotak-kotak sampah di setiap ruang seperti kamar tidur, ruang keluarga dan dapur. Hal ini juga akan mempercepat proses pengumpulan dan pembuangan sampah.

Artikel tips menata ruangan :

  1. Sediakan tisu atau lap

Anda tidak akan tahu kapan akan terjadi tumpahan minuman atau kotoran di tengah ruangan. Oleh karena itu, sediakan tisu atau lap di tempat terjangkau agar kotoran dapat selalu dibersihkan dengan cepat agar tidak terinjak atau meluas ke bagian rumah lainnya

  1. Awasi hewan peliharaan

Hunian yang memiliki hewan peliharaan harus memberi perhatian ekstra pada kebersihan rumahnya. Hewan peliharaan anda mungkin saja sewaktu-waktu membuang kotoran di sembarang tempat. Hal ini tentu akan menimbulkan bau kurang sedap, oleh karena itu selalu awasi hewan peliharaan anda di dalam rumah.

  1. Beri tanggung jawab pada setiap penghuni rumah

Dalam menjaga kebersihan hunian keluarga, perlu adanya kontribusi dari setiap penghuni rumah. Libatkan setiap orang dengan cara membagi-bagi tugas atau dengan memberikan tanggung jawab kepada mereka atas kebersihan kamar tidur masing-masing.

  1. Bersihkan langit-langit

Langit-langit rumah juga dapat menyimpan debu atau bahkan sarang laba-laba. Jangan sampai langit-langit hunian anda luput dari perhatian karena letaknya yang tinggi. Bersihkan langit langit menggunakan sapu khusus bergagang panjang yang dapat menjangkaunya.

  1. Susun kulkas dengan rapi

Kulkas atau lemari pendingin berisi berbagai macam makanan mulai dari sayuran segar hingga makanan kaleng. Selalu periksa kulkas anda untuk mengecek apakah ada makanan atau minuman yang telah kadaluwarsa/basi. Makanan atau minuman basi dapat mencemari isi kulkas dan menjadi tempat tumbuhnya bakteri.(Baca : Cara Membersihkan Freezer KulkasCara Membersihkan Kulkas Dua Pintu)

  1. Bersihkan karpet

Jika anda memasang karpet di ruangan hunian, bersihkan secara teratur menggunakan alat penyedot debu atau vacuum cleaner. Debu dan kotoran sangat mudah untuk menempel di karpet dibanding di lantai, oleh karena itu karpet rumah harus senantiasa dibersihkan. Ada Cara Membersihkan Karpet  yang bisa anda lakukan sendiri, yaitu dengan cara menggunakan vacum cleaner, air hangat yang dicampur garam, cairan cuka, banking soda, es batu, dan masih banyak cara mudah lainnya.

  1. Beri keset di depan kamar mandi

Seringkali penghuni rumah keluar dari kamar mandi dalam keadaan masih basah. Agar air tidak terciprat dan membuat becek ke area ruangan, letakkan keset di depan pintu kamar mandi anda. Hunian yang becek akan membuat kotor dan kurang nyaman.

Tips perawatan kamar mandi :

  1. Periksa kolong ranjang

Daerah kolong ranjang acap kali lembab dan berdebu, terkadang juga menjadi tempat anda menyimpan barang seperti kardus. Selalu periksa kolong ranjang dan bersihkanlah dari sarang laba-laba dan debu yang bersemayam disana.

  1. Bersihkan bagian atas lemari

Hampir setiap bagian ruangan di rumah terdapat lemari, baik lemari baju, lemari buku atau lemari penyimpanan. Bagian atas lemari bisa menyimpan debu-debu tebal. Walau bagian tersebut tak terlihat, tetap rutin membersihkannya karena bisa menjadi sumber penyakit.

Info tips terkait :

  1. Gantilah tirai secara berkala

Tirai atau gorden yang menutupi jendela hunian anda menyimpan debu, karena menjadi partisi sirkulasi udara. Cara Membuat Gorden atau tirai bisa anda lakukan sendiri di rumah. Pastikan untuk mengganti tirai rumah anda dengan yang baru secara berkala, terutama jika sudah terlihat kotor oleh debu. Jangan sampai ventilasi yang memiliki fungsi bagi kesehatan justru menjadi ancaman bagi kesehatan penghuninya.

Jenis-jenis gorden dan tips :

  1. Buang sampah yang menyangkut di wastafel dapur

Cucian piring yang diletakkan di wastafel seringkali masih berisi sisa-sisa makanan, dan tidak dibuang ke tempat sampah melainkan langsung dibilas. Hal ini membuat sisa makanan tersebut tersangkut di lubang wastafel. Buanglah sampah makanan tersebut agar tidak menghambat air dan membuat bau.


  1. Selalu cek dispenser

Ketika mengambil minum, terkadang anda tidak sadar bahwa air pada penampung air meluap dan menjadikan lantai dibawahnya basah. Selalu cek dispenser apakah penampung air perlu dikosongkan atau area dispenser harus di-lap. Dan tidak lupa selalu bersihkan dispenser agar tetap awet dan tentunya terlihat bersih. Cara Membersihkan Dispenser sangat gampang.

  1. Selalu kembalikan barang pada tempatnya setelah digunakan

Setelah anda menggunakan barang-barang seperti sapu atau pel lantai, taruhlah kembali pada tempatnya semula. Jangan biarkan barang tersebut diletakkan sembarangan. Selain membuat berantakan, sapu dan pel lantai bisa membuat kotor ruangan rumah anda. Sapu dan pel juga tidak boleh diletakkan sembarangan agar tidak cepat rusak (baca: Tips Merawat Peralatan Rumah Tangga)

21. Bersihkan tangga

Tangga dalam bangunan hunian tidak boleh luput dibersihkan dengan teliti karena biasanya debu-debu menumpuk di sudut-sudut tangga. Biasanya tangga hanya dibersihkan sekenanya karena ada beberapa Jenis Tangga Rumah Minimalis Jenis-jenis Tangga Rumah seperti jenis spiral cukup sulit dijangkau seluruh bagiannya.


Artikel Lainnya


, ,



Oleh :
Kategori : Kebersihan