Sponsors Link

11 Solusi Kamar Mandi Tanpa Ventilasi Agar Tidak Lembab Dan Bersih

Kamar mandi menjadi tempat yang sangat penting di setiap rumah. Tanpa kamar mandi maka berbagai keperluan pribadi akan sulit dilakukan. Karena itu kamar mandi harus menjadi tempat yang nyaman untuk menunjang beberapa hal. Hanya saja terkadang kamar mandi dipikirkan paling akhir ketika membuat desain rumah. Kamar mandi juga cenderung memiliki ukuran yang kecil dibandingkan ruangan lain. Pertimbangan ini karena fungsi dari kamar mandi itu sendiri.

Namun ternyata membuat desain kamar mandi memang tidak boleh sembarangan. Kunci utama ketika membuat kamar mandi adalah bersih dan tidak lembab. Jika kamar mandi kotor dan lembab maka bau dari kamar mandi bisa menyebar ke semua bagian rumah. Karena itu ventilasi juga harus dipertimbangkan dengan baik. Berikut ini adalah solusi kamar mandi tanpa ventilasi agar tidak lembab dan bersih.

Desain Kamar Mandi Tanpa Ventilasi

  • Warna cerah 

Tanpa ventilasi maka sebenarnya kamar mandi bisa berkesan gelap dan kotor. Karena itu hindari kondisi ini dengan memilih material kamar mandi dengan bahan yang berwarna cerah. Misalnya menggunakan kemarik lantai kamar mandi berwarna putih. Warna putih juga bisa digunakan untuk keramik dinding kamar mandi. Agar tidak terpeleset maka sebaiknya keramik yang dipilih juga khusus untuk kamar mandi. Dan jika Anda masih ragu maka ikuti tips memilih keramik kamar mandi.

  • Pencahayaan penuh

Selain memberi sentuhan desain yang menawan pada kamar mandi tanpa ventilasi, maka Anda juga bisa menerapkan pencahayaan penuh. Sumber cahaya bisa diletakkan pada pusat langit-langit sehingga cahaya menyebar ke semua ruangan. Kemudian pasang juga lampu pada bagian atas wastafel atau dekat dengan closet. Cahaya yang terang akan membuat kondisi kamar mandi lebih nyaman dan tidak berkesan kotor. Lampu gantung juga bisa jadi lampu yang indah untuk kamar mandi tanpa ventilasi.

  • Permainan warna

Setelah menerapkan warna kamar mandi yang cerah maka beri sentuhan interior pada kamar mandi. Pilihlah warna-warna yang menarik dan cerah untuk wastafel, closet, shower dan bak mandi. Efek warna ini memberi kesan kamar mandi yang ceria dan nyaman. Perpaduan warna ini juga bisa mengikuti aturan warna cat kamar mandi menurut feng shui.

  • Gunakan cermin pada dinding

Jika kamar mandi cukup kecil tidak memiliki ventilasi maka bisa memberi kesan yang sempit dan kurang nyaman. Untuk memperluas pandangan di kamar mandi maka gunakan efek visual dari cermin dinding. Cermin sangat penting untuk membuat kamar mandi menjadi lebih longgar dan nyaman. Bahkan pantulan cahaya dari cermin di kamar mandi juga memberi kesan yang lebih nyaman. Agar tampak lebih terang dan longgar maka pasang cermin dekat dengan sumber cahaya tapi tidak dekat secara langsung. Cukup membuat cermin menimbulkan bias pada kamar mandi saja.

  • Desain sederhana

Jika ukuran kamar mandi memang sudah sempit sebaiknya tidak perlu menggunakan desain interior yang rumit. Anda cukup memberi sentuhan desain yang elegan dan minimalis saja. Caranya adalah dengan memilih perabot kamar mandi yang sederhana. Anda bisa memilih bak atau shower untuk tempat mandi. Kemudian pasang tirai khusus di area tersebut. Dan penggunaan toilet duduk lebih disarankan daripada toilet jongkok. Beri juga tempat untuk penyimpanan termasuk peralatan mandi dan handuk.

  • Buat kamar mandi berkesan luas

Jika tanpa ventilasi memang biasanya kamar mandi terasa penuh dan pengap. Untuk mengatasi ini maka Anda bisa memberi kesan yang lebih luas. Caranya adalah dengan memberi jarak pada setiap perabot di kamar mandi. Anda harus mengatur jarak sesuai dengan kenyamanan penggunaan perabot tersebut. Tempatkan perabot penyimpan yang menggantung di dinding sehingga lebih nyaman. Hal inilah yang membuat kamar mandi mudah dibersihkan dengan pembersih lantai kamar mandi dan pembersih bagian yang lain.

Kebersihan Kamar Mandi

  • Pasang Exhaust Fan

Cara lain agar kamar mandi terus menerus nyaman dan tidak berbau adalah dengan memasang fan atau Exhaust Fan. Alat ini akan membuat sirkulasi udara di kamar mandi bisa lebih nyaman sehingga menghalangi bau yang terjebak di kamar mandi. Alat ini juga membuat kamar mandi tidak terlalu panas sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Terlebih jika Anda menggunakan alat heater maka kamar mandi cenderung tidak lembab dan cepat kering. Dan jangan lupa untuk selalu melakukan cara menghilangkan bau kamar mandi.

  • Pisahkan area basah dan kering

Untuk menjaga kebersihan kamar mandi maka Anda juga perlu memisahkan area kamar mandi yang kering dan basah. Cara ini sangat penting untuk membuat semua lantai di kamar mandi tidak selalu basah. Bahkan ini juga bermanfaat untuk menjaga kebersihan kamar mandi. Untuk itu Anda bisa memasang tirai pada area shower. Dengan begitu kamar mandi lebih bersih dan nyaman untuk digunakan. Jangan lupa lengkapi kebutuhan alat kebersihan rumah sehingga kamar mandi tetap bersih.

  • Beri hiasan tanaman

Biasanya kamar mandi yang tidak memiliki ventilasi memang cenderung pengap. Karena itu cobalah untuk memberi hiasan dari tanaman yang kecil. Ini juga sangat baik untuk mengatasi kelembapan dalam kamar mandi. Bahkan tanaman hias juga penting untuk memberi kesan kamar mandi yang kecil dan indah. Beberapa tanaman yang bisa digunakan seperti lidah mertua, anggrek dan lidah buaya. Setelah Anda menerapkan tanaman ini maka rawat dengan baik agar tidak mengotori kamar mandi.

  • Gunakan produk penyerap lembab

Rasanya memang sulit sekali untuk menghilangkan bau dan lembab pada kamar mandi yang kecil. Untuk mengatasinya maka cobalah menggunakan produk penghilang lembab pada kamar mandi. Produk ini biasanya diletakkan pada bagian dekat langit-langit sehingga bau kamar mandi tidak terlalu menyengat.

  • Bersihkan tiap hari

Untuk ukuran kamar mandi yang kecil maka sebaiknya juga harus dibersihkan secara teratur atau setiap hari. Ini langkah yang sangat baik untuk mencegah banyak kotoran yang menumpuk dan menyebabkan bau kamar mandi. Hilangkan meletakkan gantungan handuk dan pakaian lain di kamar mandi.

Begitulah solusi kamar mandi tanpa ventilasi agar tidak lembab dan bersih. Jika Anda menerapkan ini maka kamar mandi bisa lebih nyaman.

, ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik