Sponsors Link

12 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Agar Aman

Sebentar lagi kita akan masuk bulan puasa. Tentu saja setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan maka saat yang dinanti-nantikan akan tiba. Ritual mudik adalah hal yang dilakukan hampir semua penduduk di Indonesia. Anak-anak akan pulang ke rumah orang tua dan juga datang ke rumah saudara. Jarak kota-kota di Indonesia memang lumayan jauh dan saat itu bisa meninggalkan rumah untuk mudik.

ads

Sayangnya waktu mudik sering dimanfaatkan oleh penjahat yang ingin mendapatkan harta dengan cepat. Karena itu saat mudik juga sangat rentan dari aksi perampokan dan pencurian. Kondisi ini yang membuat pemilik rumah selalu merasa was was ketika akan mudik dalam waktu yang lama. Namun sebenarnya rumah bisa aman dengan cara yang cukup banyak. Berikut ini adalah beberapa tips meninggalkan rumah saat mudik agar aman yang bisa Anda coba sendiri.

  • Beritahu petugas RT atau RW

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memberitahu petugas RT atau RW di lingkungan rumah Anda. Ini langkah yang sangat penting karena biasanya petugas RT akan ikut mengawasi rumah atau lingkungan yang ditinggal pemiliknya. Anda bisa meminta tolong kepada petugas jika sewaktu-waktu rumah terancam oleh orang yang mencurigakan. Memberi tahu petugas setempat bisa menjadi cara mencegah rumah kemalingan.

  • Beritahu tetangga terdekat

Jika Anda tinggal di perkampungan atau perumahan maka beritahu tetangga yang dekat dengan rumah Anda. Hanya saja metode ini bisa dilakukan pada tetangga yang memang tidak mudik sehingga mereka bersedia membantu Anda. Tinggalkan nomer ponsel atau telepon yang mudah dihubungi. Dengan cara ini maka jika ada hal-hal yang mencurigakan maka Anda bisa segera dihubungi.

  • Beritahu pada satpam lingkungan

Sama seperti memberitahu pada tetangga maka Anda juga bisa meminta tolong pada satpam setempat. Meskipun biasanya satpam sudah tahu dengan kewajiban mereka tapi kebiasaan ini bisa membuat satpam merasa dihargai. Akhirnya mereka akan memperhatikan rumah Anda dan memeriksa semua tamu yang berniat masuk ke perumahan atau komplek Anda.

  • Perhatikan kunci keamanan rumah

Kemudian Anda juga harus memperhatikan pintu, jendela dan pagar sebelum keluar dari rumah. Usahakan semua pintu dan jendela sudah terkunci dengan benar. Jika ada kunci yang rusak maka ganti segera dengan yang baru dan tidak rusak. Jika Anda meninggalkan kendaraan di rumah maka kunci juga. Ini langkah yang sederhana tapi bisa mencegah aksi pencurian di rumah sendiri. Bahkan untuk berjaga Anda juga bisa melakukan cara memasang CCTV di rumah sehingga akan lebih sempurna.

  • Cabut listrik yang tidak diperlukan

Selain harus aman dari pencurian maka rumah juga harus aman dari ancaman kebakaran. Karena itu Anda harus mencabut alat elektronik yang menggunakan aliran listrik, kecuali jika memang alat tersebut diperlukan. Tapi sebaiknya jika akan mudik beberapa hari maka cabut semua alat dengan listrik. Cara ini berlaku untuk semua  jenis-jenis rumah tinggal agar lebih aman.

  • Cabut aliran gas

Kemudian Anda juga harus mencabut semua aliran gas di dalam rumah. Perhatikan semua benda yang menggunakan gas termasuk seperti water heater dan kompor gas. Lebih baik mencabut aliran gas akan rumah tidak terkena kebakaran. Langkah ini sangat penting untuk menjaga agar rumah sendiri aman dan lingkungan juga aman. Karena kebakaran saat musim mudik memang hal yang sangat sering terjadi. Tips rumah aman saat mudik ini sangat penting untuk diperhatikan.

  • Simpan barang berharga

Biasanya pencuri akan mencari barang-barang berharga yang bisa dijual dengan cepat dan tidak meninggalkan banyak bekas. Misalnya saja seperti perhiasan. Karena itu saat akan mudik maka simpan semua benda berharta di tempat yang tidak terdeteksi. Hindari menyimpan di dalam lemari baju atau brankas yang mudah dibobol. Untuk itu Anda bisa menyimpan di kotak penyimpan beras, kantung kaus kaki dan tempat lain yang tersembunyi.  Cara mencegah rumah kemalingan ini bahkan bisa dilakukan kapan saja.

  • Nyalakan lampu tersembunyi di luar rumah

Ketika Anda akan pergi berhari-hari maka perhatikan lampu mana yang harus menyala. Hindari menyalakan lampu teras yang terlihat dari luar. Karena saat siang hari dan lampu tetap menyala maka itu bisa menjadi tanda untuk maling. Jadi pasang lampu tersembunyi di bagian teras. Sehingga saat dinyalakan pada siang hari juga tidak terlihat.

  • Bersihkan rumah sebelum pergi

Rumah yang kotor dan tidak terawat bisa menjadi incaran perampok atau maling. Karena itu sebaiknya sebelum pergi mudik maka bersihkan rumah termasuk untuk bagian dalam dan luar. Untuk bagian luar bersihkan halaman dan pangkas pohon yang cukup besar. Hilangkan semua kesan rumah kosong sehingga rumah tetap aman.

Untuk bagian dalam maka bersihkan semua bagian lantai dan perabot. Kosongkan semua tempat penyimpanan air sehingga rumah menjadi bersih. Langkah ini bisa membuat rumah nyaman setelah Anda pergi mudik.

  • Pasang alarm keamanan

Saat ini sudah banyak sekali dijual alarm keamanan yang penting untuk rumah yang kosong. Alarm bisa dipasang dengan keperluan termasuk untuk pintu dan jendela. Hal ini sangat penting karena beberapa alarm bisa memberi kode ketika terjadi bahaya. Alarm akan bekerja ketika ada seseorang yang membobol pintu atau jendela. Jika ada bunyi khusus maka akhirnya satpam atau tetangga sekitar bisa langsung datang ke rumah Anda.

  • Jangan cerita mau mudik ke orang asing

Kebiasaan mudik sering dimanfaatkan oleh penjahat. Mereka bisa berpura-pura menjadi tetangga atau orang yang bertanya sesuatu. Saat sudah akrab maka mereka biasanya bertanya tentang mudik. Jika Anda bercerita maka mereka bisa menyasar rumah Anda untuk pencurian. Jadi jangan bercerita mudik kepada orang asing. Hal ini juga berlaku untuk tidak memberikan status pada sosial media Anda.

  • Cari penjaga rumah

Anda juga bisa mencari penjaga rumah sementara. Anda harus menemukan orang yang tepat termasuk itu saudara atau rekomendasi yang terpercaya. Jangan langsung percaya pada orang yang baru kenal.

Itulah tips meninggalkan rumah saat mudik agar aman. Jika Anda melakukan beberapa langkah tersebut maka kemungkinan rumah akan sangat aman selama mudik.

, ,



Oleh :
Kategori : Keamanan