Sponsors Link

5 Cara Mengetahui CCTV Nyala Atau Tidak Dan Tips Memasang

CCTV adalah sebuah alat yang sudah banyak digunakan. CCTV atau singkatan dari closed circuit television menjadi alat yang bisa digunakan untuk memantau kondisi lokasi tertentu termasuk sebagai alat keamanan. Jika dulu CCTV hanya digunakan untuk kepentingan kantor dan perusahaan, maka sekarang CCTV juga digunakan di rumah pribadi, toko dan lokasi lain yang diperlukan.

CCTV akan mengintai selama 24 jam atau sesuai dengan waktu aktif yang diperlukan. Kemudian data yang disimpan berupa video dalam sebuah alat yang dinamakan DVR. Karena itu alat ini memang sangat penting untuk memantau kondisi keamanan rumah dan lokasi lain yang diperlukan. Tips membeli cctv menjadi langkah penting untuk mendapatkan alat yang tepat. Setelah dipasang maka perawatan dan fungsinya harus diperiksa secara berkala. Lalu bagaimana cara mengetahui CCTV nyala atau tidak dan tips memasang? Simak ulasan berikut ini.

  • Coba periksa layar monitor CCTV

Cara yang pertama ini mungkin dianggap sepele tapi sebenarnya ini langkah yang sangat mudah. Anda bisa mencoba untuk memeriksa monitor decoder CCTV itu. Jika ada gambar yang ditampilkan pada layar monitor maka itu artinya CCTV menyala. Kemudian bandingkan layar mana yang menyala sesuai dengan letak CCTV. Dalam satu layar biasanya ditampilkan beberapa lokasi sesuai letak CCTV. Jika layar gelap maka itu artinya ada mati. Cara memeriksa ini juga bisa disesuaikan dengan macam-macam CCTV yang dipasang.

  • Cek pada infrared kamera CCTV

Jika cara memasang cctv di rumah sudah tepat maka biasanya infrared pada kamera akan menyala saat CCTV juga menyala. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena fungsi lampu memang menunjukkan kamera mati atau hidup. Infrared sendiri juga berperan untuk mengambil gambar sesuai dengan lokasi CCTV. Kemudian hasil gambar juga bisa terlihat jelas yang ditampilkan pada layar decoder. Waktu untuk memeriksa infrared pada CCTV ini lebih baik pada malam hari karena saat siang hari biasanya cahaya bias oleh sinar matahari. Namun tidak masalah jika posisi cctv ada di area yang gelap.

  • Cek pada rekaman CCTV

Memang memasang CCTV dianggap lebih mudah untuk memantau area yang harus dipastikan aman. CCTV menjadi salah satu alat pengaman rumah yang sangat umum dan harganya juga cukup terjangkau untuk saat ini. Namun agar alat berfungsi dengan baik maka Anda harus memastikan bahwa alat ini memang hidup. Salah satu cara yang lain adalah dengan melihat hasil rekaman CCTV. Anda harus sering memeriksa aktifitas cctv sehingga tahu jika ada masalah pada cctv dan bisa segera diperbaiki. Jangan sampai Anda terlewat tidak memeriksa sehingga saat cctv rusak juga tidak tahu.

  • Memantau jarak jauh

CCTV pada dasarnya bisa dipasang sesuai dengan jenis-jenis rumah tinggal. Kemudian untuk memantau cctv juga bisa dilakukan dengan jarak jauh. Caranya adalah dengan memasang software khusus sesuai dengan jenis CCTV atau sofftware dari luar di komputer atau laptop. Kemudian untuk memeriksa aktifitas CCTV bisa dilakukan dengan fasilitas internet yang sudah tersambung di komputer atau laptop. Biasanya software seperti video viewer sudah disertakan dalam pembelian cctv lengkap dengan DVR.

  • Monitor CCTV dari smartphone

Saat ini memang perkembangan teknologi semakin canggih. Anda bahkan bisa memeriksa cctv menyala atau tidak dari layar ponsel pintar. Cara ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan tidak membuang banyak waktu. Caranya adalah dengan memasang aplikasi untuk melihat video seperti Meye, IP Webcam, TinyCam, CCTV DVR Viewer App atau aplikasi yang lain. Kemudian aplikasi ini akan tersambung dengan lokasi cctv. Akhirnya Anda bisa memantau dengan tampilan vertikal atau horizontal sesuai dengan keperluan cctv. Langkah ini menjadi salah satu cara mencegah rumah kemalingan.

Tips Memasang CCTV

CCTV memang alat yang bisa mengontrol keamanan di rumah dan berbagai lokasi sesuai dengan keperluan. Karena itu ketika memasang CCTV juga harus dilakukan dengan tepat. Saat Anda membeli CCTV maka biasanya petugas dari layanan akan membantu proses pemasangan. Karena itu pastikan Anda sudah mengikuti langkah dibawah ini.

  • Posisi pasang cctv

Jika cctv akan dipasang di rumah maka biasanya Anda harus mempertimbangkan sudut rumah yang penting untuk keamanan. Misalnya saja seperti pada bagian teras, halaman, jalan samping rumah, lantai satu sampai ke lantai berikutnya sesuai bentuk bangunan rumah. Letakkan cctv dalam posisi yang tersembunyi sehingga tidak terlalu terlihat dari luar. Ini juga hal yang penting agar cctv tidak dikenali oleh penjahat.

  • Proses pemasangan cctv

Meskipun Anda bisa memasang cctv sendiri namun alangkah lebih baik jika menggunakan jasa dari petugas toko cctv. Mereka sudah jauh lebih berpengalaman dan bisa menjamin cctv berfungsi dengan baik dan benar. Dengan pemasangan yang tepat maka cctv akan memberikan manfaat keamanan yang lebih baik.

  • Perawatan CCTV

Langkah yang lain adalah melakukan perawatan cctv secara rutin. Periksa apakah cctv hidup atau tidak sehingga tahu jika ada yang rusak. Kemudian bersihkan kamera cctv secara berkala, berikut juga untuk DVR dan monitornya. Hilangkan semue partikel yang bisa mengotori cctv seperti debu yang akan membuat kamera cctv rusak atau kabur.

  • Pantau cctv rutin

Anda juga harus memantau cctv secara rutin sehingga cctv tahu berfungsi atau tidak. Karena berbagai alat sudah sangat canggih maka Anda bisa memasang aplikasi lewat komputer atau ponsel pintar. Dengan cara ini maka cctv tahu jika berfungsi atau tidak.

  • Periksa keamanan cctv

Sebaiknya Anda juga harus memeriksa keamanan cctv secara rutin. Cara ini sangat baik untuk tahu jika ada cctv yang rusak. Termasuk jika cctv terletak di luar rumah. jadi periksa apakah cctv aman dari hewan merayap dan serangga.

Itulah semua cara mengetahui CCTV nyala atau tidak dan tips memasang. Jika Anda mengikuti semua pedoman itu maka keamanan di tempat Anda bisa terjamin.

, ,



Oleh :
Kategori : Keamanan