Sponsors Link

9 Tips Kamar Mandi Yang Baik Menurut Islam Sesuai Syariat

Kamar mandi dalam sebuah rumah memang biasanya dipikirkan terakhir. Tapi sebenarnya saat merancang atau membangun rumah maka kamar mandi menjadi bagian yang sangat penting. Terlebih untuk umat muslim, dimana banyak menghabiskan waktu untuk berhubungan dengan air. Misalnya ketika akan ibadah sholat maka harus wudhu. Bahkan dalam Islam ada hadist dari Rosulullah, bahwa kebersihan sebagian dari iman.

Sehingga menjaga kebersihan diri memang sangat penting untuk umat Islam. Karena itu sudah saatnya untuk memperhatikan kamar mandi mulai dari bentuk dan tata cara dalam menata desain kamar mandi. Jika Anda ingin merubah atau baru akan membangun rumah maka lihat dulu tips kamar mandi yang baik menurut Islam sesuai syariat, seperti berikut ini.

  • Perhatikan sirkulasi udara

Ketika Anda ingin membangun kamar mandi maka hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan adalah sirkulasi udara. Aliran udara dalam kamar mandi harus baik sehingga banyak udara yang masuk dan keluar. Hal ini sangat berhubungan dengan aktifitas di dalam kamar mandi untuk membuang hajat dan kotoran lain dari tubuh. Jika kamar mandi tidak memiliki sirkulasi udara yang baik maka akan pengap dan bau akan menetap sampai menyebar ke semua bagian rumah. Terlebih lagi jika ukuran kamar mandi keci. Jadi biarpun ukuran kamar mandi kecil maka perhatikan untuk memasang sirkulasi udara seperti dengan exhausted fan atau ventilasi yang cukup tinggi. Jadi ikuti syarat ventilasi rumah sehat.

  • Tata letak dan desain

Sebenarnya tidak masalah jika kamar mandi berukuran besar atau kecil. Karena itu hal yang paling penting adalah memperhatikan tata letak dan desain dari kamar mandi. Tata letak berbagai hal yang wajib ada di kamar mandi harus diperhatikan dengan benar supaya tampak sopan dan nyaman. Misalnya sebaiknya kloset tidak dibuat menghadap pintu. Aturan ini memang tampak sederhana tapi sangat penting untuk dipertimbangkan. Beberapa aturan tata letak yang lain bisa seperti dengan wastafel terletak membelakangi pintu, bak mandi atau shower di samping pintu, kloset di samping bak atau shower.

  • Perhatikan penerangan kamar mandi

Lalu Anda juga harus memperhatikan penerangan kamar mandi. Ini hal yang sangat penting dimana terkadang kamar mandi memang memiliki kesan horor dan kotor. Bahkan dalam Islam dipercaya bahwa kamar mandi digunakan sebagai tempat jin atau setan. Karena itu muslim diharuskan membaca doa sebelum masuk kamar mandi dan juga setelah keluar. Dan untuk menghilangkan kesan horor ini maka berikan lampu penerangan yang cukup. Lampu putih bisa dipasang di bagian atap, sementara lampu kuning bisa dipasang di depan pintu. Agar tidak salah pilih lampu maka perhatikan juga dengan tips memilih lampu rumah.

  • Perhatikan arah kloset

Islam memiliki satu arah yang disucikan yaitu arah kiblat. Arah ini digunakan untuk pedoman sholat dan ibadah inti yang lain. Karena itu arah kloset sebaiknya memang tidak menghadap ke kiblat. Bahkan sebaiknya kloset juga tidak dibuat ke arah membelakangi kiblat. Ini hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena jangan sampai arah yang suci ini digunakan untuk arah membuang hajat. Jika sudah terlanjur dibuat maka segera rubah. Jangan lupa untuk melakukan cara menjaga kebersihan rumah pada kamar mandi agar kamar mandi juga bersih.

  • Buat tempat wudhu di kamar mandi

Jika Anda ingin membuat tempat wudhu di dalam kamar mandi maka itu boleh saja. Tapi Anda harus memperhatikan aturan termasuk tata letak kran dan tempat untuk wudhu. Memang pada dasarnya lebih baik membuat tempat wudhu di luar kamar mandi. Tapi jika memang terpaksa ya boleh saja. Jadi tempat wudhu harus dibuat tersendiri dari bak mandi. Kran juga harus terpisah dengan letak tidak boleh berdekatan dengan kloset. Ini sangat penting untuk diperhatikan demi menjaga kesucian tempat wudhu.

  • Pemakaian dinding keramik

Memakai keramik dinding untuk kamar mandi memang membuat biaya pembangunan kamar mandi membengkak. Tapi ini langkah yang sangat baik untuk membuat kamar mandi menjadi terang dan lebih mudah dibersihkan. Untuk itu cobalah memilih warna dan model keramik yang lebih terang, seperti warna putih, biru muda atau warna pastel. Tentu saja jika Anda memiliki dana lebih maka bisa menggunakan dinding marmer atau bahan lain. Dan perhatikan kebersihan bagian dinding dengan cara membersihkan dinding kamar mandi.

  • Perhatikan bentuk kloset

Setelah Anda juga memperhatikan arah kloset maka cobalah untuk memperhatikan bentuk kloset. Sebenarnya ada dua bentuk kloset yang sangat umum yaitu bentuk jongkok atau duduk. Semua bentuk bisa dipertimbangkan dengan baik sehingga sesuai dengan kebiasaan penggunaan di rumah. Jika menggunakan kloset duduk maka sebaiknya memilih yang dilengkapi dengan alat pembasuh. Jika memilih model kloset duduk maka sangat penting untuk memperhatikan sumber air. Akhirnya Anda juga harus memperhatikan lagi tata letak dalam kamar mandi. Setelah itu bersihkan secara teratur dengan cara membersihkan toilet jongkok atau duduk.

  • Kamar mandi keluarga dan tamu terpisah

Langkah lain yang harus diperhatikan adalah dengan memisahkan kamar mandi tamu dan kamar mandi keluarga. Ini sangat penting untuk diterapkan terutama jika Anda sering menerima tamu di rumah. Kamar mandi keluarga bersifat sangat pribadi sehingga jangan sampai banyak orang luar yang masuk. Sementara kamar mandi tamu bisa digunakan secara khusus untuk tamu saja sehingga tamu juga merasa nyaman. Letak dan posisi kamar mandi tamu dan keluarga juga harus terpisah sehingga tidak mengganggu aktifitasnya.

  • Pilihan pintu kamar mandi

Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah dengan memilih model pintu kamar mandi. Ada banyak jenis pintu kamar mandi yang sangat umum. Anda bisa menggunakan model pintu dari kayu namun biasanya dianggap kurang awet dan mudah rusak. Lalu model lain yang lebih awet seperti dari bahan alumunium dan sintetis. Dua bahan ini dianggap lebih awet dan mudah dibersihkan karena biasanya pintu kamar mandi juga sering terkena air.

Itulah beberapa tips kamar mandi yang baik menurut Islam sesuai syariat. Jika Anda mengikuti tata aturan ini maka pasti kamar mandi Anda sangat nyaman dan tidak menyalahi aturan.

, , ,



Oleh :
Kategori : Desain