Sponsors Link

7 Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar dan Solusinya

Menggunakan mesin cuci memang hal yang sudah sangat umum. Ini karena mesin cuci membantu mencuci baju dengan cepat dan tidak membutuhkan banyak tenaga manusia. Mesin cuci bisa melakukan beberapa pekerjaan yang umum seperti mencuci dengan tangan manusia, seperti membahasi baju kotor dengan air, mengguyur pakaian dengan air sabun, membilas sampai dua kali dan mengeringkan. Jadi ketika mesin sudah berhenti bekerja maka baju sudah kering dan bisa dijemur secara manual.

ads

Tentu saja semua kecanggihan itu juga sangat berhubungan dengan jenis dan model mesin cuci yang Anda gunakan. Jadi pastikan Anda mengikuti tips memilih mesin cuci sebelum membelinya. Anda bisa membeli mesin dengan pintu atas, pintu samping atau model dua pintu. Apapun itu mesin perlu bekerja sampai mengeringkan baju sebelum selesai. Tapi hampir semua model mesin bisa mengalami masalah seperti mesin tidak berputar ketika mengeringkan. Lalu apa penyebab pengering mesin cuci tidak berputar dan solusinya? Ikuti panduan dibawah ini.

  • Kabel putus karena dimakan tikus

Salah satu kondisi yang sangat berbahaya pada mesin cuci adalah ketika tikus masuk ke dalam mesin cuci. Biasanya tikus masuk lewat pintu bukaan mesin ketika tidak ada manusia,  atau menyusup lewat pipa saluran pengeluaran air. Ketika itu maka tikus akan tinggal di dalam dan biasanya merusak dan memakan kabel pada bagian dalam. Jadi bisa saja pengering mesin tidak bekerja karena kabel putus. Nah jangan khawatir karena ada solusinya yaitu:

Sambung lagi bagian kabel yang putus dengan melihat warna yang sesuai. Atau jika tidak paham maka gunakan jasa service mesin cuci. Cara kedua adalah rajin membersihkan bagian dalam mesin cuci dan memasang jebakan anti tikus dekat mesin cuci. Biasakan untuk menutup pintu mesin sehingga tidak dimasuki tikus dan lakukan cara mengusir tikus di rumah.

  • Kapasitor terbakar atau rusak.

Jika mesin pengering tidak mau berputar maka itu bisa juga karena kapasitor sudah rusak atau terbakar. Ini hal yang sangat maklum karena mesin cuci buatan manusia meskipun dengan bantuan teknologi. Akhirnya mesin yang digunakan terus menerus membuat kapasitor tidak kuat sampai rusak atau terbakar. Tanda ketika kapasitor rusak atau terbakar maka biasanya membuat mesin hanya berdengung seperti akan berputar tapi tidak berputar.

Solusinya adalah dengan ganti dengan kapasitor yang baru. Tapi sebelumnya kapasitor yang lama harus diambil untuk diamati. Anda bisa mendapatkan merek yang sama dengan kapasitas dan arus yang sama. Solusi ini menjadi salah satu cara memperbaiki mesin cuci yang umum.

  • Tali rem pengering rusak atau putus

Masalah lain yang membuat pengering mesin cuci tidak bekerja adalah karena adanya tali rem yang rusak atau putus. Biasanya tali rem berfungsi untuk membuat sistem otomatisasi saat pengering bekerja dengan baik. Namun saat sudah putus maka akhirnya tali rem tidak bekerja dan mesin tidak akan berputar. Anda bisa menguji apakah ada kerusakan ini dengan cara memutar mesin dengan tangan secara manual. Jika berat maka sudah pasti ada masalah pada tali rem pengering.

Solusinya coba periksa tali rem pengering mesin, jika masih seret maka ganti dengan yang baru. Setelah itu periksa lagi jika sudah berfungsi dengan normal. Dan kondisi ini bisa disebabkan karena tali yang dikerat oleh tikus karena itu jika mesin ada di dekat kamar mandi maka lakukan tips membersihkan kamar mandi sehingga aman dari tikus.

  • Dinamo mesin rusak atau terbakar

Penggerak utama dari mesin cuci adalah dinamo dengan tenaga yang cukup kuat. Jika ada bagian dinamo mesin yang rusak atau terbakar maka biasanya mesin tidak bisa bekerja dengan baik. Kerusakan pada dinamo tidak hanya akan membuat pengering saja yang mati tapi semua kerja mesin tidak normal. Kerusakan ini bisa terjadi ketika bagian dinamo yang terkena tetesan air secara terus menerus. Akhirnya dinamo akan korslet sampai terbakar atau rusak. Solusinya adalah dengan memperbaiki dinamo tersebut. Tukang service biasanya akan mengganti dengan dinamo yang baru. Dan lakukan cara membersihkan mesin cuci agar bagian ini selalu bersih dari air.


  • Bagian timmer pengering mesin rusak

Kerusakan yang lain juga bisa terjadi karena bagian timmer pengering yang rusak sehingga tidak mau berputar seperti mesin yang normal. Kondisi ini sering terjadi karena bagian pegas pada mesin cuci sudah aus atau usang. Timmer biasanya juga bagian yang sering disukai oleh semut dan kecoak sehingga mereka menyebabkan kerusakan. Jika terjadi kondisi ini maka biasanya mesin hanya hidup berdengung tapi tidak bekerja. Solusinya adalah dengan mengganti timmer yang baru sesuai dengan merek mesin cuci Anda.

  • Bagian door switch rusak

Door switch adalah bagian yang dekat dengan timmer atau bersatu dengan timmer. Ketika bagian ini rusak maka akan membuat mesin tidak bekerja dengan normal. Kerusakan ini biasanya terjadi karena ada air yang masuk ke saluran tersebut. Jika mesin sudah bekerja dengan sensor maka air akan merusak sensor. Jika sudah seperti ini maka coba bongkar bagian yang dekat dengan door switch. Kemudian bersihkan dan keringkan dengan kertas yang kering. Jika masih belum bisa maka bawa ke pusat service dari mesin cuci Anda.

  • Lantai tidak rata

Penyebab mesin pengering tidak mau bekerja pada mesin cuci bukan hanya karena mesin itu sendiri tapi juga pengaruh luar. Salah satu caranya adalah ketika lantai permukaan tempat mesin cuci tidak rata. Ketika lantai tidak rata maka membuat bagian sensor pengering mati dan tidak mendapatkan tekanan yang kuat sehingga pengering tidak berjalan. Tanda jika terjadi kerusakan ini adalah mesin hanya bekerja untuk mencuci saja tapi tidak mengeringkan.

Itulah semua penyebab pengering mesin cuci tidak berputar dan solusinya. Pada dasarnya penyebab kerusakan ini dilihat secara umum sehingga terkadang tidak semua mesin memiliki kerusakan yang sama. Jadi penting untuk memperbaiki mesin dengan jasa service mesin sesuai merek mesin cuci.

, , ,



Oleh :
Kategori : Perabot