Sponsors Link

8 Cara Melepas Kunci Pintu yang Tersangkut dan Macet

Kunci pintu menjadi salah satu penentu keamanan rumah dan ruangan. Hampir semua ruangan diharapkan memiliki kunci pintu sehingga mudah untuk digunakan. Biasanya orang pasti akan membeli kuci dan pasangan pegangan kunci yang sesuai. Saat ini banyak sekali dijual pasangan kunci dengan berbagai model dan bentuk yang berbeda. Namun terkadang kunci pintu bisa tersangkut dan sulit untuk dikeluarkan.

Jika sudah begini pasti Anda membutuhkan cara memperbaiki kunci pintu rumah yang macet agar terbuka kembali. Namun ada kalanya sulit sekali untuk mengeluarkan kunci yang sudah terlanjur macet. Jika dipaksakan maka kunci bisa patah dan sebagian anak kunci akan tertinggal di dalam. Ini juga akan membuat Anda stres lagi. Tapi jangan panik dan ikuti saja beberapa cara melepas kunci pintu yang tersangkut dan macet, seperti dibawah ini.

1. Melepas sekrup yang terlihat pada gagang pintu

Jika Anda perhatikan maka semua bagian kepala kunci akan menempel didekat atau jadi satu dengan pegangan pintu. Jadi caranya sama seperti  cara membuka pintu yang gagangnya rusak. Solusinya adalah mencoba untuk membuka kenop pintu lewat sekrup yang terlihat dari luaar. Caranya adalah:

  • Lepas kaitan sekrup. Biasanya pada kenop pintu ada sekrup yang terlihat dari luaar. Anda bisa mencoba untuk membuka sekrop tersebut. Gunakan obeng agar lebih mudah dan tidak melukai tangan.
  • Kemudian lepaskan sekrop untuk melihat bagian dalam dan luar. Setelah itu lepaskan kait pada pembuka pintu kemudian kunci bisa masuk dan keluar.

2. Melepaskan kenop pintu tanpa membuka pintu

Langkah selanjutnya jika ternyata bagian kenop pintu tidak memiliki sekrup maka Anda tetap bisa membuka kenopnya. Jadi caranya seperti ini:

  • Menemukan slot  pada bagian dalam kenop pintu. Di bagian ini Anda bisa melihat lubang yang sangat kecil berbentuk persegi panjang. Lalu Anda bisa memutar kenop sehingga kunci bisa keluar.
  • Siapkan obeng dan peralatan lain. Setelah itu Anda harus menyiapkan obeng kepala datar untuk membuka skrup yang terlihat dari bagian dalam. Pastikan obeng yang digunakan sama dengan ukuran dan kembang pada skrup.
  • Hilangkan sekrup kembang. Kemudian Anda juga harus menghilangkan bagian sekrup kembang  tersebut lalu. Dengan melakukan ini maka Anda perlu menurunkan plat pada kenop pintu. Kemudian hapus saja pelat yang sudah terbuka dan Anda bisa membuka kunci pintu.  

3. Lepaskan silinder pada kunci pintu

Pada dasarnya semua jenis pintu akan dilengkapi dengan kunci untuk membantu agar ruangan menjadi lebih aman. Semua model kunci pintu akan dilengkapi dengan bagian silinder kunci. Model ini juga ditemukan pada pintu rumah minimalis. Ketika kunci sudah macet di dalamnya maka cobalah untuk untuk melepaskan bagian silinder pada kunci pintu. Cara ini dilakukan dengan:

  • Lepas bagian sekrup penahan kunci menggunakan obeng yang sesuai dengan ukuran.
  • Dengan menggunakan obeng kepala datar maka coba lepaskan bagian silinder, Anda bisa mencoba apakah harus searah jarum jam atau tidak. ketika spindle sudah berhenti berputar maka Anda bisa mendorong bagian silinder secara hati-hati.
  • Keluarkan bagian silinder dengan hati-hati. Jika tidak terlihat maka gunakan senter agar lebih jelas. Ketika sudah terlepas maka akhirnya kunci yang macet bisa dikeluarkan.

4. Pukul kunci dengan palu

Untuk kunci pintu yang dipasang pada desain rumah minimalis  biasanya memang memiliki jenis kunci yang tidak terlalu rumit. Anda bisa mencoba untuk mengatasi kunci yang macet dengan memukulnya menggunakan palu karet. Anda bisa mencoba untuk memukul dengan kekuatan yang lebih keras sambil gerakan memutar pada kunci. Lakukan dengan perlahan sampai akhirnya kunci bisa masuk ke dalam mengikuti arah pin kunci dan akhirnya kunci bisa terbuka.

5. Cobalah dengan alat pembobol kunci

Jika kunci memang sudah terlanjut macet di tengah maka sulit untuk menarik atau memasukkan kunci ke dalam. Karena itu Anda bisa menggunakan alat khusus untuk membobol kunci pintu sehingga bisa terbuka. Anda bisa membeli alat pembobol kunci di tukang kunci khusus dan katakan bahwa itu untuk pintu Anda sendiri sehingga diperbolehkan. Anda bisa memilih alat dengan ujung atau kepala yang berbeda-beda mulai dari yang berbentuk kait, ujung bengkok dan ujung menyerupai kepala kunci Anda.

6. Gunakan tang dan klip penjepit kertas

Pada dasarnya pemilihan model kunci pintu juga sangat tergantung dengan faktor pemilihan jenis pintu. Jika terpaksa kunci sudah macet di dalam maka cobalah untuk membobol kunci pintu. Caranya adalah dengan menggunakan tang dan klip penjepit kertas. Caranya adalah dengan memasang tang pada bagian celah pintu, kemudian tekan bagian kunci dengan klip pembatas kertas, lalu buat kunci bergeser dari kanan ke kiri atau sebaliknya sesuai model kunci Anda. Jika sudah longgar maka kunci akan terlepas dan bisa dikeluarkan atau dimasukkan.

7. Cobalah mendorong dan menarik kunci

Anda juga bisa mencoba untuk mendorong atau menarik kunci. Dengan dua cara ini maka akhirnya Anda bisa merasakan saat kunci sudah mulai tidak macet lagi. Mendorong kunci bisa dilakukan dengan memukul menggunakan palu karet. Sedangkan menarik kunci bisa dilakukan dengan tang atau tangan. Gerakan ini hanya untuk mencoba apakah kunci sudah mulai longgar di  bagian dalam sambil ditarik bagian kenop pintu. Jika sudah bisa maka ditarik atau dimasukkan sehingga bisa terlepas.

8. Putar kenop dan kunci bersamaan

Anda juga bisa memutar kenop dan kunci secara bersamaan untuk memancing kunci bisa keluar. Hanya saja risikonya akan membuat kenop atau kunci mungkin patah. Jadi meskipun tehnik ini sederhana maka harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Jika perlu lakukan secara bersamaan dengan bantuan oli atau minyak rem.

Itulah beberapa cara melepas kunci pintu yang tersangkut dan macet. Kunci macet biasanya terjadi saat akan dibuka atau dilepas sehingga lakukan dengan hati-hati.

, ,



Oleh :
Kategori : Pintu