Sponsors Link

16 Model Rumah Sederhana Tapi Kelihatan Mewah

Rumah menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk manusia. Jika Anda memiliki mobil dan pakaian yang bagus, tapi tidak memiliki rumah maka itu menjadi hal yang tidak berguna. Sayangnya banyak orang yang mengabaikan kebutuhan rumah. Padahal rumah bisa menjadi sumber investasi di masa depan, termasuk jika rumah Anda terletak di kawasan yang masih belum sepenuhnya berkembang.

ads

Anda tidak perlu takut karena pemilihan jenis jenis rumah tinggal sesuai dana yang tersedia bisa menjadi pertimbangan yang kuat untuk mendapatkan rumah. Ada beberapa alternatif untuk memiliki rumah termasuk dengan membeli perumahan dan membeli tanah kavling. Jika Anda sudah berinvestasi pada dua hal ini maka selanjutnya Anda perlu mempertimbangkan model rumah yang menarik. Berikut ini adalah beberapa model rumah sederhana tapi kelihatan mewah 1 lantai.

1. Desain kaya warna

Pertimbangan pertama adalah mencoba untuk membuat desain rumah dengan model yang kaya dengan warna. Permainan warna senada maupun kontras bisa dilakukan untuk bagian eksterior atau interior. Namun jika ingin memberi kesan pertama maka eksterios harus diperhatikan. Misalnya untuk dinding terluar saja bisa memilih warna seperti putih, biru, oranye, kuning, hijau muda dan warna lain. Sementara untuk warna senada bisa dipilih dari warna hijau, abu, hitam, kuning dan warna lain. Jika Anda bingung memilih warna maka coba ikuti dengan warna cat rumah yang bagus dan cerah.

2. Dominasi kaca pada rumah

Desain yang kedua adalah Anda bisa mencoba membuat rumah yang kecil dan bentuk yang sederhana hanya saja menggunakan kaca sebagai perpaduan dinding utama. Kaca bisa digunakan untuk bagian dinding utama sehingga membuat bagian dalam terlihat dari luar, begitu juga sebaliknya. Anda bisa membuat rumah dengan ukuran yang kecil atau besar dan menggunakan kaca sebagai dominasi dinding utama. Selain sederhana dan menarik maka rumah akan terkena banyak cahaya dan udara. Buat bagian dinding ini dengan model kaca yang bergeser sehingga rumah terlihat sangat mewah. Lengkapi dengan taman minimalis di sekitar rumah sehingga rumah tampak segar dengan mengikuti membuat taman minimalis di lahan sempit.

3. Tembok bergaris dan polos

Pilihan yang lain adalah mencoba untuk membuat rumah dengan tembok atau dinding bergaris seperti model rumah kayu. Garis horisontal ini hanya sebagai aksen pada bagian dinding tapi bisa membuat rumah berkesan mewah. Cara pembuat tembok dilakukan dengan memberi aksen garis kemudian diberi warna cat yang berbeda pada garis. Kemudian tambahkan pintu dan jendela kaca sehingga rumah menjadi sangat elegan. Rumah dengan satu lantai ini juga akan memberi kesan yang cukup luas.

4. Atap bersusun dan pagar teras

Jika Anda ingin membuat rumah satu lantai tampak seperti rumah yang besar dan mewah maka Anda bisa membuat atap bersusun. Model atap dibuat bersusun sesuai dengan jenis ruangan dalam rumah itu sendiri. Mulai dari atap bagian teras yang lebih rendah, kemudian naik ke ruang tamu dan kamar-kamar pribadi lain. Lalu buat rumah dengan banyak tiang-tiang penyangga besar dan pagar kayu sederhana untuk sekeliling teras. Lalu untuk masuk ke pintu utama dibuat 3 atau 4 tangga sehingga menambah kesan mewah. Desain rumah minimalis sederhana ini akan tampak sangat menawan.

5. Rumah penuh cahaya

Memilih jenis gaya arsitektur rumah memang cukup sulit. Tapi jika Anda ingin membangun rumah yang sederhana dengan desain yang menarik maka rumah penuh cahaya bisa menjadi inspirasi yang menarik. Model rumah bisa dibuat dengan dinding yang lebih tinggi, kemudian jarak lantai dan atap juga harus tinggi. Jendala dan pintu utama dibuat dengan ukuran yang besar sehingga membuat cahaya banyak masuk ke ruangan. Dengan model rumah ini bahkan satu ruangan bisa dibuat memiliki banyak fungsi sebagai ruang tamu, ruang makan, ruang santai dan ruang keluarga.


6. Desain minimalis dan rapi

Jika Anda pernah menggambar sebuah rumah sederhana sewaktu masih sekolah dulu, maka ini bisa dijadikan kenyataan. Anda tidak perlu malu memiliki rumah yang sederhana ini karena rumah yang sederhana memberikan kesan rapi dan mewah. Rumah dibangun pada bagian tengah luas tanah sehingga menyisakan ruang terbuka untuk bagian depan, samping dan belakang. Kemudian rumah terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, dua ruang tidur, dapur dan kamar mandi. Buat pintu dan jendela dengan model kaca geser sehingga banyak udara dan cahaya yang masuk ke rumah.

7. Desain rumah tropis

Karena kita tinggal di Indonesia maka rasanya sangat pas sekali jika mencoba membuat desain rumah tropis. Rumah ini mengutamakan banyaknya akses cahaya dan udara sehingga rumah tampak sangat terbuka. Dinding tembok dibuat hanya sedikit saja sehingga lebih banyak membuat bagian jendela kaca yang terbuka. Pintu geser dari kaca juga menjadi ide yang sangat menarik. Ruangan utama dibuat tidak banyak sekat sehingga hanya bagian kamar tidur saja yang memiliki sekat penuh. Sekeliling rumah harus dibuat taman hijau yang segar.

8. Model rumah cottage

Cottage adalah jenis rumah yang selama ini sering diidentikan dengan rumah wisata yang sederhana. Tapi Anda bisa membuat konsep rumah ini untuk rumah pribadi. Pada dasarnya rumah cottage hanya memiliki ruang tamu, ruang keluar, 2 ruang tidur, dapur kecil dan kamar mandi. Rumah dibuat dengan ukuran yang tidak terlalu besar namun membuat udara banyak masuk ke rumah. Sehingga Anda masih harus menggunakan banyak jendela dan pintu kaca. Untuk memperindah rumah maka bisa dilengkapi dengan tiang-tiang penyangga untuk bagian teras rumah.

9. Konsep rumah pertanian

Anda juga bisa mencoba untuk memilih konsep rumah pertanian. Pada dasarnya rumah ini bisa didirikan di pedesaan atau pinggir kota. Hanya saja untuk membangun rumah mungil sederhana ini harus diletakkan pada bagian tengah tanah pertanian. Sehingga sekitar rumah dikelilingi oleh kebun, sawah, tanah pertanian, peternakan dan taman.

Konsepnya rumah sangat identik dengan pertanian. Rumah sepenuhnya bisa dibuat dari bahan kayu dan kombinasi dinding tembok yang lebih sedikit. Bagian ruangan harus dilengkapi dengan pintu dan jendela kaca yang menerangi bagian dalam rumah.

10. Rumah panggung

Desain yang lain adalah dengan membuat rumah panggung satu lantai yang sederhana dan minimalis. Jenis rumah ini banyak ditemukan di beberapa kawasan Indonesia, seperti di Padang, Sumatera, Medan, Sulawesi dan masih banyak lagi. Rumah sepenuhnya terbuat dari bahan kayu dan dengan tiang penyangga dari beton. Kemudian semua bagian lantai, dinding dan enternit dibuat dari kayu. Rumah bisa dilengkapi dengan beberapa aksen seperti jendela dan pintu dengan kaca. Ya, meskipun sederhana namun rumah ini menghabiskan banyak uang.

11. Rumah gaya rustic kuno

Rumah dengan gaya rustic memang dianggap sebagai desain rumah yang menarik dan indah. Rumah pada dasarnya dibuat dengan bahan batu dan kayu sebagai dinding utama. Kemudian dilangkapi dengan pintu dan jendela kaca.

Rumah menggunakan tiang penyangga dari bahan kayu kemudian atap rumah dibuat lebih pendek dari rumah biasa. Sekeliling rumah juga harus dibuat taman sehingga memberi kesan yang sangat menarik. Bagian dalam rumah harus mengacu pada material kayu dan batu.

12. Rumah modern dan sederhana

Memadukan konsep modern dan sederhana pasti akan sangat sulit sekali. Karena modern dan sederhana memiliki arti dan perbedaan yang sangat besar sekali. Namun untuk rumah Anda bisa menyatukan dua elemen ini.

Pada dasarnya desain rumah dibuat dengan dinding penuh mengelilingu rumah, kemudian bagian pintu utama rumah terlihat agak masuk ke dalam. Bagian depan bisa diberi dinding dan pintu kaca sehingga rumah memberi kesan yang sangat nyaman.

13. Rumah minimalis

Rumah minimalis menjadi salah satu rumah yang benar-benar menarik minat calon pemilik rumah.  Bahkan ketika akan membeli perumahan maka banyak pasangan yang khusus ingin rumah minimalis dan mudah dijangkau.

Anda bisa mencoba membuat desain rumah ini dengan membuat rumah memiliki pintu utama kecil, kamar tidur utama di samping ruang tamu, kemudian pada sisi samping bangunan diberi ruang kamar tidur anak-anak.


14. Rumah ala Nepal

Satu lagi desain rumah yang tidak kalah menariknya. Model rumah Nepal adalah jenis rumah yang dibuat dengan menggunakan batu sebagai bahan dinding utama. Kemudian dilengkapi dengan empat jendela besar di dinding utama dan satu pintu utama di tengahnya. Bagian teras di kelilingi oleh pagar yang cantik dan tangga kecil menuju pintu utama. Pada bagian sisi samping bisa dibangun sebuah garasi kecil yang terhubung ke rumah utama melalui jendela.

15. Rumah model bungalow

Rumah dengan model dan konsep bungalow biasanya hanya digunakan sebagai rumah singgah saja. Namun Anda bisa menerapkan konsep rumah ini untuk rumah tinggal sehari-hari. Rumah dibuat dengan desain yang sedehana dimana pintu utama hanya memiliki satu daun pintu saja. Kemudian jendela kaca besar ada di samping pintu utama dan ruangan di samping ruang tamu. Sekeliling rumah bisa ditanam beberapa pohon besar yang rindang. Sama seperti model rumah yang lain maka bisa dibuat dengan tambahan beberapa ruang tidur dan dapur sederhana.

16. Rumah cetak sederhana

Jika tempat tinggal Anda dekat dengan kawasan kebun dan hutan yang rindang maka Anda bisa membuat rumah cetak yang sangat sederhana. Rumah terbuat dari kayu sebagai bahan dinding, lantai dan atap. Rumah memiliki jendela-jendela kecil di setiap ruang pribadi. Kemudian untuk bagian depan dilengkapi dengan pintu utama sederhana dan jendela di samping pintu. Konsep rumah ini semakin nyaman dengan memanfaatkan penerangan dari tata surya.

Itulah beberapa pilihan model rumah sederhana tapi kelihatan mewah 1 lantai. Anda bisa mempertimbangkan sendiri mana model yang sesuai dengan kondisi tanah, lingkungan dan anggaran yang mencukupi untuk membangun rumah.

, ,



Oleh :
Kategori : Desain