Sponsors Link

Kelebihan dan Kekurangan Pondasi Tiang Pancang Yang Wajib Dipertimbangkan

Ketika Anda membangun sebuah rumah maka hal yang sangat diperlukan adalah pondasi yang berfungsi sebagai akar dari rumah. Karena itu banyak orang yang sangat peduli dengan cara membangun pondasi rumah ketika rumah baru saja dibuat. Bahkan pondasi akan menentukan seberapa besar kekuatan rumah. Contohnya adalah pondasi rumah lantai satu pasti akan berbeda dengan pondasi untuk rumah lantai dua. Begitu juga untuk gedung bertingkat.

ads

Karena itu hal yang sangat dibutuhkan adalah tiang pancang yang berguna untuk menahan kekuatan rumah. Tiang pancang biasanya terbuat dari beton murni namun ada juga yang dibuat dari baja dan kayu. Pertimbangan bahan tiang pancang sangat diperlukan agar rumah bisa berdiri kokoh dan tidak mudah goyah ketika terkena bencana seperti gempa bumi. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan pondasi tiang pancang yang wajib dipertimbangkan.

Manfaat Tiang Pancang

Sebelum Anda mempelajari kelebihan dan kekurangan tiang pancang maka mari melihat sekilas mengenai manfaat tiang pancang.

  1. Menahan beban kontruksi. Tiang pancang sangat penting untuk menahan beban kontruksi rumah mulai dari permukaan tanah sampai ke bagian dalam tanah. Inilah pentingnya membuat tiang pancang yang masuk sampai ke beberapa lapisan tanah. Karena itu juga tiang pancang bisa menahan berbagai beban rumah termasuk beban vertikal dan horisontal. Penggunaan tiang pancang sendiri bisa untuk rumah minimalis sederhana atau rumah yang lebih besar.
  2. Mendukung kaki tiang bangunan. Tiang pancang sangat penting untuk menahan gaya dorongan yang berasal dari dalam tanah seperti misalnya pada kontruksi pondasi tapak. Kemudian tiang pancang akan bekerja untuk menahan kaki-kaki tiang bangunan sehingga rumah berdiri tegak.
  3. Membantu memadatkan tanah. Sebenarnya ketika tiang pancang ditanam ke dalam tanah memang bisa membuat pergeseran material tanah dimana tiang pancang tersebut di tanam. Tapi pemasangan tiang pancang yang lain ternyata justru memadatkan material tanah sehingga rumah bisa aman dari pergeseran rumah.
  4. Tehnik mengatasi tanah mampat tinggi. Tiang pancang juga akan berfungsi untuk membantu menurunkan kaki-kaki sebagai tapak bangunan rumah sehingga tanah bisa lebih mapan.
  5. Mengontrol pondasi. Setelah mengenal berbagai macam jenis pondasi rumah maka Anda harus paham bahwa pondasi harus dibuat tepat dan kuat pada tanah. Ternyata tiang pancang sangat tepat untuk mengontrol pondasi pada tanah sehingga tidak bergeser.
  6. Penguat keamanan bangunan. Tiang pancang juga berfungsi untuk mengamankan bangunan termasuk dari gerusan tanah, gerusan air akibat erosi dan masalah pada tekstur tanah yang lain.
  7. Mengalihkan beban. Tiang pancang ternyata juga akan membantu mengalihkan beban bangunan mulai dari permukaan air atau tanah sampai ke bagian dasar tanah.

Kelebihan Tiang Pancang

  • Lebih kuat

Tiang pancang biasanya terbuat dari bahan betok yang sudah terbukti kekuatannya. Beton memang dianggap salah satu bahan-bahan dalam membangun rumah yang bisa membuat rumah lebih kuat. Misalnya saja beton cor untuk atap. Nah, tiang pancang memiliki fungsi yang sangat penting untuk kekuatan bangunan. Bahan tiang pancang dari beton inilah yang akhirnya bisa mengatasi tekanan dan kekuatan termasuk untuk rumah kecil dan bangunan yang lebih besar seperti gedung bertingkat.

  • Mengurangi galian tanah

Ketika membangun pondasi bangunan maka biasanya ada bagian tanah yang digali secara manual sampai lapisan tanah tertentu. Setelah itu pondasi baru ditanam untuk menjaga agar rumah bisa menahan beban yang berat. Namun jika menggunakan tiang pancang maka tidak perlu menggali tanah. Tiang pancang akan ditanam ke dalam tanah dengan alat yang cukup kuat. Kemudian tiang pancang tidak akan merubah tinggi muka air tanah sehingga tidak berdampak pada pergeseran bangunan saat rumah sudah selesai dibangun.


  • Pondasi dengan kekuatan

Merancang sebelum masuk ke proses pembangunan rumah memang sangat penting sekali. Karena itu dibutuhkan cara membangun rumah secara bertahap yang dimulai dari bagian pondasi rumah. Tiang pancang yang berasal dari beton juga berfungsi sebagai pondasi rumah yang cukup kuat. Karena itu tiang pancang juga dikenal dengan istilah bearing pile.

  • Lebih tahan lama

Jika dibandingkan dengan bahan pondasi biasa sebenarnya tiang pancang sangat menguntungkan. Ini karena tiang pancang bisa bertahan lebih lama bahkan sampai berusia puluhan tahun. Tapi semua kelebihan ini hanya didapatkan dari tiang pancang dengan kualitas beton yang terbaik. Beton memiliki kebetalan yang cukup baik sehingga akan melindungi bagian tulang beton dari air atau zat kimia yang bersifat korosif. Jadi dengan adanya pemasangan tiang pancang ini maka rumah atau bangunan menjadi lebih aman.

Kekurangan Tiang Pancang

Meskipun tiang pancang memang memiliki banyak kelebihan, tapi ternyata juga memiliki beberapa kelemahan. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor dari dalam dan luar. Berikut ini adalah kekurangan tiang pancang yang bisa Anda pelajari.


  • Berat maksimal.

Karena dekking beton pada tiang pancang memang umumnya sangat tebal maka sebenarnya ini juga menambah berat dari tiang pancang tersebut. Akibatnya bobot dari tiang pancang sendiri sangat berat dan bisa menyebabkan penumpukan beban yang cukup besar. Inilah yang menyebabkan tiang pancang terkadang tidak sesuai untuk penggunaan rumah kecil dan rumah minimalis.

  • Proses pembuatan lebih lama

Ternyata proses pembuatan tiang pancang memang lebih lama. Hal tersebut disebabkan karena pembuatan beton harus dipastikan memiliki kualitas yang maksimal, dekking harus keras, beton kuat dan berfungsi penuh. Karena itu membuat tiang pancang sendiri cukup membuang banyak waktu, jadi solusinya bisa dibeli dalam bentuk jadi sesuai kebutuhan ukuran.

  • Sulitnya proses pembuatan

Ternyata dalam membuat tiang pancang memang tidak mudah dan dibutuhkan tehnik khusus. Hal ini karena tiang pancang tidak mudah dibuat dengan cara cor beton biasa. Material, susunan material dan ukuran harus dipertimbangkan sejak awal dan inilah yang menyebabkan rumitnya proses pembuatan.

Itulah semua kelebihan dan kekurangan pondasi tiang pancang yang wajib dipertimbangkan. Jika Anda memang ingin menggunakan tiang pancang untuk membangun rumah maka pertimbangkan faktor tersebut.

, , ,



Oleh :
Kategori : Desain