Sponsors Link

8 Cara Membuat Kolam Ikan dari Barang Bekas di Depan Rumah

Jika Anda memiliki lahan rumah yang terbatas maka sebenarnya Anda bisa berkreasi sehingga rumah menjadi semakin asri dan indah. Termasuk jika Anda memiliki perumahan dengan desain rumah minimalis. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menghias taman kecil di depan rumah dengan menggunakan kolam ikan.

Biasanya kolam ikan dibuat dalam ukuran yang besar. Kolam ikan juga cenderung lebih rumit karena membutuhkan saluran air dan area untuk tanaman sebagai penghijau kolam. Hal yang lebih meresahkan lagi adalah biaya untuk membangun kolam memang tidak murah. Bahkan hanya dengan ukuran yang kecil saja bisa menghabiskan puluhan juta. Tapi coba sejenak melupakan modal besar itu. Ada sebuah ide untuk membangun kolam ikan dari perabot atau barang bekas yang sudah tidak terpakai. Anda penasaran? Ikuti beberapa cara membuat kolam ikan dari barang bekas di depan rumah, seperti berikut ini.

  • Pilih desain kolam yang sesuai

Meskipun Anda akan membuat kolam dari barang bekas namun sangat penting sekali untuk membuat desain kolam yang sesuai dengan luas area. Pertimbangkan untuk memilih desain kolam yang sesuai dengan tema rumah sehingga kolam tampak serasi untuk rumah. Karena Anda akan menggunakan benda bekas pakai jadi jangan membuat kolam menjadi lebih rumit sebab semakin minimalis maka semakin menarik bentuknya. Pada dasarnya cara membuat kolam ikan hias dengan benda bekas ini bisa dilakukan dengan sangat mudah.

  • Pertimbangkan prinsip ukuran kolam

Setelah Anda memilih desain kolam maka pertimbangkan untuk memilih ukuran yang sesuai. Kolam dengan ukuran 2×2 meter sudah termasuk cukup untuk rumah bergaya minimalis. Pastikan bahwa Anda tidak memilih ukuran yang terlalu besar karena mungkin tidak sesuai dengan konsep benda bekas pada kolam. Kemudian Anda juga harus melihat bentuk dari kolam yang akan dibuat, apakah itu lingkaran, persegi panjang atau model yang lain. Pastikan juga bentuknya sesuai dengan ukuran rumah sehingga benar-benar sangat nyaman. Dengan cara ini maka Anda bisa menyulap rumah biasa menjadi mewah.

  • Pertimbangan Material Barang Bekas untuk Kolam

Jika kita melihat lingkungan sekitar maka banyak sekali barang bekas yang bisa digunakan. Anda tidak perlu malu karena membuat kolam dari benda bekas pakai, sebab dengan pilihan desain yang menarik maka kolam bisa berkesan sangat mewah. Berikut ini beberapa inspirasi desain kolam dari barang bekas.

  • Kolam dari pot tembikar besar

Nah salah satu benda bekas yang sangat sederhana dan bisa disulap menjadi kolam ikan yang mewah adalah dari pot tembikar besar. Anda bisa menggunakan pot yang sudah pernah digunakan atau masih baru. Pada dasarnya harga pot tembikar juga tidak terlalu mahal dan bahan tembikar yang sudah dibakar memiliki daya tahan air yang sangat kuat. Anda cukup menempatkan pot yang dijadikan kolam di depan rumah minimalis sederhana. Isi dengan beberapa jenis tanaman air atau teratai kecil. Kemudian pilih jenis ikan yang tahan terhadap kolam tembikar dan memiliki perawatan yang mudah.

  • Kolam dari ban truk bekas

Ban truk  bekas memiliki ukuran yang sangat besar. Biasanya ban truk bekas banyak ditampung oleh pengusaha ban bekas dan Anda bisa memilih ban dengan ukuran yang cukup besar. Setelah dibersihkan maka cobalah tanam ban di dalam tanah. Kemudian tutupi dengan plastik mengikuti bentuk ban. Setelah itu berikan batu alam untuk taman agar lingkungan sesuai untuk ikan. Isi dengan air dan ikan. Hiasi tepi kolam dengan susunan batu alam dan tanaman hias. Wah taman ini akan tampak sangat indah.

  • Kolam dari bekas kaleng berukuran besar

Jika Anda memiliki kaleng dengan ukuran yang besar maka itu juga bisa menjadi kolam yang cantik dan indah. Dengan bahan kolam ini Anda juga tidak perlu banyak melakukan cara alami menghilangkan lumut di kolam ikan dibandingkan pada kolam batu. Anda harus menemukan kaleng yang berukuran besar baik itu dalam atau tidak. kemudian bersihkan kaleng dan mulai isi dengan air dan tanaman air. Lalu masukkan ke dalam tanah dan sekitar tanahnya bisa diisi dengan tanaman bunga hias. Dengan cara ini kolam menjadi sangat menarik.

  • Kolam dari bathup bekas

Bentuk bathup yang khas memanjang bisa menjadi salah satu benda bekas yang berharga. Anda bisa menggunakan bahan ini untuk membuat kolam ikan yang sederhana. Anda perlu meletakkan benda ini di depan rumah. Kemudian cobalah dengan mengisinya menggunakan air. Biarkan sampai beberapa lama. Kemudian masukkan batu alam, benda hiasan, bunga hias, tanaman air dan ikan. Karena material kolam dari bahan keramik maka biasanya ikan berkembang cukup baik.

  • Kolam dari pot batu

Sekarang memang sangat jarang ditemukan pot batu. Dulu pot batu menjadi jenis pot yang berkesan mewah dan banyak digunakan di rumah-rumah besar. Sekarang Anda bisa menemukan pot batu sebagai barang bekas yang tidak terpakai. Karena bahan dan bentuknya yang unik, maka Anda bisa menggunakan bahan ini sebagai kolam ikan. Caranya adalah dengan memasang pot batu di taman depan rumah. Kemudian isi dengan air dan ikan. Anda bisa menambahkan hiasan seperti tanaman hias dan batu hias. Karena bahan yang terbuat dari batu maka  biasanya ikan menyukai kolam ini.

  • Kolam dari tangki bekas

Anda juga bisa memilih tangki bekas sebagai kolam ikan yang sangat menarik. Namun Anda harus membersihkan tangki bekas dari berbagai bau atau bahan kimia yang bisa meracuni ikan. Lebih baik memang memilih tangki bekas yang sudah berusia puluhan tahun. Kemudian pasang tangki bekas pada tanah. Setelah itu tutup tangki bekas dengan plastik mengikuti bentuknya. Masukkan air dan batu alam agar menarik untuk ikan. Setelah itu baru masukkan ikan dan beri hiasan di sekitarnya dengan bunga hias.

Itulah semua cara membuat kolam ikan dari barang bekas di depan rumah. Meskipun dari barang bekas namun semua bahan ini bisa didesain dengan baik sehingga menjadi kolam ikan yang indah untuk rumah Anda.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Taman