Sponsors Link

Rumah Minimalis Sederhana dan Modern

Sponsors Link

Pengertian rumah minimalis diadaptasi dari Jepang, dengan makna pembuatan rumah yang disesuaikan dengan gaya hidup. Dalam pembuatan rumah, diharapkan penggunaan warna dan furnitur interior yang digunakan tidak begitu banyak atau bisa dibilang sederhana dan tidak berlebihan. Sebenarnya makna dari rumah minimalis adalah menciptakan suasana rumah yang dengan model dan isi tidak begitu banyak namun tetap indah dari segi arsitek, sehingga pemilik rumah dapat merasa tenang dan nyaman, serta bukannya merasa bahwa rumahnya terasa ramai dan sesak.

ads

Pada intinya, Desain Rumah Minimalis didesain dan disesuaikan dengan gaya hidup dimana ruang rumah dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan Cara Menata Ruangan Rumah dengan berbagai fungsi namun tetap dipertahankan menghemat penggunaan ruang. Bentuk rumahnyapun dibuat dengan bentuk modern dengan membentuk garis khayal secara vertikal dan horizontal, sehingga kesannya dari luar tampak rumah memiliki sisi-sisi atau sudut seperti kotak-kotak. (Baca juga: Rumah kayu minimalis)

Pengertian

Filosofi Rumah Minimalis Sederhana diadaptasi dengan penyesuaian proses pembuatan rumah dengan beberapa Tips Membuat Rumah Minimalis Modern yang memiliki segi pembiayaan yang murah, namun tetap mempertahankan desain atau bentuk akhir rumah agar tampak mewah. Dengan menggabungkan konsep rumah sederhana dengan konsep rumah minimalis, maka diharapkan dapat terbentuk rumah yang memiliki cost atau biaya yang murah, namuna tetap dengan desain semenarik mungkin dengan bentuk rumah-rumah modern bergaya minimalis dari segi desain serta pemanfaatan ruangannya dengan Cara Menata Rumah Minimalis.

Rumah minimalis sederhana biasanya memanfaatkan lahan yang berukuran tidak begitu besar, namun memenuhi kebutuhan ruang untuk suatu keluarga. Biasanya konsep dari rumah minimalis sederhana didesain cocok untuk keluarga kecil yang terdiri dari Ayah, Ibu, serta 2 hingga 4 anak. Diharapkan dari keterbatasan ukuran lahan mampu dibuat rumah dengan kamar tidur untuk Orang tua beserta anaknya, yang bisa terdiri dari dua atau tiga kamar tidur, satu atau dua kamar mandi, satu dapur beserta ruang keluarga yang bisa dimanfaatkan menjadi ruang makan, serta bisa ditambahkan ruang tamu. (Baca juga: Model sofa untuk ruang tamu kecil)

Pemanfaatan Ruang

Pemanfaatan ruang pada rumah minimalis sederhana diharapkan didesain dengan memperhitungkan sebaik mungkin dengan memaksimalkan manfaat serta menjaga agar rumah terlihat berukuran sederhana atau kecil, namun tetap memiliki ruang yang wajib diperlukan dalam rumah keluarga. Jika terjadi Kesalahan dalam Desain Interior rumah terutama model rumah minimalis, akan sangat mempersulit kita dalam mendesainnya sesuai dengan ukuran luas rumah. Jika ini terjadi pada anda, ada Cara Menata Rumah Sempit agar terlihat luas yang tentunya menjadi panduan anda dalam mendesain interior rumah minimalis anda. Beberapa ruang wajib kita desain, misalnya mulai dari kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan kamar mandi. (Baca juga: Cara membuat gorden minimalis)

1. Kamar tidur

Pada rumah minimalis sederhana, ukuran lahan yang mungkin berukuran kecil atau sedang dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah rumah misalnya bisa terdapat dua hingga tiga kamar, terdiri dari satu kamar berukuran lebih besar dan dua kamar berukuran lebih kecil. Atau bisa juga hanya terdiri dari dua kamar berukuran sama.  Cara Mendesain Kamar untuk desain kamar minimalis tentunya harus disesuaikan dan disiasati dengan Cara Menghias Kamar Tidur yang sempit agar terlihat luas.

  • Contoh Desain kamar tidur utama minimalis

Kamar Tidur Utama dengan Warna Cerah Kamar Tidur Utama dengan Warna Cerah

Desain kamar tidur minimalis di atas adalah contoh Cara Menata Kamar Tidur dengan desain yang sederhana dan tidak terlalu banyak furniture. Pilihan warna putih dan ungu menjadikan ruangan terlihat luas.

  • Contoh desain kamar tidur untuk anak

Kamar Tidur Utama dengan Warna Cerah

Cara Menghias Kamar tidur yang sempit untuk anak bisa anda lihat pada contoh gambar diatas. Perpaduan warna cat atau wallpaper dinding menjadi pilihan utama yang tentunya bisa mempercantik ruang kamar. Untuk pilihan sprei dan selimut bisa dipadukan juga dengan warna cat atau wallpaper.  Jika anda kesulitan dalam memilih wallpaper, Tips Memilih Wallpaper Untuk Kamar Tidur bisa membantu anda dalam memilih wallpaper yang tepat.

Desain furniture dengan heamt tempat bisa anda contoh di desain gambar tersebut. Contohnya saja seperti letak rak atau dipan yang dipakai.

ads

2. Kamar mandi

Pembuatan kamar mandi bisa terdiri dari dua kamar mandi. Dimana jika rumah terdiri dari dua atau tiga kamar, maka kamar mandi dapat dibagi satu kamar mandi pada kamar besar, dan satu lagi diluar kamar (bisa terhubung ke ruang makan atau ruang dapur. Pemanfaatan satu kamar mandi diluar bertujuan untuk memudahkan tamu jika ingin menggunakan kamar mandi tanpa harus masuk ke kamar tidur. (Baca juga: Tips menata rumah)

Desain kamar mandi pada gambar di atas adalah desain kamar mandi sederhana tapi terkesan mewah. Di desain dengan sangat rapi sehingga terlihat luas. Permainan warna juga bisa menjadi ide dalam mendesain kamar mandi. Untuk jenis keramik, ada jenis keramik kamar mandi khusus untuk kamar mandi berukuran kecil. (Baca : Tips Memilih Keramik Kamar Mandi)

Baca tips membersihkan kamar mandi :

3. Ruang makan dan ruang keluarga

Untuk ruang makan biasanya berhubungan dengan ruang keluarga, atau untuk lebih memanfaatkan ruangan terlihat lebih luas, kadang ruang keluarga dapat dimanfaatkan menjadi ruang makan, dengan penggunaan furniture yang memungkinkan untuk diubah sesaat sesuai dengan kebutuhan. Konsep ini telah banyak iterapkan di rumah-rumah moderen.(Baca juga: Tips membuat rumah sederhana)

4. Ruang dapur

Ruang dapur umumnya dibuat terpisah dan sering berada dibagian belakang atau bagian samping. Untuk desain dapur minimalis ruang dapur dan ruang makan terhubung dengan dengan ruang keluarga. Serta, bisa terhubung atau menjadi akses menuju kamar mandi umum (di luar kamar tidur) serta pintu menuju halaman belakang jika ada.

Berikut 2 desain dapur minimalis  dengan desain yang sederhana dan simple. Dimana, lemari di tempel di dinding, guna menghemat tempat.

Baca juga :

Sponsors Link

5. Ruang tamu

Fungsi Ruang Tamu sangat penting sekali untuk di desain sedemikian bagus dan oke, karena ruang tamu merupakan tempat menjamu tamu. Cara Menata Ruang Tamu  dengan Desain Ruang Tamu Minimalis dapat dibuat di bagian depan langsung berhadapan dengan pintu masuk seperti desain rumah lain pada umumnya. Ruang tamu biasanya dibuat terhubung ke ruang keluarga, namun kadang tidak terhubung pada satu sisi yang sama dari rumah, melainkan sering berbentuk serong atau di buat furniture interior sehingga dapat memisahkan antara ruang keluarga dan interior. (Baca juga: Cara menata ruang tamu)

Ruang tamu dapat juga kita desain dengan menggunakan wallpaper. Tips Memilih Wallpaper Dinding Pada Ruang Tamu haruslah kita pahami, karena wallpaper untuk tiap ruang berbeda. Jadi, janganlah salah memilih wallpaper untuk ruang tamu anda. Model Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil juga menjadi pilihan yang harus anda pertimbangkan. Jangan memilih sofa dengan ukuran besar jika ruang tamu anda berukuran kecil. Jika anda memilih cat, pilihlah Warna Cat Rumah Kecil Agar Terlihat Luas.

6. Taman

Cara Membuat Taman di rumah minimalis, anda bisa menyesuaikan dengan ukuran lahan, namun saat ini banyak rumah dibuat dengan memberikan lahan untuk taman, dimana dapat dibuat taman hijau dengan Jenis Bunga Untuk Taman yang ditanam didepan rumah walaupun berukuran kecil. Selain itu, kadang juga dibagian belakang rumah juga dapat disipkan lahan hijau. Jangan lupa pula, pilihlah Model Lampu Taman minimalis unutk penerangan dan mempercantik taman. (Baca : Cara Merawat BungaCara Membasmi Gulma)

Bentuk Rumah dan Pengecatan

Bentuk rumah tetap dijaga berbentuk minimalis moderen, sehingga walaupun berukuran kecil dapat tampak mewah dengan bentuk modern. Bentuk rumah mengandalkan desain garis horizontal dan vertikal sehingga akan tampak terlihat konsep kotak-kotak pada desain eksteriornya.

Serta penggunaan desain lengkung atau pilar bulat tidak lagi digunakan pada konsep ini. Pengecatan rumah tetap dengan mempertahankan desain konsep rumah minimalis, menggunakan pengecatan yang memadukan dua atau tiga warna, namun tidak membuat warnanya tampak memiliki perbedaan mencolok. Sehingga cat rumah tidak akan tampak saling berlawanan atau mencolok dengan konsep monokrom.

Sponsors Link

Biaya dan Bahan Pembuatan

Secara umum, maksud dari konsep rumah minimalis sederhana adalah memiliki cost atau biaya pembuatan yang murah, namun memaksimalkan bentuk saat pembuatannya. Oleh karenanya, banyak pembelian bahan untuk pembangunan disesuaikan dengan keuangan walaupun kualitasnya mungkin antara kualitas menengah kebawah. Namun pada saat pembuatannya, bahan yang digunakan tersebut dibuat tampak mewah dan moderen sehingga akan dapat menutupi kekurangan kualitas bahan dan bagi orang lain mungkin dapat dilihat menjadi kualitas bahan yang baik. (Baca juga: Tangga rumah minimalis)

Namun walaupun pengertian konsepnya adalah biaya yang murah, namun bukan berarti tidak ada orang yang menggunakan bahan berkualitas baik atau membutuhkan biaya yang besar. Banyak juga orang yang tidak menggunakan konsep minimalis sederhana dalam arti biaya yang murah. Justru konsep minimalis sederhana lebih ditekankan pada bentuk rumah yang tidak besar (berukuran kecil), namun tidak memperdulikan konsep biaya.

Dengan arti lain, banyak orang yang menggunakan konsep minimalis sederhana untuk membuat rumah dengan ukuran tidak besar. Namun, biaya untuk pembelian Bahan-bahan dalam membangun rumah seperti material menggunakan biaya yang besar atau cot yang besar. Hal ini bertujuan agar walaupun rumah yang dibuat tidak berukuran besar, namun bahan yang digunakan adalah bahan yang berkualitas baik. Oleh karennya hal ini disebut konsep minimalis sederhana dari segi bentuk dan desain rumah, bukan dari segi biayanya.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 23rd, November 2016 / 11:29 Oleh :
Kategori : Minimalis