Sponsors Link

12 Cara Agar Rumah Aman Dari Gangguan Jin Secara Islam

Menjaga agar rumah selalu aman memang keinginan semua orang. Ancaman terhadap rumah sebenarnya bisa datang dari sekitar rumah atau lingkungan dekat rumah. Jika ancaman seperti maling, perampok atau orang jahat maka bisa dicegah dengan alat pengaman rumah. Masalahnya semua alat itu tidak bisa mengusir rasa takut kita terhadap hantu, jin dan semua mahluk halus.

Ada kepercayaan bahwa jin memang tinggal di setiap rumah. Mereka bahkan bisa melihat aktifitas manusia yang tinggal di rumah tersebut. Tentu saja ini sangat menakutkan sehingga Anda sering merasa tiba-tiba ketakutan atau mendengar suara aneh. Semua ini sangat berbahaya terutama untuk kesehatan jiwa dan mentak. Bahkan anak-anak bisa sangat ketakutan sampai tidak berani tidur sendiri. Jika sudah ada kondisi ini maka lakukan cara agar rumah aman dari gangguan jin secara Islam.

1. Bacakan Surat Al-Baqarah

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah sesuai dengan yang diperintahkan atau diriwatkan dari HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877 untuk membacakan surat Al – Baqarah mulai dari ayat pertama sampai terakhir. Berdasarkan hadis dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, menyatakan jika membaca surat Al Baqarah maka bisa mengusir setan. Membaca surat Al Baqarah bisa menghilangkan gangguan jin, setan dan mahluk halus lain mulai dari satu hari, tiga hari sampai selamanya.

2. Membaca Al Quran dengan rajin

Ada sebuah riwayat dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” Bacaan ini sesuai dengan HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877. Jadi selain membaca Al Baqarah maka umat muslim bisa membaca Al Quran dimana saja dan kapan saja. Baik saat itu sedang ibadah atau tidak sedang ibadah seperti saat bersantai.

3. Bersikap Tidak Perduli

Jin memang mahluk halus yang suka menganggu dan mencari perhatian. Karena itu ketika Anda sudah mengaji dengan rajin dan membaca surat Al Baqarah setiap hari dan masih merasa gangguan maka mulailah untuk tidak bersikap perduli. Ketika Anda tidak perduli maka jin juga akan bosan dan pergi sendiri. Jangan sampai Anda melawan dengan hal-hal yang tidak disarankan seperti menyiram beberapa tempat di rumah dengan garam dan kembang tujuh warna. Selain bisa mengotori rumah juga menjadi penyebab banyak semut di rumah.

4. Selalu Membaca Doa Masuk Rumah

Dalam Islam juga diberikan tata cara untuk keluar dan masuk rumah. Hal yang sangat penting adalah untuk selalu membaca doa ketika akan masuk rumah. Sesuai dengan HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 bahwa orang yang selalu mengingat Allah ketika masuk rumah maka akan setan dan jin di dalam rumah tidak akan berani mengganggu. Ucapan doa yang baik adalah ucapan basmalah yang dilanjutkan dengan salam.

5. Ucapkan doa saat menutup pintu

Selain masuk rumah dan membuka pintu maka disarankan untuk selalu mengucapkan doa ketika akan menutup pintu. Sesuai dengan Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan untuk selalu menutup pintu dengan bacaan doa. Bacaan yang bisa diucapkan adalah basmallah.

6. Jangan memasang poster, foto dan gambar yang bernyawa di rumah

Salah satu cara untuk menghias dinding biasanya adalah dengan gambar, foto atau poster mahluk yang bernyawa. Padahal jika sudah menggunakan warna cat rumah yang indah dan sejuk maka tidak perlu menggunakan banyak hiasan seperti gantungan gambar dan foto. Terlebih lagi ternyata hal ini sangat dilarang dalam Islam. Jin ternyata menyukai rumah yang memiliki banyak gambar mahluk hidup. Bahkan itu bisa menghalangi masuknya jin baik yang masuk rumah.

7. Hilangkan kebiasaan memutar musik

Ternyata umat muslim sebaiknya juga tidak memutar musik karena itu bisa membuat jin dan mahluk halus semakin nyaman di rumah. Banyak orang yang tidak sadar bahwa kebiasaan yang mengasyikkan ini memang sangat dilarang. Jadi mulai sekarang lebih baik untuk menghindari musik yang keras dan memilih dengan memutar murottal. Jika ingin melakukan cara membuat studio rekaman sederhana maka tidak dirumah sendiri namun di tempat khusus untuk kerja.

8. Menjaga kebersihan rumah

Semua pemilik rumah juga harus melakukan cara menjaga kebersihan halaman rumah dan semua bagian rumah yang lain. Jin menyukai tempat-tempat yang kotor dan banyak sampah. Jin merasa nyaman dengan lingkungan ini. Selain menjaga kebersihan rumah juga bisa mengusir jin juga bisa menjaga kesehatan semua penghuni rumah.

9. Menjaga kebersihan kamar mandi

Jin memang menyukai tempat-tempat yang lembab dan kotor. Termasuk juga bagian area kamar mandi yang biasanya digunakan untuk membuang hajat manusia. Ternyata jin menyukai semua tempat ini dan biasanya jin tinggal dalam keluarga. Bahkan jin bisa melihat aktifitas manusia di dalam kamar mandi. Karena itu juga disarankan untuk membaca doa sebelum masuk ke kamar mandi dan setelah keluar kamar mandi.

10. Buang sampah pada tempatnya

Selain itu sebaiknya Anda juga harus membiasakan diri untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Hindari kebiasaan menumpuk sampah di beberapa bagian rumah yang tidak terlihat. Jangan sampai menumpuk meja di bawah meja dan tempat tersembunyi lain. Jadi hilangkan kebiasaan ini agar rumah bersih dan aman dari gangguan jin.

11. Hindari meletakkan kotoran di pojok rumah

Kebiasaan menyapu dan menumpuk kotoran di bagian pojok rumah juga sebaiknya dihilangkan. Kebiasaan ini ternyata bisa mengundang jin yang bisa mengancam ketenangan dalam rumah. Ketika Anda menyapu maka buah pada tempat sampah di saat itu juga. Kemudian bersihkan lantai dengan mengepel agar rumah bersih dan jin tidak suka dengan rumah Anda.

12. Membuang tulang di luar rumah

Salah satu makanan jin yang sangat disukai adalah tulang sisa atau bekas manusia. Karena itu ketika Anda baru saja makan daging atau ikan maka segera buang tulangnya keluar rumah. Jangan sampai tulang-tulang itu menginap di dalam rumah karena pasti selain menyebabkan bau dan hewan seperti kecoa juga mengundang jin.

Begitu ternyata semua cara agar rumah aman dari gangguan jin secara Islam. Sekarang jika Anda masih merasa takut maka lakukan beberapa kebiasaan di atas agar rumah menjadi tenang dan nyaman.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Keamanan