Sponsors Link

10 Alat Pengaman Rumah yang Wajib Dimiliki

alat pengaman rumahBerbagai jenis-jenis rumah tinggal diciptakan sebenarnya untuk melindungi pemilik rumah. Melindungi ini tidak hanya dari panasnya terik matahari, curah hujan tinggi serta kondisi ekstrim lainnya, namun juga dari bahaya-bahaya yang tidak diinginkan. Entah rumah minimalis sederhana dengan berbagai desain rumah minimalis, serta rumah dengan macam-macam konsep bangunan lainnya, fungsi utama hunian tetap sama. Namun apa jadinya jika pemilik rumah sedang tidak ada di dalam hunian? Sebagai pelindung rumah juga membutuhkan fasilitas keamanan yang memadai. Pemasangan keamanan ini merupakan cara mencegah rumah kemalingan.

ads

Di dalam rumah, seseorang dapat meninggalkan berbagai macam barang berharga, tidak hanya uang dan emas namun juga dokumen penting dan alat elektronik. Maka dari itu, keamanan rumah ketika dalam keadaan kosong harus dipastikan dengan seksama. Maka dari itu alat pengaman rumah sangat dibutuhkan untuk melindungi kelengkapan barang hunian. Terdapat berbagai macam jenis alat pengaman rumah yang dapat Anda gunakan, dengan berbagai aplikasi dan kegunaan. Berikut ini adalah beberapa jenis alat pengaman rumah paling ampuh, simak!

  1. 3G Wireless Camera Alarm

3G wireless camera alarm merupakan sebuah alat pengaman yang dapat berfungsi untuk menjaga rumah dari tamu yang tidak diinginkan. Alat ini bekerja dengan sistem sensor yang akan mendeteksi jika terdapat seseorang tidak dikenal. Melalui sensor tersebut, sistem alarm akan mengirimkan sebuah gelombang sinyal untuk kamera 3G. Secara otomatis kamera akan aktif dan mengambil gambar, yang kemudian akan dikirimkan melalui pesan singkat pada nomor ponsel yang telah di daftarkan sebelumnya. Hebat bukan?

  1. Glass Break Alarm

Selain kamera pengaman, alat pengaman rumah yang satu ini juga tidak kalah hebatnya. Tidak lain adalah glass break alarm atau sebuah peringatan yang berasal dari getaran kaca. Alat ini digunakan untuk mencegah masuknya maling atau orang yang tidak dikenal ke dalam rumah. Pengaplikasiannya dapat diletakkan pada jenis kaca rumah atau juga pada pintu rumah yang berbahan dasar kaca. Pada saat kaca mengalami getaran, secara otomatis alarm akan berbunyi dan seisi rumah akan mengetahui bahaya yang datang.

  1. Door Sensor

Jenis pengaman yang satu ini mungkin sudah banyak dikenal di khalayak masyarakat. Ya, door sensor memang sudah banyak digunakan untuk mengamankan rumah tinggal. Alat ini nantinya akan dipasang di beberapa titik pintu rumah, untuk mendeteksi apabila terdapat upaya pembukaan pintu secara paksa. Apabila alat telah diaktifkan, maka secara otomatis alarm akan berbunyi jika ada hal-hal yang mencurigakan terjadi pada pintu rumah.

  1. Tabung Pemadam Kebakaran

Meskipun tidak berperan sebagai pendeteksi bahaya, tabung pemadam kebakaran juga penting dimiliki pada rumah tinggal. Alat ini berfungsi untuk melindungi rumah dari bahaya kebakaran. Maka dari itu, peletakan tabung haruslah strategis dan terjangkau dari berbagai tempat. Namun ingatlah bahwa tabung ini juga memiliki tanggal kadarluarsa. Maka dari itu, Anda perlu memeriksanya beberapa kali dalam waktu satu bulan.

Sponsors Link

  1. Liquid Detector

Liquid detector biasanya akan mulai berfungsi apabila musim hujan telah tiba. Dengan alat ini, Anda akan mengetahui apabila terjadi kebocoran air di dalam rumah tinggal. Alat ini juga dapat mendeteksi datangnya banjir yang masuk ke dalam rumah. Untuk Anda yang tinggal di daerah rawan banjir, alat ini sangat direkomendasikan untuk digunakan.

  1. Earthquake detector

Sesuai dengan namanya, earthquake detector, alat ini digunakan untuk mendeteksi atau memberikan peringatan apabila terjadi gempa. Alat ini juga sangat baik digunakan pada hunian yang berada di daerah rawan gempa.

  1. Gas Detector

Sesuai dengan namanya, gas detector merupakan sebuah alat yang dikhususkan untuk mendeteksi adanya kebocoran gas di dalam rumah.

  1. Sensor Detector

Sensor detector memiliki sistem kerja yang dapat mendeteksi adanya panas hingga sensor gerak maupun suara dengan menggunakan sistem perimeter. Informasi tersebut dapat menjadi peringatan bahaya bagi pemilik rumah. Hal ini ditandai dengan bunyi alarm yang memekikan telinga, ketika terdeksi datangnya seseorang yang masuk ke dalam rumah.

Sponsors Link

  1. CCTV

Alat CCTV memang sangat populer digunakan untuk mengamankan berbagai jenis bangunan. Sebab kamera pengintai ini dapat dipasangkan pada berbagai macam lokasi strategis untuk mengamati suatu keadaan tertentu. Pengamatan bisa dilakukan melalui handphone hingga computer. Biasanya alat ini digunakan untuk mengamankan bangunan komersil, namun tidak ada salahnya jika mengaplikasikannya pada rumah tinggal.

  1. Alarm nirkabel

Alat ini dapat menghubungkan langsung dengan pihak keamanan yang ada seperti pemadam kebakaran maupun pihak kepolisian. Apabila suatu saat terjadi suatu hal yang buruk di dalam rumah, alarm nirkabel akan mengirimkan sebuah sinyal berupa sirine, yang dilengkapi dengan lampu kedap-kedip yang menyerupai ambulance. Alarm ini sebaiknya diletakkan dibeberapa titik strategis hunian agar dapat bekerja secara maksimal.

Demikianlah beberapa jenis-jenis alat pengaman rumah yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , ,