Sponsors Link

7 Pilihan Warna Cat Rumah yang Indah dan Sejuk

mengecat dindingMemilih warna cat rumah yang tepat kadang dapat menjebak dan sulit.  Pilihan warna yang beragam akan memicu Anda bingung untuk memilihnya. Mengapa warna cat rumah menjadi begitu penting? Jawabannya adalah karena warna cat rumah merupakan bagian dari sebuah konsep rumah. Keduanya saling berkaitan satu sama lain dan saling mempengaruhi. Konsep rumah dapat berupa rumah minimalis sederhana, model rumah Scandinavian, konsep arsitektur modern tropis atau pun sebagai representasi dari pemilik rumah itu sendiri. Untuk memilih warna cat rumah yang indah dan sejuk, ada beberapa pilihan warna yang dapat Anda gunakan. Mau tahu? Simak berikut ini!

Warna Cat Rumah Yang Indah Dan Sejuk

Warna cat rumah dapat memberikan kesan kehidupan pada sebuah rumah. Selain itu, warna cat rumah dapat membantu menegaskan sebuah ruang. Misalnya adalah, dengan pemilihan warna gelap maka ruang yang sempit akan terlihat semakin sempit, sedangkan pemilihan warna cerah membuat ruang yang sempit terlihat lebih luas. Untuk itu, memilih warna cat rumah yang indah dan sejuk perlu pemikiran yang matang. Anda perlu mengenal terlebih dahulu warna-warna yang baik serta makna yang dikandung dari warna tersebut. Berikut ini adalah deretan warna yang dapat Anda gunakan, yakni :

  1. Warna biru

Warna biru sangat identik dengan hal-hal yang terkesan alami dan natural. Biru melambangkan pantai, langit, laut dan sebagainya. Menggunakan cat warna rumah dengan biru akan memberikan nuansa yang lebih fresh serta menciptakan kesan sejuk dan damai yang Anda butuhkan. Warna cat biru sangat cocok diaplikasikan untuk ruangan-ruangan seperti kamar tidur atau pun ruang keluarga. Dengan menggunakan warna ini, perasaan Anda akan lebih tentram dan nyaman. Warna biru dapat menjaga mood penghuni rumahnya tetap stabil dan segar setiap saat.

  1. Warna kuning

Bagi sebagian orang, warna kuning dipertimbangkan sebagai warna yang kurang menarik. Mengapa demikian? Karena warna kuning memiliki warna yang cukup cerah orang-orang berpendapat bahwa kuning menyebabkan ruangan akan terlalu silau serta menurunkan daya tarik. Akan tetapi, tidak semua warna kuning berakhir demikian. Warna kuning juga memiliki banyak pilihan. Dari yang cerah hingga soft. Jika Anda tidak terlalu menyukai warna yang terlalu menyala, Anda dapat menggunakan warna soft sebagai solusinya. Warna kuning merepresentasikan sifat ceria dan cerah sehingga baik untuk penggunanya.

  1. Warna hijau

Warna hijau sangat dekat dengan kesan pepohonan dan dedaunan. Warna hijau memiliki keistimewaan karena dapat menonjolkan kesan harmoni, selaras serta segar sehingga warna cat rumah ini sangat baik diterapkan di ruang-ruang seperti ruang keluarga atau pun kamar tidur. Mayoritas orang akan cenderung memilih warna hijau pastel sebagai pilihannya karena membuat suasana rumah lebih hidup dan dapat memberikan semangat. Warna hijau juga sangat fleksibel sehingga dapat dipadukan dengan berbagai warna lain.

  1. Warna merah

Berani, hangat, kuat, menyala, begitulah sifat-sifat yang dilambangkan dari warna merah. Selain tegas, penggunaan warna merah pada sebuah ruangan dapat memberikan kesan lebih hidup. Karena memancarkan aura penuh energi, jika hendak menggunakan warna cat merah sebaiknya Anda memilih warna-warna yang lebih soft untuk warna perabot rumah. Hal ini dimaksudkan supaya tercipta kontras antara dinding rumah dengan perabot rumah.

  1. Warna orange

Selain warna merah, warna orange juga dapat digunakan sebagai warna cat rumah yang indah dan sejuk sebagai alternatif lain. Warna orange yang soft juga dapat memberikan keindahan dan rasa sejuk di rumah. Warna orange juga dapat membangkitkan rasa semangat serta optimisme penghuni rumah sehingga baik digunakan. Perpaduan antara warna orange dengan warna-warna lain juga dapat menghasilkan warna yang indah. Jadi, tunggu apalagi?

  1. Warna krem

Warna krem sering digunakan sebagai alternatif dari warna putih. Dengan menggunakan warna krem Anda dapat menghadirkan dimensi pada dinding sempit dengan penggunaan tekstur. Ini adalah cara terbaik yang dapat Anda lakukan. Selain itu, warna krem dapat dipadukan dengan warna-warna lain seperti putih dan cokelat. Tidak hanya warna, krem juga dapat dipadukan dengan material bertekstur lain seperti kayu sehingga menciptakan kesan hangat, indah serta sejuk yang Anda idamkan.

  1. Warna putih

Warna putih tentunya adalah warna yang paling popular jika bicara soal warna dinding rumah. Hal ini karena warna putih sangat fleksibel dan dapat digunakan dan dipadukan dengan berbagai cara. Selain itu, warna putih dapat masuk ke dalam berbagai konsep rumah. Dengan mewarnai dinding keseluruh dengan warna putih akan menciptakan kesan yang bersih dan suci serta modern. Jika Anda ingin menambahkan sentuhan lain, Anda dapat memadukannya dengan warna-warna lain dan memberikan tekstur pada dinding Anda.

Memilih warna dinding rumah memang terkandang bukanlah pekerjaan yang mudah, akan tetapi tetap menyenangkan. Pilihlah warna yang sesuai dengan karakteristik ruang serta konsep yang Anda tuju. Kembangkan warna cat rumah elegan tersebut untuk berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Demikianlah, selamat mencoba!

, , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik