Sponsors Link

Mengenal Sistem Keamanan Rumah Berbasis Arduino

keamanan rumahKeamanan berbagai jenis-jenis rumah tinggal adalah salah satu aspek yang sangat penting. Demi mendapatkan rasa aman pada rumah, berbagai cara dilakukan. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan kamera CCTV. Pemasangan CCTV di dalam rumah dinilai ampuh sebagai cara mencegah rumah kemalingan. Tapi apakah benar? Sebenarnya pemasangan kamera ini belum menjamin 100% rumah Anda terhindar dari baha kemalingan. Anda membutuhkan suatu alat yang dapat mendeteksi keberadaan seseorang yang masuk ke dalam rumah tanpa ada izin dari pemilik rumah ketika rumah sedang kosong. Bagaimana caranya? Yakni dengan menggunakan sistem keamanan rumah berbasis arduino.

ads

Sistem keamanan ini merupakan sistem pengaman rumah dengan multi sensor. Sensor PIR (Passive Infrared Receiver) merupakan sensor yang digunakan untuk mengetahui keberadaan manusia di titik tertentu. Sistem ini juga dapat digunakan untuk memperkuat sistem alarm pada rumah tinggal dan juga gedung tinggi. Ketika dipasang, nantinya akan terpancarkan sebuah sensor yang dapat menangkap pancaran sinyal inframerah yang dikeluarkan tidak hanya dari tubuh manusia namun juga hewan.

Point yang menjadi acuan terhadap sistem pengontrolan terletak pada perubahan temperatur pada manusia di suatu ruangan yang menjadi nilai awal atau disebut juga dengan set point. Setiap perubahan temperatur yang terjadi nantinya akan terdeteksi oleh sensor PIR. Jika sensor mendeteksi adanya gerakan manusia yang terjadi, maka mikrokontroller akan mengaktifkan Buzzer serta mengirimkan sms ke nomor yang di daftarnya.

Salah satu sistem sensor ini adalah arduino. Arduino merupakan sebuah alat elektronik open source yang secara khusus dirangkan untuk memudahkan setiap orang yang ingin belajar membuat robot atau pun mengembangkan perangkat elektronik yang berhubungan dengan macam-macam sensor dan juga pengendali. Arduino juga dapat digunakan untuk mengembangkan suatu objek interaktif, mengambil masukan dari berbagai macam sensor yang diterima serta mengendalikan berbagai macam lampu, motor dan output fisik lainnya.

Selain arduino, tentu saja terdapat banyak mikrokontroler lain yang dapat digunakan. Namun semua alat-alat tersebut memiliki satu tujuan yang sama, yakni untuk menyederhanakan berbagai macam kerumitan maupun detil rumit pada pemograman mikrokontroler sehingga lebih mudah untuk digunakan. Begitu juga dengan prinsip kerja arduino. Di samping itu terdapat juga beberapa kelebihan arduino yang tidak dapat Anda lewatkan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Harganya relatif terjangkau

Perangkat keras arduino ternyata dapat dibeli dengan harga yang relatif murah, yakni berkisar dari 125 ribu hingga 400 ribu. Jika dibandingan dengan platform mikrokontroler lainnya, tentu arduino jauh lebih murah. Tidak hanya itu, arduino juga sangat mungkin untuk dibuat sendiri karena semua sumber dayanya banyak dijual di pasaran. Perangkat arduino juga tidak hanya cocok untuk digunakan pada sistem berbasis windows, namun juga pada sistem berbasis linux.

  1. Lebih sederhana dan penggunaannya mudah

Lingkungan pemograman yang tersedia di arduino lebih mudah digunakan untuk Anda yang masih seorang pemula serta fleksibel bagi Anda yang sudah berada di tingkat lebih lanjut. Untuk tingkat pengajar, arduino berbasis pada lingkungan pemograman processing, sehingga para mahasiswa atau siswa akan diajarkan untuk terbiasa menggunakan processing tertentu dan akan lebih mudah untuk menggunakan arduino.

Sponsors Link

  1. Perangkat lunaknya open source

Perlu Anda ketahui bahwa perangkat lunak Arduino IDE dipublikasikan sebagai open souce. Dimana berarti bahwa sistem ini tersedia untuk para pemogram yang lebih berpengalaman dalam pengembangan ke tingkat selanjutnya. Pembahasaan yang ada di dalamnya dapat dikembangkan kembali melalui pustaka-pustaka C++ yang berbasis pada bahasa C untuk AVR.

  1. Perangkat kerasnya open source

Tidak hanya perangkat lunak, namun perangkat keras arduino juga dipublikasikan sebagai open source. Perangkat keras arduino ini berbasis pada mikrokontroler berupa ATMEGA8, ATMEGA168, ATMEGA328, ATMEGA 1280 dan produk terbarunya adalah ATMEGA2560. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan bahwa semua orang dapat membuat perangkat keras arduino ini. Terlebih bootloader juga sudah tersedia di dalam perangkat lunak Arduino IDE. Untuk membuat perangkat Arduino, Anda juga dapat menggunakan breadboard serta perifal-perifal lain yang dibutuhkan.

Tahukah Anda bahwa saat ini sistem arduino sangat populer digunakan di seluruh dunia. Dalam pengamanan di dalam rumah, arduino dapat diterapkan di rumah minimalis sederhana dan juga berbagai desain rumah minimalis lainnya.  Sebab aplikasi berbasis arduino sangat mudah untuk dikembangkan, hingga profesional pun senang untuk menggunakannya.

Rumah adalah kebutuhan primer yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Sebab fungsi rumah adalah sebagai pelindung bagi penghuni rumah dan harus aman dan nyaman untuk digunakan. Selain menggunakan cara membuat pagar besi dorong, Anda juga perlu memasangkan sistem lain yang dapat memperkuat keamanan hunian Anda. Demikianlah beberapa penjabaran mengenai sistem keamanan rumah berbasis arduino. Semoga bermanfaat!

, , ,
Oleh :
Kategori : Keamanan