Sponsors Link

9 Tips Rumah Aman Saat Mudik Paling Ampuh

mudikMudik adalah salah satu tradisi lumrah bagi masyarakat Indonesia, terlebih pada hari-hari raya besar seperti Idul Fitri atau Hari Natal. Tradisi mudik biasanya dilakukan dengan memboyong semua anggota keluarga untuk pergi ke kampung halaman. Durasinya bisa beragam, ada yang satu minggu, dua minggu bahkan satu bulan lamanya. Sementara asyik bercengkrama dengan sanak keluarga, tanpa sadar rumah ditinggalkan tanpa pengawasan dan penjagaan. Hal ini memuncurkan kekhawatiran, seperti takut jika tumah kemalingan, kebakaran atau hal-hal lain yang tidak diinginkan.

ads

Sadar perlunya peningkatan keamaan rumah ketika hendak mudik, maka Anda perlu melakukan hal-hal preventif untuk mengurangi resiko rumah dalam bahaya. Untuk ini, berikut ini ada beberapa rips rumah aman saat mudik, yakni :

  1. Pastikan rumah terkunci rapat

Langkah pertama yang perlu dilakukan jika ingin membuat rumah aman adalah memastikan semua keadaan jendela dan pintu terkunci dengan rapat. Jangan sampai ada celah yang terlewati.

  1. Cermat menyimpan barang

Anda tentunya tidak bisa membawa semua barang berharga ketika mudik. Dengan sangat terpaksa, barang-barang tersebut ditinggalkan dirumah selama hampir lebih dari sepekan. Waspada akan bahaya pencurian, maka dari itu cara mencegah rumah kemalingan yang perlu Anda lakukan adalah menyimpan barang-barang ini ditempat-tempat yang tesembunyi. Barang-barang berharga seperti surat-surat penting, perhiasan, alat elektronik dan sebagainya bisa Anda sembunyikan di dalam brankas, lemari kecil dan lain-lain dimana letaknya sangat terasingkan sehingga tidak banyak orang yang akan menyadari.

  1. Cabut listrik dan gas

Selain pencurian, resiko kebakaran adalah salah satu hal yang juga mengkhawatirkan. Jika Anda ingin berpergian jauh, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir hal tersebut. Yakni dengan mematikan semua perangkat elektronik yang tidak diperlukan. Anda juga dapat mencabut kabel dari setiap kontak serta selang dari regulator tabung gas serta kompor. Hal ini sebagai pencegahan terjadinya kebocoran pada gas sehingga memicu kebakaran. Jika sudah kembali Anda dapat memasang lagi gas tersebut dengan cara memasang tabung gas yang baik. Dengan beberapa langkah sederhana ini, akan berkurang celah terjadinya kebakaran.

  1. Matikan saluran PAM dan air

Saluran PAM dan air juga perlu dicek sebelum Anda hendak pergi. Jangan biarkan keduanya dalam keadaan menyala karena dapat memboros energi yang ada. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran. Selain itu ini juga sebagai bentuk cara menghemat listrik, karena tagihan juga dapat membengkak walaupun Anda tidak menggunakan jika saluran tersebut tidak dimatikan. Anda dapat membaca cara pasang otomatis pompa listrik air sebagai referensi.

  1. Titipkan rumah pada orang terpercaya

Jika Anda masih ragu dan khawatir dengan keselamatan rumah, Anda dapat meminta bantuan kepada kerabat terdekat atau orang kepercayaan untuk sekedar menjaga rumah Anda. Mintalah untuk mengecek rumah Anda beberapa hari sekali dan hubungi jikalau ada hal-hal yang mencurigakan terjadi.

Sponsors Link

  1. Pasang lampu otomatis

Rumah yang ditinggal mudik sangat terlihat sangat sepi dan gelap. Untuk mencegah munculnya kesempatan pencuri datang kerumah, Anda dapat memasang perangkat lampu otomatis yang dilengkapi dengan rangkaian elektronik dimana dapat berfungsi untuk mendeteksi cahaya terang dan gelap dan secara otomatis dapat menyala pada siang dan malam hari. Pasang dibagian-bagian depan rumah seperti teras, halaman dan sebagainya supaya rumah selalu terlihat terang benderang dan seolah-olah ada penghuninya. Dengan begitu, orang akan berpikir dua kali jika hendak ingin melakukan pencurian di rumah Anda.

  1. Jangan tunjukan rumah seolah tidak berpenghuni

Penting sekali untuk menanggalkan kesan rumah sedang ditinggal jika Anda hendak mudik. Hal ini dikarenakan rumah tanpa penghuni dapat menjadi sasaran empuk bagi kompolatan pencuri. Lakukan trik-trik sederhana seperti peletakkan sepatu diarea luar, pemasangan lampu otomatis dan sebagainya sehingga rumah terlihat berpenghuni.

  1. Gunakan CCTV

Salah satu teknologi mutakhir untuk mengamankan rumah yang paling populer adalah dengan memasang CCTV. Anda dapat membaca cara memasang CCTV di rumah sebagai panduan. Dengan perangkat ini, Anda dapat dengan mudah memantau segala aktivitas yang terjadi di dalam dan lingkup rumah Anda. Letakkan dibagian-bagian rawan seperti halam rumah, ruang tamu dan kamar sebagai pencegahan akan hal-hal yang tidak diinginkan. Cara ini juga dapat diperkuat dengan cara membuat alarm rumah.

Sponsors Link

  1. Koordinasi dengan RT RW setempat

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan rumah ketika hendak mudik adalah melakukan koordinasi dengan RT dan RW di tempat Anda tinggal. Sebagai pemimpin lingkup tempat tinggal Anda, pihak RT dan RW akan memantau dan menjaga segala aktivitas yang terjadi selepas kepergian keluarga Anda. Selain itu, melakukan koordinasi dengan RT dan RW akan menguntungkan Anda karena diberikan perlindungan oleh penjaga keamanan setempat seperti satpam keliling. Hal ini akan menambah ketat pengawasan terhadap rumah Anda.

Mudik memang salah satu tradisi yang sulit untuk dilewatkan. Namun, keselamatan dan keamanan rumah Anda juga merupakan faktor penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Dengan beberapa tips sederhana diatas, Anda dapat meningkatkan keamanan dan penjagaan rumah Anda selama pergi berlibur bersama keluarga tercinta. Demikianlah beberapa tips rumah aman saat mudik. Selamat mencoba!

, , ,



Oleh :
Kategori : Keamanan