Sponsors Link

5 Cara Menghemat Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada beberapa kebutuhan yang selalu ada dan harus dipenuhi dalam kehidupan rumah tangga. Salah satunya adalah kebutuhan listrik. Kemajuan teknologi di zaman sekarang tidak lepas juga dari kebutuhan listrik. Listrik dalam kebutuhan rumah tangga berfungsi sebagai penerangan di rumah hingga memberikan daya pada gadget – gadget masa kini yang dimiliki. (Baca : Solusi Atap Rumah Bocor)

ads

Kebutuhan listrik di rumah tentu akan berbeda dengan listrik perkantoran. Berbeda dengan kebutuhan listrik perkantoran yang biasanya digunakan untuk bekerja. Kebutuhan listrik di rumah lebih sederhana karena digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumahan seperti menghangatkan nasi, mencuci baju, pendingin ruangan seperti AC atau kipas angin, mengisi ulang daya untuk gadget dan masih banyak yang lainnya. Walaupun begitu terkadang, biaya listrik bulanan masih saja dianggap cukup tinggi. Apalagi setelah adanya beberapa tarif dasar listrik yang mengalami kenaikan. (Baca : Bahaya Rumah Dekat Gardu Listrik).

Untuk menyiasati biaya listrik bulanan supaya tidak membengkak di rumah, Anda juga bisa mencoba cara menghemat listrik berikut ini di rumah sambil mengaplikasikan cara menata rumah supaya lebih nyaman :

1. Pastikan Matikan Lampu Sebelum Tidur

Pada saat tidur tentunya berbagai aktivitas di rumah akan terhenti. Karena tubuh akan istirahat sehingga tidak akan membutuhkan banyak daya listrik. Keberadaan desain rumah minimalis modern terkadang membuat keberadaan televisi juga ada di area kamar tidur karena benda elektronik itu adalah salah satu bentuk desain kamar tidur yang ada di zaman sekarang. Supaya tidak menghabiskan banyak biaya listrik, maka Anda perlu mematikan lampu – lampu besar atau lampu utama yang ada di rumah Anda.

Serta jangan pernah membiarkan televisi yang ada di area desain kamar tidur minimalis menyala sampai pagi menjelang. Pada saat tidur, alangkah baiknya tidak terlalu terang dan juga gelap. Jadi, Anda bisa memanfaatkan lampu yang memiliki watt rendah sehingga tidak akan membuat mata terasa silau pada saat tidur. Selain itu, Anda juga tidak perlu membiarkan televisi yang menonton Anda pada jam istirahat karena Anda sebenarnya sudah terlelap dan tidak menonton televisi. (Baca : Rumah Kayu Minimalis).

Baca juga :

2. Mencabut Kabel Saat Tidak Dipakai

Kebutuhan untuk mengisi daya baterai ponsel atau gadget lain tentu sangat dibutuhkan. Terkadang, karena terburu – buru kebanyakan orang lupa untuk mencabut kabel dari sakelar. Sehingga, ponselnya atau gadget mungkin sudah dicabut dan tidak terisi daya lagi. Namun, masih ada aliran listrik yang mengalir dalam kabel yang masih tersambung dengan sakelar. Sehingga, biaya penggunaan listrik pun tetap terhitung walaupun tidak ada handphone dan gadget yang terisi daya. Dan kebanyakan hal ini menjadi kebiasaan orang – orang masa kini yang memiliki mobilitas tinggi. Namun, ini bukan gaya hidup yang baik untuk ditiru. ( Baca : Kriteria Rumah Sehat).

3. Hindari Mengisi Daya Pada Saat Tidur

Mengisi ulang daya baterai ponsel atau gadget memang adalah hal yang sudah lumrah. Karena, pada umumnya tidak waktu di rumah dihabiskan untuk beristirahat maka ada sebagian orang yang memilih mengisi daya perangkat elektronik miliknya pada saat tidur. Dan tidak jarang walaupun perangkat elektronik sudah penuh karena sambil ditinggal istirahat tidur hingga pagi.

Hal ini tentu membuat listrik yang dialirkan menjadi sia – sia. Apabila Anda memang harus mengisi daya perangkat elektronik Anda pada saat tidur cobalah untuk memasang alarm untuk mencabut kabel untuk mengisi daya tersebut. Atau, Anda bisa memastikan sebelumnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi daya perangkat elektronik Anda. (Baca : Tips Mengecat Rumah Sendiri).


4. Mengganti Dengan yang Lebih Hemat Daya

Kriteria rumah sehat pada umumnya adalah yang memiliki lingkungan yang baik untuk ditinggali. Hal ini juga bisa ditunjang dengan penggunaan perangkat elektronik yang lebih hemat daya. Penggunaan lampu maupun Air Conditioner (AC) yang ada di rumah adalah salah satu kebutuhan yang tidak bisa dielakkan. Karena itu, apabila tagihan listrik membengkak Anda bisa mencoba mengecek penggunaan AC dan lampu di rumah.

Coba lakukan survey selama satu bulan dengan mengurangi penggunaan AC dan lampu – lampu tertentu di rumah. Apabila terjadi perbedaan yang cukup signifikan terhadap tagihan listrik rumah Anda, maka inilah saatnya untuk mengganti AC atau lampu di rumah dengan penggunaan daya listrik yang lebih rendah namun masih dengan kemampuan yang sama. Setidaknya penggantian ini juga bisa ikut memperindah desain rumah minimalis Anda. (Baca : Cara Membuat Alarm Rumah).


5. Menggunakan Listrik Prabayar

Desain rumah minimalis masa kini rata – rata sudah menerapkan listrik prabayar. Untuk rumah – rumah yang memiliki desain lama biasanya menggunakan listrik yang bukan prabayar. Sehingga, tagihannya akan muncul setiap bulan. Berbeda pada listrik prabayar yang penggunaannya ini sama seperti membeli pulsa isi ulang untuk ponsel Anda. Jadi, penggunaan listrik ini bisa benar – benar disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jadi, ketika saldo untuk listrik yang Anda gunakan ini akan segera habis maka akan ada pemberitahuan atau alarm yang berbunyi untuk menandakan harus segera diisi ulang. Hanya saja, beberapa orang memang menganggap hal ini lebih menyusahkan daripada menjalankan tips merawat peralatan rumah tangga sehingga tidak semua orang memilih untuk menggunakan listrik prabayar walaupun penggunaan listrik ini bisa mengatur pengeluaran untuk biaya listrik supaya lebih bisa terkendali. ( Baca : Cara Membuat Rumah Kayu Minimalis)

Pada dasarnya penggunaan listrik rumah tangga bisa menjadi lebih hemat apabila penggunanya bisa menjadi lebih disiplin dan juga teratur. Karena, penggunaan listrik rumah tangga berbeda dengan penggunaan listrik perusahaan atau pun pabrik yang membutuhkan penggunaan listrik yang bisa non stop. Sementara, untuk penggunaan listrik secara sederhana di rumah ini bisa diminimalisir dengan melihat kebutuhan di rumah yang tidak terlalu padat. Apalagi mengingat tidak semua penghuni rumah berada di ruangan yang sama selama 24 jam penuh. Dengan adanya sinar matahari yang cerah sebenarnya juga bisa mengurangi penggunaan lampu. Sehingga pencahayaan pada siang hari bisa terbantu dengan adanya sinar matahari. Sehingga tidak perlu banyak lampu yang perlu dinyalakan sehingga akan membuat tagihan listrik juga ikut bertambah. (Baca : Fungsi Ventilasi Rumah).

Baca juga :

 

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik