Sponsors Link

7 Cara Pemasangan Atap Skylight yang Mudah dan Praktis

atap skylightSalah satu dari jenis-jenis atap rumah yang cukup unik adalah atap skylight. Memang tidak digunakan pada atap diseluruh bangunan, akan tetapi penggunaan atap skylight masih banyak dilakukan. Apa sih yang dimaksud dengan atap skylight? Berikut ini adalah pengertian beserta cara pemasangan atap skylight.

ads

Skylight merupakan jendela di atap atau yang dikenal juga sebagai kubah. Tujuan utama dari penggunaan atap skylight umumnya adalah untuk memberikan jalan kepada sinar matahari agar masuk ke dalam rumah secara merata. Skylight tidak hanya cantik dan indah, akan tetapi juga membantu penghematan energi dari segi penambahan cahaya buatan sebagai penerangan di dalam ruangan.

Di Indonesia sendiri, pemasangan skylight tidak terlalu populer. Namun, tidak jarang juga ada rumah yang menggunakannya. Akan tetapi, ukuran jendela yang dipasang tidak terlalu besar dan berfungsi hanya sebagai penerangan alami saja.

Pemasangan skylight di rumah Anda akan memberikan banyak cahaya alami jika dibandingkan dengan jendela vertikal (hingga 30%). Dari sudut pandang desain, hal ini dapat menciptakan ruang seolah nampak lebih besar dari sebelumnya. Sebelum Anda hendak menggunakan skylight, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelumnya. Diantaranya adalah :

  • Penempatan ruangan mesti tepat dan sesuai dengan fungsi dan kegunaan.
  • Pertimbangkan struktur kerangka yang akan difungsikan untuk menopang skylight. Karena semakin besar ukuran skylight yang akan digunakan, maka akan semakin rendah pula ketahanannya.
  • Anda juga perlu mempertimbangkan tentang persoalan rembesan air, konsentrasi panas, keamanan dan bagaimana cara maintenance atau cara membersihkannya.

Biaya instalasi pemasangan skylight juga beragam. Harganya dapat berikisar antara Rp 1.000.000,00 sampai dengan Rp 3.000.000,00, cukup mahal bukan? Maka dari itu penggunaan atap skylight tidak direkomendasikan untuk Anda yang membutuhkan cara membangun rumah dengan dana minim.

Jika Anda ingin memasang atap skylight, Anda perlu mengetahui hal-hal yang dapat mempengaruhi kualitas pencahayaan yang akan dihasilkan. Kualitas pencahayaan alami pada siang hari ditentukan oleh :

  • Perbandingan luas lubang cahaya dengan lubang lantai
  • Pemilihan bentuk serta lubang cahaya
  • Faktor refleksi cahaya yang berasal dari permukaan yang ada di dalam ruangan

Jika Anda sudah memahami hal-hal tersebut, maka Anda dapat memulai langkah-langkah cara pemasangan atap skylight, yaitu :

  1. Pemilihan tempat yang tepat

Untuk menempatkan atap skylight, Anda perlu memastikan bahwa penempatan atap sesuai. Sesuai yang dimaksud ini yakni apakah atap dapat dibor, tidak terdapat bangunan lain diatasnya, tidak terdapat pipa atau lampu, atau pun lokasi yang tepat untuk mendapatkan banyak cahaya serta merupakan area yang terlihat. Anda harus menghindari pemasangan skylight di area konstruksi kayu kunci. Jika tidak dapat dihindari, resiko yang Anda dapat adalah harus memangkas area tersebut sehingga menyebabkan kontruksi bangunan melemah.

  1. Pilih model atap untuk skylight

Perlu diketahui bahwa skylight tidak memiliki batasan terhadap model atap rumahnya. Artinya, baik atap dengan bentuk datar maupun tidak, desain pemasangan skylight tetap dapat dilakukan. Tersedia pula skylight prefabrikasi serta kubah. Pertimbangan ukuran skylight yang digunakan mengacu pada ruang yang Anda perhitungkan. Gunakanlah struktur frame yang terbuat dari material besi, baja, alumuniam atau bisa juga dengan stainless. Sedangkan untuk material atapnya, Anda dapat menggunakan kaca tempered/laminated sebagai pilihan yang tepat karena faktor kekuatan yang dimilikinya. Selain itu, kedua jenis kaca ini juga mempunyai tingkat keamanan yang tinggi dimana berfungsi untuk meruduksi panas yang akan datang. Ini dapat digunakan sebagai cara mengatasi udara panas di dalam rumah.

Sponsors Link

  1. Letakkan sesuai pada tempatnya

Beberapa ahli mempertimbangkan bahwa langkah pertama yang dilakukan adalah mengamati proses bagaimana skylight akan terpasang. Ini dimaksudkan untuk menyelaraskan skylight dengan serchas, terutama jika hal ini tidak dapat terlihat dari dalam. Terlepas akan dilakukan atau tidak, Anda harus mengukur secara akurat dan memotong lubang atap secara presisi. Nantinya, Anda akan menemukan beberapa lapisan. Potong terus sampai Anda dapat melihat langsung diatas kepala Anda.

Setelah langit-langit selesai dipotong, Anda dapat membuat bingkai kayu sebagai pelindung struktur internal rumah. Ini penting apalagi jika struktur Anda lemah. Anda dapat menambahkan sercha lainnya sebagai penguat struktur. Skylight lalu ditempatkan pada bingkai yang sudah Anda buat. Kerangka kerja harus tetap berpegangan kepada atap dengan sealant dan sekrup yang terpasang kokoh dibagian puncak.

Untuk jendela, struktur ini akan membuat bingkai untuk kaca ditempatkan yakni dengan membuat kotak bingkai jendela pada bingkat yang sebelumnya telah dibuat di langit-langit. Setelah semuanya sudah ditempatkan, maka Anda sekrup dan palu.

  1. Sesuaikan dengan jendela

Untuk penggunaan skylight tipe kubah, hal ini merupakan langkah terakhir yang dilakukan. Setelah ditempatkan ke dalam bingkai dan sudah dipaku ke bagian langit-langit, maka berikanlah sealant dan lem secukupnya. Pada bagian bawah kubah, pasang tab logam, sekrup dan butterflies untuk membuat pegangan yang jauh lebih besar.

Jika Anda menggunakan tipe jendela, ada beberapa step yang dirancang khusus agar lebih mudah dan pemasangannya lebih cepat dilakukan. Namun, hal ini akan membutuhkan tambahan orang lain untuk membatu Anda. Untuk cara umunya, pasanglah bingkai jendela pada lubang yang disediakan.  Setelah itu, letakkan kayu secra perlahan. Tutup kembali kaca dengan bingkai kayu supaya terlindungi. Agar pekerjaan menjadi lebih mudah, Anda memerlukan perhitungan yang cermat.

Sponsors Link

  1. Hindari kebocoran

Perhitungan yang baik sangat diperlukan sebelum proses pengerjaan dilakukan agar tidak tercipta lubang. Selain itu ini juga untuk mencegah terjadinya pergerakkan pada jendela. Maka dari itu setiap bagain tepi luar harus dilapisi lagi dengan sealant. Beberapa jendela dan kubah dapat pula menambahkan tab untuk mencegah kebocoran. Jika kebocoran tidak dapat dihindari, Anda dapat membaca solusi atap rumah bocor sebagai penanggulangannya.

  1. Perhatikan hasil akhir

Periksa ulang hasil akhir dari pemasangan atap skylight Anda. Kalau-kalau ada lubang/pekerjaan yang ternyata belum rampung dilaksanakan. Selain itu, Anda juga dapat mengecat bingkai skylight menggunakan warna cat rumah elegan yang sama dengan dinding rumah.

  1. Nikmati hasilnya

Skylight pun sudah dapat Anda nikmati bersama di rumah minimalis sederhana Anda.

Bagaimana? Mudah bukan cara pemasangan atap skylight tersebut. Cermati setiap langkah-langkah diatas untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak Anda inginkan. Selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Atap