Sponsors Link

3 Cara Melancarkan Saluran Air yang Tersumbat

saluran air tersumbatTahukah Anda bahwa dibawah jenis-jenis lantai rumah Anda terdapat banyak instalasi pipa saluran air yang menjalar ke seluruh pelosok rumah. Instalasi ini befungsi untuk menyalurkan air bersih dan kotor ke dalam berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Biasanya saluran air ini akan mengarah ke dapur, kamar mandi dan sebagainya. Namun terkadang, salah satu masalah yang sering kali terjadi pada saluran air adalah sering kali tersumbat. Tersumbatnya saluran air tentunya akan menghambatkan aktivitas yang hendak dilakukan, seperti mencuci piring atau ketika sedang mandi. Ketika hal ini terjadi, jangan panik! Masih terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melancarkan kembali saluran air yang tersumbat. Berikut ini adalah beberapa cara melancarkan saluran air yang tersumbat, yakni :

ads
  1. Mengatasi dengan bahan kimia

Bahan kimia dinilai ampuh untuk melancarkan saluran air yang tersumbat, entah saluran air mampet karena lemak atau saluran air mampet karena rambut. Salah satu bahan kimia yang dapat digunakan ini adalah soda api. Soda api memiliki sifat basa yang dapat membantu menghancurkan sumbatan sampah dan timbunan kotoran yang berada di dalam saluran air. Soda api juga dapat Anda temukan dengan mudah di toko bangunan. Untuk mengatasi saluran air tersumbat dengan soda api, cara yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Siapkanlah soda api secukupnya. Jangan terlalu banyak, namun juga jangan terlalu sedikit. Apabila soda api yang digunakan terlalu sedikit, maka tidak akan berfungsi secara maksimal karena sumbatan masih ada.
  • Sebelum Anda hendak mengatasi sumbatan tersebut, sebaiknya Anda gunakan terlebih dahulu sarung tangan serta masker. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, seperti terkena noda yang akhirnya menyebabkan iritasi.
  • Baru setelahnya, Anda dapat membuka soda api. Soda api kemudian di masukan ke dalam wadah kering. Gunakan ember untuk menampung soda api. Setelah itu, masukkan air panas secukupnya ke dalam wadah agar soda api mudah larut. Ratakan keduanya.
  • Larutan soda api tersebut kemudain dituangkan ke dalam saluran air yang mampet. Diamkan beberapa saat dan biarkan larutan bereaksi. Proses reaksi biasanya ditandai dengan suara gemuruh yang muncul di dalam saluran air.
  • Proses ini belum berhenti sampai disitu saja. Anda jangan langsung menggunakan saluran air, namun tunggulah hingga 5-6 jam setelahnya, batu Anda boleh memakainya kembali.
  1. Mengatasi dengan bahan alami

Mengatasi saluran air yang tersumbat tidak hanya dapat mengandalkan bahan kimia, namun juga dapat menggunakan bahan alami salah satunya adalah cara mengatasi saluran air mampet dengan garam. Selain itu, bahan alami juga memiliki beberapa keunggulan, diantaranya lebih ramah lingkungan. Maka dari itu, umumnya orang-orang akan mencoba memperbaiki dengan bahan alami terlebih dahulu. Baru setelahnya menggunakan bahan kimia.

Bahan alami yang digunakan adalah soda kue, cuka serta air mendidih. Pertama-tama, satu cangkir bubuk soda kue ke dalam saluran air. Setelah memasukkan soda kue dan cuka, baru setelanya Anda menyiramkan dua cangkir air mendidih tersebut ke dalam saluran air yang tersumbat. Diamkan beberapa menit, baru setelahnya tuangkan kembali dua cangkir soda kue, ditambahkan dengan dua cangkir cuka.

Apabila semua bahan telah dimasukkan, baru setelahnya Anda dapat menutup lubang pembuangan yang tersumbat. Apabila terdengar suara gemuruh yang timbul, itu berarti larutan tersebut sedang bereaksi. Tunggulah hingga buih benar-benar hilang, baru setelahnya tambahkan kembali dua cangkir air panas untuk menuntaskan proses pembersihan.

Takaran yang digunakan pada proses ini adalah untuk mengatasi saluran air yang mampet. Namun untuk mengatasi saluran air skala besar, Anda dapat menyesuaikan kembali takarannya dengan tingkat kebutuhan.

Sponsors Link

  1. Mengatasi dengan cepat

Apabila saluran air yang tersumbat benar-benar parah, cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan membongkar salurannya dan mengeluarkan beberapa sambungan pipa di dalam rumah. kemudian, doronglah kotoran dan sampah yang berada di dalamnya dengan menggunakan kawat, bilah, tongkat dan alat-alat lainnya. dibeberapa kasus, sampah dan sumbatan sering kali berkumpul dibagian sambungan. Untuk mengatasi hal ini, cara yang dapat Anda lakukan adalah langsung memotong bagian tersebut dan bersihkan kembali.

Cara memperlancar saluran air yang tersumbat dapat terbilang mudah dan sulit, tergantung kasusnya. Saluran air dapat tersumbat biasanya disebabkan oleh benda-benda yang sengaja atau tidak sengaja masuk ke dalam saluran pembuangan. Agar hal ini tidak terus menerus terjadi, pertimbangkan untuk memberikan penyaring pada lubang pembuangan agar mencegah benda-benda tersebut masuk ke dalam. Biasakan pula untuk tidak membuang plastik, kardus, tisu dan lain sebagainya yag dapat menyebabkan saluran pembuangan air menjadi tersumbat.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara melancarkan saluran air yang tersumbat dengan baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trik