Sponsors Link

2 Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Rambut

saluran mampet karena rambutApakah di rumah Anda sering mengalami saluran air yang tersumbat? Tenang! Hal ini bukan suatu hal yang jarang terjadi atau bisa dikatakan sering ditemukan. Dalam pembangunan berbagai jenis-jenis rumah tinggal, entah rumah minimalis sederhana dan berbagai desain rumah minimalis lainnya, instalasi air sangatlah dibutuhkan. Instalasi air dapat mensupplai kebutuhan air bersih serta menyaring air kotor yang ada di rumah tersebut. Penyebab saluran air tersumbat dapat terjadi karena beberapa faktor, bisa saluran air mampet karena rambut atau juga saluran air mampet karenan lemak.

ads

Saluran air yang mampet karena rambut ini paling umum terjadi di kamar mandi. Hal ini dipicu oleh kotoran yang menumpuk dan jarang dibersihkan. Padahal, kebersihan kamar mandi merupakan salah satu ciri-ciri rumah sehat yang tidak boleh Anda lupakan. Namun sayangnya, hal ini sering kali luput diperhatikan dan dianggap sepele. Maka tidak heran apabila airnya mengalami penyumbatan. Penyumbatan saluran air tersendiri bisa dibagi kembali menjadi dua jenis, yakni:

  • Saluaran air tersumbat namun air masih bisa mengalir perlahan.
  • Saluran air tersumbat sepenuhnya.

Untuk mengatasi saluran air tersumbat karena rambut, Anda membutuhkan tips dan trik yang tepat. Mengapa demikian? Supaya kesalahan ini tidak terulang kembali dan saluran air dapat digunakan seperti sedia kala. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi saluran air mampet. Cara ini terbagi menjadi dua, yakni:

  1. Menggunakan bahan kimia

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi saluran air mampet adalah dengan menggunakan bahan kimia. Terdapat berbagai macam produk yang dirancang untuk membantu melonggarkan saluran air yang tersumbat. Produk kimia ini dapat membantu proses penghancuran kotoran yang menjadi penyebab saluran air menjadi mampet. Kandungan yang terdapat di dalam bahan kimia ini juga dapat membantu membunuh berbagai kuman yang menimbulkan bau tidak sebab. Apabila saluran air Anda masih mampet bahkan setelah menggunakan bahan kimia ini, maka Anda perlu menuangkan kembali bahan kimia tersebut, atau dengan membantu menyodok kotoran menggunakan alat kebersihan rumah.

  1. Menggunakan bahan alami

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan bahan alami. Jika dilihat dari segi lingkungan dan kesehatan, cara ini dapat digunakan terlebih dahulu. Apabila memang saluran airnya belum lancar juga, baru Anda dapat menggunakan bahan kimia. Untuk menggunakan bahan alami, ada beberapa tahap yang perlu Anda lakukan sebelumnya, yakni:

  • Pertama-tama, tuangkan bubuk soda kue ke dalam saluran air yang mengalami mampet, pastikan soda kue ini dapat masuk melalui lubang-lubang saluran air.
  • Selanjutnya, Anda dapat menambahkan dua cangkir air mendidih ke dalam saluran air. Setelah dilakukan penambahan, diamkanlah untuk beberapa saat.
  • Setelah dirasa cukup lama, Anda dapat kembali menambahkan satu cangkir bubuk soda ke dalam pipa. Pada tahap kali ini, Anda juga dapat menuangkan cuka sebagai tambahan ke dalam pipa.
  • Kemudian, lubang wastafel harus ditutup. Hal ini dilakukan agar proses reaksi dapat berlangsung tanpa gangguan. Anda akan melihat buih-buih yang muncul atau mendengar suara reaksi dari pencampuran bahan-bahan tersebut.
  • Apabila buih sudah menghilang dari permukaan saluran, maka Anda dapat kembali menuangkan dua cangkir air yang mendidih.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara mengatasi saluran air mampet karena rambut yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Kebersihan