Sponsors Link

5 Cara Membuat Rak Dinding Tempel dari Kardus Paling Mudah

Rak dinding menjadi salah satu pelengkap di dalam rumah yang sangat diperlukan. Bahkan untuk ukuran rumah minimalis sederhana, maka rak dinding menjadi tempat penyimpanan yang sangat praktis. Hanya saja untuk membeli rak dinding memang diperlukan biaya yang tidak murah. Belum lagi dengan bentuk yang tidak sesuai ukuran dinding dan terkesan tidak seimbang dengan interior rumah.

Nah jika Anda tertantang untuk mencoba salah satu tehnik do it Yourself, maka bisa mencoba membuat rak dinding dari bahan kardus. Kardus bisa dirancang dengan bentuk sesuai kebutuhan menjadi rak yang minimalis dan cantik. Mungkin Anda berpikir bentuk dan warnanya akan terlihat seperti kardus, tapi itu tidak tepat. Anda bisa menghias sehingga rak dinding dari kardus bisa terlihat sangat cantik.

Lalu bagaimana cara membuat rak dinding tempel dari kardus paling mudah? Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Alat dan Bahan yang Diperlukan

Cara Membuat Rak Dinding Tempel dari Kardus

Pertama adalah mengumpulkan semua bahan dan alat yang akan digunakan untuk membuat rak kardus. Beberapa alat juga hampir sama seperti cara membuat rak dinding dari barang bekas. Beberapa alat yang harus Anda miliki seperti lem putih, lem kertas, obeng, gunting, penggaris, pensil, cutter yang tajam dan kardus.

Bahan utama dalam membuat rak ini adalah kardus. Agar hasilnya lebih baik maka ikuti tips memilih kardus ini:

Kardus yang akan digunakan sebaiknya memiliki ketebalan minimal 1 cm. Anda bisa menemukan kardus dengan ukuran ini seperti kardus bekas televisi, kulkas, dan perangkat elektronik lain.

Jangan sampai menggunakan kardus yang tipis atau ketebalan dibawah 1 cm. Karena hasil raknya pasti tidak menarik dan bentuknya mudah rusak atau sobek.

Jika Anda ingin hiasan untuk rak kardus maka bisa menyiapkan bahan seperti kertas warna, lampu, atau jenis hiasan yang lain.

2. Siapkan Pola Sesuai Bentuk

Cara Membuat Rak Dinding Tempel dari Kardus

Ketika Anda melihat rak dinding maka sebenarnya ada banyak bentuk rak atau pola yang bisa Anda bayangkan. Untuk membuat pola maka Anda bisa mencoba mencari beberapa inspirasi seperti cara membuat rak dinding melayang.

Proses membuat pola dilakukan dengan cara menggambar pola pada kardus dengan pensil dan alat ukur penggaris. Anda bisa memilih bentuk pola mulai dari ukuran persegi, lingkaran dan bentuk yang panjang. Pastikan Anda juga memikirkan mengenai bentuk rak dinding dari kardus yang bertingkat atau berdiri sendiri. Pola juga harus dibuat sesuai dengan ukuran dinding termasuk untuk bagian bawah, atas dan samping rak. Bagian ini yang paling banyak menyita waktu dan pikiran.

3. Persiapan Memotong Pola

Cara Membuat Rak Dinding Tempel dari Kardus

Langkah selanjutnya adalah memotong pola yang sudah Anda gambar di kardus. Untuk bagian yang mudah maka bisa menggunakan gunting yang tajam dan untuk bagian yang sulit bisa menggunakan cutter.

Hal yang tidak boleh dilakukan adalah kesalahan memotong. Pastikan Anda memotong dengan teliti sesuai gambar dan perhatikan rancangan desain pada kertas Anda. Setiap pola dan potongan memiliki fungsi sendiri sehingga kelompokkan berdasarkan bentuk dan ukuran.

Jika Anda ingin rak kardus lebih kuat dan tahan lama maka bisa menggunakan penahan beban seperti menumpuk satu pola yang sama. Dan pastikan semua potongan memiliki ukuran yang simetris sehingga lebih cantik.

4. Terapkan Warna Rak Kardus

Cara Membuat Rak Dinding Tempel dari Kardus

Setelah selesai maka cobalah untuk memikirkan warna rak yang sesuai. Pastikan harus sesuai dengan desain interior rumah sehingga bisa menyatu dengan warna dinding, warna lantai dan aksesoris yang lain. Karena kardus umumnya berwarna coklat maka pilihan warna yang minimalis dan jelas seperti warna pastel bisa menjadi ide yang sangat tepat.

Namun Anda juga bisa mengunakan warna yang lebih terang atau cerah seperti kuning, merah, hijau dan warna lain. Namun semua warna ini harus dipastikan seimbang dan bisa masuk dengan konsep atau tema interior rumah. Langkah ini juga digunakan sebagai cara membuat lampu tidur dari kardus bekas.

5. Proses Pemasangan

Cara Membuat Rak Dinding Tempel dari Kardus

Setelah selesai maka sekarang waktunya untuk menempatkan, merangkai, dan memasang rak kardus Anda. Untuk proses ini maka Anda perlu menyiapkan beberapa alat seperti sekrup, lem dan beberapa alat lain. Jika Anda ingin menggunakan sistem gantung maka siapkan tali warna yang unik dan rapi.

Anda bisa memasang rak dinding sesuai dengan pola dan ukuran. Pastikan proses ini dilakukan dengan rapi sehingga tidak menyebabkan bekas atau merusak dinding. Pertimbangkan juga dengan cara menata ruangan rumah sehingga rak dinding sesuai untuk rumah Anda.

Jika Anda ingin memasang dengan tali maka buat lubang pada kardus sesuai ukuran tali. Kemudian buat simpul agar kencang dan gantungkan pada kardus yang sudah ditempel pada dinding.

Tips Agar Rak Kardus Rapi dan Cantik

  1. Rak kardus yang sudah Anda buat memang bisa terlihat sangat menarik dan memiliki bentuk cukup unik. Tapi karena ini berbahan kardus sehingga tidak bisa digunakan untuk meletakkan benda-benda yang berat. Jika Anda ingin menggunakan untuk benda yang berat maka lapisi dengan solid wood pada bagian tengah kardus.
  2. Jika Anda ingin membuat rak kardus bertahan lama dan awet maka terapkan beberapa bahan sehingga rak kardus tidak dimakan rayap atau dijadikan sarang semut.
  3. Jangan menempatkan rak kardus yang telah dibuat di tembok atau dinding yang lembab, sering terkena air dan juga terkena sinar matahari langsung. Ruangan harus cukup hangat namun juga sering terkena angin.
  4. Jika Anda ingin rak kardus lebih awet maka Anda harus merawatnya. Bersihkan rak dan periksa secara berkala jika lem yang terlepas. Jadi untuk memperlakukan rak kardus seperti rak kayu atau rak besi yang sudah jadi memang tidak bisa.

Itulah beberapa cara membuat rak dinding tempel dari kardus paling mudah. Anda bisa membuat rak kardus dengan bentuk sesuai keinginan Anda.



Oleh :
Kategori : Tips & Trik